Senin, 06 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Rayakan Hari Kartini, Bukalapak Gelar Program Memajukan UMKM Perempuan

Posted by: 1495 viewer

Rayakan Hari Kartini, Bukalapak Gelar Program Memajukan UMKM Perempuan
Salah satu pelaku UMUM Perempuan Indonesia menjadi mitra Bukalapak. (Foto: Bukalapak)

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Memperingati Hari Kartini, E-commerce marketplace terkemuka di Indonesia, Bukalapak, menggelar rangkaian program dan inisiatif untuk semakin memajukan kapabilitas UMKM perempuan di Indonesia agar semakin dapat bersaing di pasar digital yang semakin kompetitif. Kegiatan tersebut juga merupakan komitmen Bukalapak untuk terus memberdayakan para pelaku usaha tanah air yang menjadi tulang punggung perekonomian bangsa.

Bekerjasama dengan UN Women Indonesia, Bukalapak menggelar bincang online inspirasional sebagai bagian dari program Rabu Lokal yang bertajuk “Strategi Bukalapak Dukung Kartini-nya Produk Lokal” di akun Instagram Bukalapak secara live, Rabu (21/4/2021). Dengan mengundang para pelaku usaha perempuan serta perwakilan dari UN Women Indonesia, di mana Bukalapak menjadi bagian dari komunitas Women’s Empowerment Principles (WEPs), melalui kesempatan itu pula, Bukalapak mengimplementasikan prinsip WEPs, salah satunya dengan mendukung perjalanan wirausaha wanita dalam mempromosikan produk dan jasa lokal yang mereka jual.

WEPs sendiri merupakan sekumpulan prinsip panduan untuk perusahaan tentang cara mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan wanita di tempat kerja, marketplace, dan komunitas perusahaannya. Didirikan oleh UN Global Compact dan UN Women, WEPs dibuat atas standar ketenagakerjaan dan hak asasi manusia internasional dan didasarkan pada pengakuan bahwa perusahaan juga harus bertanggung jawab atas kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di dalam perusahaannya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Siti Sufintri Rahayu, VP of Corporate Affairs Bukalapak menyatakan komitmen Bukalapak untuk memberdayakan para perempuan di seluruh ekosistemnya, termasuk manajemen, karyawan, serta Pelapak dan Mitra Bukalapak yang bertujuan untuk membantu mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sebagai e-commerce yang tumbuh di dalam negeri, menurutnya, Bukalapak akan senantiasa menghadirkan dan mengembangkan platform teknologi yang aman dan nyaman demi mendorong potensi yang dimiliki oleh para pelaku usaha kecil dan menengah, termasuk tentunya para UMKM perempuan, sehingga mereka dapat berkontribusi meningkatkan inklusi ekonomi dengan juga memberdayakan lingkungan sekitarnya.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil & Menengah menyatakan lebih dari 50% UMKM dimiliki perempuan. Oleh karena itu, pemilik usaha perempuan perlu terus diberdayakan untuk meningkatkan potensinya. Demi meningkatkan potensi dan memperkuat ketahanan UMKM Indonesia, Bukalapak juga secara rutin mengadakan sesi edukasi bagi para pelaku usaha perempuan, yakni Webinar Srikandi Komunitas Bukalapak.

Bertepatan dengan Hari Kartini hari ini, webinar Srikandi Komunitas Bukalapak bekerjasama dengan Bank Commonwealth mengambil judul “Taktik Marketing Bikin Produk Lokal Dicintai Banyak Pembeli”. Dengan adanya sesi ini, Bukalapak ingin membuka potensi para pelapak dan wirausaha perempuan di seluruh Indonesia dalam mengembangkan lapaknya.

Webinar ini menghadirkan Uma Hapsari selaku Founder & CEO @amazara.id dan Arresto Ario, Head of Communication Strategy Commonwealth Bank. Inisiatif kolaboratif ini juga merupakan bagian dari program WISE (Womenpreneur Indonesia for Sustainability and Empowerment) yang dicanangkan oleh Bank Commonwealth dengan tujuan meningkatkan literasi keuangan dan pemberdayaan di bidang bisnis di kalangan pelaku usaha perempuan.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Melalui ONEX BSS, KYMCO Buka Peluang Kerja Sama Penyediaan Layanan Penukaran Baterai

Melalui ONEX BSS, KYMCO Buka Peluang Kerja Sama Penyediaan Layanan Penukaran Baterai
INFOBRAND.ID, JAKARTA - KYMCO membuka peluang kerja sama dalam penyediaan layanan penukaran maupun penyewaan baterai untuk kendaraan listrik bagi pela...


Pantang Menyerah, BNI Apresiasi Semangat Tim Thomas dan Uber Indonesia

Pantang Menyerah, BNI Apresiasi Semangat Tim Thomas dan Uber Indonesia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI selaku sponsor resmi mengapresiasi semangat pantang menyerah yang telah ditunj...


Perkenalkan LISSA, Solusi AI Berkelanjutan dari Lenovo

Perkenalkan LISSA, Solusi AI Berkelanjutan dari Lenovo
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Lenovo membuka awal Mei 2024 dengan mengenalkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) bernama LISSA sebagai solu...


Sunra Mulai Pembangunan Pabrik Sepeda Motor Listrik Terbesar di Jateng

Sunra Mulai Pembangunan Pabrik Sepeda Motor Listrik Terbesar di Jateng
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Sunra Asia Pasific Hi-Tech (Sunra Indonesia) membangun pabrik sepeda motor listrik terbesar di Kawasan Industri Kendal, Jaw...