JAKARTA, INFOBRAND.ID - Perkembangan teknologi digital tidak hanya memberikan peluang bagi bisnis, tapi juga menghadapkan pada tantangan yang harus dihadapi. Tak terkecuali dalam industri asuransi, tantangan berasal dari bagaimana memberikan perlindungan data pribadi nasabah. Menjawab tantangan tersebut, PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life), memenuhi layanan dengan sertifikasi ISO 27001:2013, yang merupakan standar international dalam menerapkan sistem manajemen keamanan informasi.
Windawati Tjahjadi, Presiden Direktur Astra Life mengatakan, seiring dengan pesatnya perkembangan bisnis digital Astra Life baik melalui e-commerce Astra Life yaitu ilovelife.co.id dan aplikasi Buddies, sangat penting bagi perusahaan untuk memperhatikan keamanan informasi khususnya data nasabah. Menurutnya melalui sertifikasi ISO 27001:2013, menjadi bukti komitmen Astra Life untuk menjamin keamanan data nasabah sehingga nasabah bisa tenang dan nyaman dalam bertransaksi asuransi secara online.
ISO 27001:2013 merupakan suatu standar internasional dalam menerapkan sistem manajemen keamanan informasi atau lebih dikenal dengan Information Security Management System (ISMS). Untuk mendapatkan sertifikasi ini tidak mudah karena perusahaan perlu melalui proses audit kemananan informasi yang ketat oleh pihak auditor yang tersertifikasi.
Keberhasilan Astra Life dalam memperoleh sertifikasi ISO 27001:2013 di bulan Mei 2021 ini juga merupakan bentuk kepatuhan perusahaan terhadap regulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah, yaitu Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2016 tentang Sistem Manajemen Pengamanan Informasi, Peraturan POJK no. 1/POJK.07/2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan, Peraturan SEOJK no. 14/SEOJK.07/2014 tentang Kerahasiaan dan Keamanan Data dan/Atau Informasi Pribadi Konsumen, dan Peraturan Badan Siber dan Sandi Negara Nomor 8 Tahun 2020 tentang Sistem Pengamanan Dalam Penyelenggaraan Sistem Elektronik.
“Dengan sertifikasi ini, Astra Life turut menjadi perusahaan yang taat mengikuti regulasi yang ditetapkan pemerintah, sehingga diharapkan kepercayaan masyarakat terhadap Astra Life juga meningkat,” ujar Windawati menambahkan, dalam siaran media yang diterima infobrand.id, Senin (7/6/2021).
Menjalani tahun 2021, Astra Life tetap fokus dan berkomitmen dalam melakukan akselerasi pertumbuhan bisnis melalui digitalisasi di seluruh lini. Digitalisasi dilakukan untuk memberikan akses dan jangkauan yang luas dan mudah agar semakin banyak masyarakat Indonesia mendapatkan perlindungan jiwa dan kesehatan.