Senin, 20 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

PPKM Dicabut, Sariguna Primatirta (CLEO) Optimistis Kinerja Positif Akan Berlanjut

Posted by: 853 viewer

PPKM Dicabut, Sariguna Primatirta (CLEO) Optimistis Kinerja Positif Akan Berlanjut
Cleo

INFOBRAND.ID-Emiten produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) mengincar pertumbuhan bisnis yang positif di sepanjang tahun ini.

Perusahaan menargetkan untuk dapat mencapai pertumbuhan penjualan sebesar 30%, dengan capaian laba bersih meningkat hingga dua digit dibandingkan realisasi tahun 2022. 

Vice President Director Sariguna Primatirta Melisa Patricia menjelaskan, kinerja penjualan CLEO dari tahun ke tahun cenderung selalu bertumbuh sekitar dua digit. Maka dari itu, pihaknya pun optimistis pertumbuhan tersebut akan terus berlanjut selama tahun 2023 ini. 

IKLAN INFOBRAND.ID

"Terutama karena pemerintah telah mencabut aturan pembatasan kegiatan masyarakat," ungkap Melisa. 

Menurut pemaparan Melisa, mayoritas wilayah yang dilayani oleh CLEO saat ini berada di area Pulau Jawa. Dengan demikian, setiap tahunnya perseroan selalu berupaya memperluas jaringan distribusi ke berbagai daerah lainnya, termasuk di area luar Pulau Jawa.  

Sebagai contoh, pada tahun 2022 lalu, CLEO membangun tiga pabrik baru yang berlokasi di Palembang, Balikpapan, dan Palangkaraya. Sehingga secara total kapasitas produksi CLEO saat ini mencapai sekitar 5 miliar liter per tahun. 

"Hal ini juga kami lakukan untuk dapat semakin dekat dengan konsumen dan memenuhi kebutuhan mereka," tambahnya. 

Strategi tersebut bakal terus dilanjutkan perusahaan, begitu juga di tahun ini. Penambahan pabrik baru serta jaringan distribusi menjadi fokus utama perusahaan untuk lebih mendekatkan diri dengan konsumen di seluruh Indonesia.

IKLAN INFOBRAND.ID

Melisa mengatakan, saat ini pihaknya tengah membangun pabrik baru yang berlokasi di Lampung dan Manado. Rencananya, pabrik anyar tersebut akan mulai beroperasi pada tahun 2024 mendatang. 

Adapun, untuk memaksimalkan agenda bisnis tersebut, Sariguna Primatirta menyiapkan alokasi belanja modal atau capital expenditure (Capex) sebesar Rp 300 miliar. 

"Total Capex sebesar Rp300 miliar tersebut mayoritas kami gunakan untuk pembangunan pabrik baru dan pengembangan jaringan, selain itu juga kita gunakan untuk pembelian mesin baru," pungkasnya.

Sampai September tahun lalu, perseroan tercatat membukukan penjualan bersih sebesar Rp 1,01 triliun. Angka itu meningkat 26,35% dari semula Rp 802,94 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya. 

Laba tahun berjalan CLEO juga terpantau meningkat menjadi Rp 150,94 miliar per akhir September 2022. Sedangkan pada September 2021 laba bersih-nya hanya tercatat sebesar Rp 136,59 miliar. 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Mengambil Hati Gen Z, Ini yang Harus Dilakukan Brand

Mengambil Hati Gen Z, Ini yang Harus Dilakukan Brand
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Menghadapi Generasi Z (Gen Z), yang dikenal sebagai digital natives, menjadi tantangan sekaligus peluang besar bagi berbagai b...


Ini Keandalan Google TV Terbaru dari POLYTRON

Ini Keandalan Google TV Terbaru dari POLYTRON
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di era digital saat ini, kebutuhan akan hiburan di rumah semakin menjadi prioritas bagi banyak individu. Dengan perkembangan t...


Wuling Air EV, Mobil Listrik Favorit Gen Z

Wuling Air EV, Mobil Listrik Favorit Gen Z
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Salah satu mobil listri andalan Wuling, yakni Air EV menjadi mobil listrik favorit generasi Z dan berhasil meraih penghargaan...


Gandeng Rawtype Riot, BFGoodrich Luncurkan Koleksi Fesyen Otomotif

Gandeng Rawtype Riot, BFGoodrich Luncurkan Koleksi Fesyen Otomotif
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen ban global untuk lini on-road dan off-road, BFGoodrich Indonesia baru-baru ini meluncurkan kolaborasi dengan brand fe...