Kamis, 27 Januari 2022

Follow us:

infobrand

infobrand

Tri Raharjo: Bisnis Terbaik Harus Menguntungkan dan Sustainable

Posted by: 30-09-2019 09:59 WIB 1596 viewer

Tri Raharjo: Bisnis Terbaik Harus Menguntungkan dan Sustainable
Chairman TRAS N CO Indonesia sekaligus founder INFOBRAND GROUP, Tri Raharjo

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Perkembangan bisnis Franchise, Lisensi dan Kemitraan dalam kurun waktu lima tahun belakangan ini cukup menggembirakan. Berbagai brand bermunculan menawarkan segala potensi ekonomi serta iming-iming cuan yang bisa diraih. Tak pelak, sistem franchise dan kemitraan menjadi alternatif terbaik bagi calon investor untuk menanamkan modalnya.

Chairman TRAS N CO Indonesia sekaligus founder INFOBRAND GROUP, Tri Raharjo mengatakan bisnis franchise yang diminati oleh para investor adalah bisnis yang paling berhasil mendatangkan untung.

“Bagaimana bisa mengidentifikasikan bahwa franchise itu telah terbukti menguntungkan? Bisa dengan mengetahui lama berdirinya. Yang paling baik adalah franchise yang telah survive lebih dari lima tahun. Hal tersebut bisa menjadi pembuktian bahwa skema usaha yang telah berjalan dapat survive,” ujarnya.

Adapun, sektor makanan dan minuman (food and beverage) masih menjadi primadona di industri franchise Tanah Air. Dalam catatannya, F&B berkontribusi 40% dari keseluruhan bisnis franchise untuk saat ini dan beberapa tahun mendatang. Kemudian diikuti oleh sector jasa yang tumbuh cukup pesat seiring dengan makin masifnya penggunaan teknologi informasi.

Sementara bagi franchisor sendiri, dalam memasarkan bisnis franchise-nya, franchisor bisa memanfaatkan beberapa saluran, diantaranya adalah mengikuti sejumlah pameran usaha. Strategi ini dinilai Tri menjadi cara terbaik dalam menjual sebuah franchise kepada khalayak.

Lalu, cara yang paling efektif kedua adalah dengan memanfaatkan media digital. Sebagai informasi, Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna internet terbesar di dunia, yang mencapai 170 juta orang. Strategi ini juga penting karena bisa membuka peluang dalam meng-grab franchisee milenial.

“Franchisor dapat menjaring franchisee melalui ranah digital. Kemudahan akses informasi melalui internet sangat tinggi dan mempunyai jangkauan yang luas serta masif. Selain itu para franchisor juga harus menguasai search engine optimization agar website mereka dapat tampil di halaman pertama mesin pencarian sehingga mudah ditemukan oleh calon franchisee,” ungkap Tri.

Lebih lanjut Tri mengatakan, franchisor wajib men-support dan memonitoring jalannya usaha franchisee, membangun success rate diatas skala 90%, melindungi mitra melalui aspek legal, serta melakukan delivery knowledge secara optimal agar terbentuk SDM yang handal.

“Dari sisi franchisee sendiri mereka harus taat terhadap SOP serta sistem yang telah diberlakukan oleh franchisor. Kalau sinergi ini berjalan bagus maka hampir bisa dipastikan bisnis tersebut akan berhasil. Perlu diingat juga bahwa ketepatan memilih franchisee adalah awal kesuksesan franchise itu sendiri,” tutupnya.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Kehidupan Nyata dan Humor jadi Pendukung Utama bagi Iklan yang Sukses Secara Global

Kehidupan Nyata dan Humor jadi Pendukung Utama bagi Iklan yang Sukses Secara Global
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Nielsen telah meluncurkan Trust in Advertising Study 2021 tentang kepercayaan dalam periklanan secara global. Studi ini...


Kiat Menggunakan Instagram Reels untuk Kebutuhan Bisnis

Kiat Menggunakan Instagram Reels untuk Kebutuhan Bisnis
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Semenjak pertama kali diluncurkan hampir satu tahun yang lalu, Instagram Reels telah memikat banyak penggunanya khususnya dima...


Selama di Rumah Aja, Begini Cara Merawat Mobil yang Baik Ala Mercedes-Benz

Selama di Rumah Aja, Begini Cara Merawat Mobil yang Baik Ala Mercedes-Benz
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Di masa pandemi seperti sekarang ini sangat penting bagi pemilik mobil untuk menjaga kondisi dan kebersihan mobil untuk menghi...


Mie Instan Jadi Makanan Paling Dicari di Kala Pandemi

Mie Instan Jadi Makanan Paling Dicari di Kala Pandemi
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Mie instan, biskuit, kopi instan, deterjen dan penyedap rasa menjadi produk paling dicari oleh konsumen Indonesia selama masa...


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR











Index

BRANDING & CSR






Index

BRAND ACHIEVEMENTS





Index