JAKARTA, INFOBRAND.ID - Sebagai perusahaan yang mengutamakan pelayanan terbaik, Asuransi Astra menjadikan kemudahan, kenyamanan, keamanan, dan kepuasan sebagai prioritas yang diberikan kepada para pelanggannya baik dari pelayanan digital maupun pelayanan secara langsung. Konsistensi tersebut mengantarkan Garda Oto, produk asuransi kendaraan bermotor dari Asuransi Astra mendapatkan apresiasi dari Majalah Marketing yaitu Excellent Service Experience Award (ESEA) 2021 dan Digital Touch Point Customer Engagement Award (DTPCEA) 2021.
Kedua penghargaan tersebut diperoleh dari hasil survei independen yang diselenggarakan oleh konsultan customer experience terdepan di Indonesia, Carre.
Produk yang dirilis pada tahun 1995 ini bertujuan untuk memberikan perlindungan secara menyeluruh terhadap kendaraan mobi dan motor. Ada terdapat 2 jenis perlindungan, yaitu asuransi all total loss only dan asuransi all risk yang ditawarkan. Ada juga perluasan tipe asuransi yang bisa ditambahkan dalam polis untuk memberikan tingkat perlindungan yang lebih baik.
Penilaian ini bertujuan untuk menilai layanan atas pengalaman pelanggan dengan cara auditor berkunjung langsung ke kantor layanan/cabang layaknya seorang pelanggan. Selama kunjungan, evaluasi kinerja pelayanan akan dilakukan melalui interaksi langsung dengan para petugas pelayanan ataupun berdasarkan pengamatan secara langsung untuk menggali dan menguji elastisitas pelayanan.
Riset Excellent Service Experience Index (ESEI) ini dihasilkan dari tiga parameter pembentuk pengalaman pelanggan, yaitu Sense Index yang mengacu kepada penyediaan sarana dan fasilitas yang sesuai dan memudahkan pelanggan, Mood Index yang megacu kepada sisi emosional pelanggan melalui pelayanan yang sederhana, akurat, dan keterlibatan pelanggan, serta Solution Index yang mengacu kepada pemberian solusi atas permasalahan pelanggan. Survei ESEI ini menilai kinerja pelayanan dari 23 kategori dengan total 134 merek yang dievaluasi.
Adrianto, selaku SVP Business Management Asuransi Astra mengatakan “Kami mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan kepada layanan kami, juga tentunya dukungan dari seluruh pelanggan kami yang terus memberikan feedback positif. Sekalipun pandemi, tidak boleh menyurutkan semangat kami, akan kami jadikan motivasi untuk dapat terus memberikan pelayanan terbaik agar seluruh pelanggan dapat merasakan peace of mind”.
Kedua penghargaan ini menjadi bukti bahwa penerapan komitmen Service Excellent dan Customer First dalam memberikan layanan terbaik bagi pelanggan telah terimplementasikan dengan baik.