Sabtu, 27 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Tren Kenaikan E-Commerce Dorong Penjualan ALDO Tumbuh 9,4%

Posted by: 5889 viewer

Tren Kenaikan E-Commerce Dorong Penjualan ALDO Tumbuh 9,4%
Meningkatkan penggunaan paper bag dalam aktivitas belanja online di e-commerce mendorong pertumbuhan bisni ALDO.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - PT Alkindo Naratama Tbk (ALDO), emiten yang bergerak pada bisnis kertas dan bahan kimia yang terintegrasi mengalami pertumbuhan penjualan di kuartal I-2021 sebesar 9,4% dibanding kuartal I-2020. Menariknya pertumbuhan tersebut didorong oleh tren kenaikan e-commerce dan sektor fast-moving consumer goods (FMCG).

Strategi pengembangan usaha oleh Perseroan untuk masuk ke pasar tas berbahan baku kertas atau paper bag serta kemasan ke sektor FMCG, food and beverages (F&B) dan  usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang tumbuh signifikan di masa pandemi terbukti tepat. Kondisi ini seiring dengan momentum kebiasaan baru di masa new normal dimana pemesanan melalui e-commerce meningkat pesat disertai dengan kesadaran untuk mengurangi pencemaran lingkungan yang salah satunya tercermin dari larangan pemakaian kantong plastik sekali pakai oleh beberapa pemerintah daerah.

Presiden Direktur ALDO, H. Sutanto mengungkapkan, melihat adanya prospek dari industri FMCG dan online business dimana penggunaan teknologi sudah menjadi tren sehingga memudahkan untuk pemesanan makanan dan pengiriman secara online yang tentunya akan memerlukan packaging. Selain itu, untuk prospek ke depan, juga melihat adanya peluang dari bisnis pengiriman dimana Indonesia sebagai negara kepulauan yang cukup luas sehingga pengiriman dari satu pulau ke pulau lainnya akan membutuhkan packaging yang bahan bakunya bisa dipenuhi.

IKLAN INFOBRAND.ID

Alkindo sebagai paper converter baru-baru ini memperkenalkan produk baru yaitu paper box untuk kemasan makanan dan paper bag untuk tas belanja yang ditujukan bagi pelaku usaha ritel seperti toko swalayan, supermarket, dan lainnya. Alkindo juga telah memproduksi Papercore, yang biasa digunakan oleh perusahaan film, plastik dan flexible packaging.

Saat ini bahan baku kertas yang digunakan oleh Perusahaan salah satunya berasal dari kertas bekas daur ulang atau recycled paper. Bahan baku tersebut dikumpulkan dan diproduksi oleh anak usaha ALDO, PT Eco Paper Indonesia (ECO).

Melihat pertumbuhan belanja online serta food delivery, ALDO optimis dengan target pertumbuhan penjualan yang signifikan dari segmen kertas dan kertas konversi di tahun ini. Bahkan pada kuartal pertama tahun 2021, segmen kertas ALDO membukukan penjualan Rp 126,7 miliar, atau tumbuh 33% dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu (YoY) sementara kontribusi penjualan dari segmen kertas konversi naik 14% atau senilai Rp 90,4 Miliar dibandingkan capaian kuartal pertama tahun sebelumnya.

Sutanto menambahkan, untuk target pertumbuhan, ECO diproyeksi akan memberi kontribusi yang paling besar dimana produk brown paper-nya banyak digunakan oleh para corrugater untuk membuat dus atau packaging yang mendukung sektor FMCG dan sangat erat berhubungan dengan kondisi negara Indonesia sebagai negara kepulauan, sehingga pengiriman barang banyak menggunakan paket dus. Kemudian kontribusi pertumbuhan lainnya berasal dari produk baru Alkindo yaitu paper box dan paper bag.

Selain dari bisnis berbasis kertas, ALDO juga membidik pertumbuhan dari lini bisnis lainnya. Dari lini usaha distribusi bahan kimia tekstil, melalui PT Swisstex Naratama Indonesia (SNI), ALDO juga melayani para pelaku industri produk tekstil. Selain itu, melalui PT Alfa Polimer Indonesia (API), entitas anak yang bergerak dalam bidang manufaktur water-based polimer, ALDO juga menyasar pelaku industri kayu, mebel, kertas, cat dan roof coating dan lainnya. Permintaan dari industri mebel di US juga sedang meningkat sebagai akibat trade war US-China dimana impor furniture mulai banyak dialihkan ke Indonesia.

IKLAN INFOBRAND.ID

Direktur ALDO, Kuswara menyatakan, sepanjang kuartal pertama tahun ini ALDO berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp 340,7 miliar pada Kuartal I-2021, meningkat sebesar 9,4% dibandingkan pada Kuartal I-2020 sebesar Rp 311,4 miliar. Hasil itu turut mendongkrak capaian laba bersih yang diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk yang tercatat senilai Rp 14,6 miliar di Kuartal I-2021, tumbuh 79,2% bila dibandingkan dengan capaian kuartal yang sama tahun sebelumnya yaitu Rp 8,2 miliar.

“Dari sisi penjualan kuartal pertama tahun ini, untuk komposisi penjualan masih didominasi oleh segmen Paper sekitar 39%, sementara Paper Converting sebesar 26%, sehingga total dari industri Paper sebesar 65%, sementara untuk sisanya dikontribusikan dari segmen Polymer dan Chemical. Untuk tahun 2021, kami memproyeksikan dapat meraih pertumbuhan yang signifikan seiring dengan mulai pulihnya kondisi ekonomi dan kebiasaan baru yang berlaku di masyarakat,” tutup Kuswara.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Nokia Perbarui Jaringan 5G XL Axiata di Jawa Tengah

Nokia Perbarui Jaringan 5G XL Axiata di Jawa Tengah
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi, Nokia, mengumumkan telah menyelesaikan proyek lima tahun bersama XL Axiata dalam rangka memodernisasi ja...


Bank DKI Dukung Pelaksanaan Indonesia Mini 4WD Championship 2024

Bank DKI Dukung Pelaksanaan Indonesia Mini 4WD Championship 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Bank DKI berkolaborasi bersama komunitas Mini 4WD dalam pergelaran Indonesia Mini 4WD Championship 2024 yang diselenggarakan d...


Jangan Kelewatan, Pameran Diecast Indonesia IDEX Kembali Gelar Oktober Mendatang

Jangan Kelewatan, Pameran Diecast Indonesia IDEX Kembali Gelar Oktober Mendatang
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Indonesia Diecast Expo (IDEX) akan kembali digelar kegiatan acara untuk para pencinta diecast melalui gelaran Indonesia Diecas...


Speaker HiFi Audivo PHS 6A Hadirkan Suara Jernih dan Detail

Speaker HiFi Audivo PHS 6A Hadirkan Suara Jernih dan Detail
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Menemukan cara untuk meningkatkan mood, menikmati waktu untuk diri sendiri, dan meningkatkan produktivitas merupakan elemen pe...