Kamis, 18 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Skill yang Harus Dikuasai oleh Pelaku PR di Era Digital

Posted by: 2891 viewer

Skill yang Harus Dikuasai oleh Pelaku PR di Era Digital
Digital Public Relations.

INFOBRAND.ID - Dunia humas atau Public Relations (PR) dan komunikasi telah berubah secara dramatis dalam dekade terakhir berkat munculnya teknologi baru dan keterampilan PR Digital atau humas online. Pada saat yang sama, pemasar dan ahli SEO telah menyadari nilai keahlian praktisi humas, terutama jika disesuaikan dengan digital, dan menggabungkan keterampilan PR Digital ke dalam pekerjaan mereka.

Karena itu aktivitas Digital Public Relations telah menjadi tuntutan pelaku PR saat ini. Untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik, pelaku PR pun dituntut menguasai tehnik PR di ranah digital. Adapun beberapa keterampilan utama yang wajib dikuasai oleh pelaku PR adalah sebagai berikut.

1. Membaca Data

IKLAN INFOBRAND.ID

Data telah menjadi kata kunci nyata bagi perusahaan setidaknya dalam waktu lima tahun terakhir. Melalui data menawarkan begitu banyak kesempatan untuk memahami audiens dengan lebih baik dan memberikan pengalaman menarik dan relevan yang mereka inginkan.

2. Mengunakan Alat Digital

Ada begitu banyak alat digital baru yang membantu praktisi humas menjadi lebih baik dalam bekerja. Dari memahami di mana audiens berkumpul, apa yang mereka inginkan, bagaimana mereka terlibat, membuat konten yang menarik, mengukur kesuksesan, hingga tindakan.

Alat digital – seperti rangkaian alat gratis Google (Keyword Planner, Search Console/Webmaster Tool, Analytics, Google Sheets, Google Docs, Google Trends, dll)– mempermudah perencanaan dan pelaksanaan komunikasi berkualitas karena tidak perlu menebak-nebak pekerjaan humas.

3. Riset Kata Kunci

IKLAN INFOBRAND.ID

Riset kata kunci (keywords research) adalah bagian mendasar dalam menciptakan komunikasi yang menjangkau orang-orang dalam mode ‘Penelusuran’. Ini memungkinkan Anda untuk memahami apa yang diinginkan audiens Anda dan apakah Anda benar-benar dapat bersaing untuk itu secara online atau tidak berdasarkan otoritas online Anda saat ini.

4. SEO

Kita tidak bisa lagi lolos hanya dengan menulis konten berkualitas untuk manusia. Sekarang harus dirancang untuk beresonansi dengan manusia dan spider mesin pencari. Banyak waktu dan sumber daya yang digunakan untuk membuat konten berkualitas, tetapi jika tidak diarahkan untuk mendapatkan peringkat yang benar atau ditemukan oleh mesin pencari, Anda praktis membuang-buang waktu.

5. Membuat Konten 

Konten telah berkembang pesat dalam beberapa tahun yang singkat. Video meledak dan orang-orang lebih memilih potongan informasi pendek serta konten yang berguna atau memberi mereka semacam nilai dalam sejumlah format. Konten perlu dibuat secara konsisten dengan cara tertentu tentang topik tertentu yang mewakili brand. Itu juga perlu memberikan nilai dan alasan mengapa orang harus mempercayai merek Anda daripada orang lain.

IKLAN INFOBRAND.ID

6. Aktivasi Saluran Media Terintegrasi

Untuk membuat merek Anda ada di mana-mana, pelaku PR perlu menggunakan konten di berbagai saluran (dimiliki, diperoleh, dibagikan, dan diperkuat) dengan cara yang menjangkau dan menciptakan keterlibatan dengan orang-orang dalam mode ‘Jelajahi’ dan ‘Telusuri’. Di sinilah rencana saluran media terintegrasi berperan.

7. Pengukuran Digital

Tidak ada waktu yang lebih baik untuk menunjukkan nilai pekerjaan selain sekarang. Digital menyediakan begitu banyak cara berbeda untuk menunjukkan dampak dari pekerjaan yang telah dijalankan.

Demikian keterampilan humas digital atau digital PR skills yang harus dikuasai praktisi humas saat ini. Mengelola website dan media sosial, termasuk mengisinya dengan konten berkualitas, merupakan tugas humas modern. Karena itu humas saat ini harus menguasai skill digital tersebut.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Nissan Uji Coba Baterai Solid-State Mobil Listrik di Jepang

Nissan Uji Coba Baterai Solid-State Mobil Listrik di Jepang
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Nissan hari ini memamerkan line produksi uji coba baterai solid-state yang sedang dalam konstruksi kepada media di Pabri...


Pertahankan Kesetiaan Pelanggan, Brand Harus Terus Berinovasi

Pertahankan Kesetiaan Pelanggan, Brand Harus Terus Berinovasi
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand dan perusahaan di seluruh dunia saat ini berhadapan dengan lanskap bisnis yang semakin kompetitif dengan perubahan yang...


Sukseskan Mudik-Balik 2024, PT PP Optimalkan Fasilitas Rest Area KM 260B Banjaratma

Sukseskan Mudik-Balik 2024, PT PP Optimalkan Fasilitas Rest Area KM 260B Banjaratma
INFOBRAND.ID, JAKARTA - BUMN konstruksi dan investasi, PT PP (Persero), melalui anak usaha PT PP Sinergi Banjaratma yang bergerak dalam bidang Rest Ar...


Periode Lebaran 2024, AirNav Layani 52.567 Pergerakan Pesawat

Periode Lebaran 2024, AirNav Layani 52.567 Pergerakan Pesawat
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan Umum Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia melayani 52.567 pe...