Senin, 20 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Perubahan Perilaku Konsumen di Tahun 2023 Meningkat 35% dari Tahun Lalu

Posted by: 532 viewer

Perubahan Perilaku Konsumen di Tahun 2023 Meningkat 35% dari Tahun Lalu
Ilustrasi Marketplace

INFOBRAND.ID-Pemilik toko di berbagai e-commerce di Indonesia masih menawarkan promo terbaru pada 11.11, berbagai jenama sudah mulai untuk mempersiapkan stok untuk perhelatan penjualan terbesar di tahun ini.

Penjualan toko di luar Indonesia seperti dari China dan UMKM telah mencatat rekor penjualan tertinggi. Admitad melaporkan bahwa pelanggan Indonesia selama periode 11.11 melonjak sebesar 65% dibandingkan dengan periode normal. Produk elektronik, pakaian, rumah tangga dan taman menjadi favorit konsumen.

Asal muasal Penjualan 11.11 yang berasal dari Cina, sudah lama populer di negara lain, termasuk di Indonesia. Penjualan 11.11 memiliki potensi untuk terus meningkat. Admitad melaporkan bahwa orang Indonesia membelanjakan 65% lebih banyak selama penjualan 11.11 dan 35% lebih banyak dari tahun lalu.

IKLAN INFOBRAND.ID

Kota-kota dengan jumlah penjualan tertinggi adalah Jakarta, Malang, Surabaya, Bandung, Denpasar, Medan, Semarang, Bekasi, Makassar dan Tuban.

Para ahli bisnis memperkirakan bahwa penjualan global tumbuh lebih dari 10% dan jumlah yang dibelanjakan tumbuh 15%. Hal ini didukung oleh laporan yang positif dari perusahaan e-commerce di Cina, seperti Alibaba, JD.com, dan TMall. Biro Pos Negara Cina mengatakan bahwa antara 1 November hingga 11 November, volume paket melonjak sebanyak 5,26 miliar paket dan meningkat 23,2% dari tahun sebelumnya.

Merek saat ini sedang mempelajari tren dari penjualan 11.11 untuk memaksimalkan penjualan mereka di bulan November dan Desember. Admitad meneliti lebih dari 80 juta pesanan dari 2.000 jenama di seluruh dunia untuk memahami produk mana yang diambil oleh orang Indonesia dan sumber pelanggan mana yang membawa bisnis paling banyak pesanan tahun ini..

Neha Kulwal, Direktur Utama Mitgo, APAC & India, mengungkapkan, “Lebih dari 70% pesanan online dilakukan melalui e-commerce pada penjualan 11.11 di Indonesia dan ini meningkat beberapa persen dibandingkan tahun lalu.”

Kategori produk yang populer dibeli oleh orang Indonesia selama 11.11 mirip dengan tahun 2022, meskipun terdapat beberapa perubahan. Penjualan pakaian 42,2%, elektronik 14,5%, rumah dan taman 8,9%, kecantikan & kesehatan 7,5%, mainan & hobi 7,3%, ibu & anak 6%, suku cadang mobil 4,2%, olahraga & hiburan 3,6%, alat 3,3% dan lainnya 2,5%.

IKLAN INFOBRAND.ID

Penjualan 11.11 di Indonesia tidak hanya meningkat secara keseluruhan, tetapi juga mengalami lonjakan tinggi dalam penjualan beberapa kategori tertentu. Admitad telah mencatat penjualannya mulai dari mainan & hobi yang meningkat sebesar 103%, pakaian dengan peningakatan sebesar 89%, perhiasan & barang mewah meningkat 42% dan elektronik meningkat 17%.

Menurut data dari Admitad, pengguna telah melakukan lebih dari 26% pesanan setelah melihat iklan kontekstual. 25,2% penjualan berasal dari platform konten dan media online. Toko afiliasi dan layanan cashback masing-masing menyumbang 9,4% dan 8,8% dari penjualan. Aplikasi seluler dan media sosial sebanyak 8,6% dan 8,4% dari penjualan.

Pemasaran mitra memberikan dorongan signifikan pada penjualan online selama 11.11 tahun ini. Jumlah toko dan mitra Indonesia yang berhasil menarik pelanggan untuk mendapatkan hadiah dari jenama selama hari-hari penjualan meningkat sebesar 10%. Admitad memperkirakan bahwa keuntungan mereka melonjak sebesar 64% selama periode ini. Jumlah merek yang menggunakan model pemasaran mitra untuk menarik pelanggan tumbuh sebesar 8% sebelum dimulainya penjualan.

“Pembelian seluler merupakan tren tertinggi di Indonesia, pesanan seluler atau smartphone meningkat dari 23% di tahun 2022, menjadi 31% di tahun 2023,” tutup Neha.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Mengambil Hati Gen Z, Ini yang Harus Dilakukan Brand

Mengambil Hati Gen Z, Ini yang Harus Dilakukan Brand
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Menghadapi Generasi Z (Gen Z), yang dikenal sebagai digital natives, menjadi tantangan sekaligus peluang besar bagi berbagai b...


Ini Keandalan Google TV Terbaru dari POLYTRON

Ini Keandalan Google TV Terbaru dari POLYTRON
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di era digital saat ini, kebutuhan akan hiburan di rumah semakin menjadi prioritas bagi banyak individu. Dengan perkembangan t...


Wuling Air EV, Mobil Listrik Favorit Gen Z

Wuling Air EV, Mobil Listrik Favorit Gen Z
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Salah satu mobil listri andalan Wuling, yakni Air EV menjadi mobil listrik favorit generasi Z dan berhasil meraih penghargaan...


Gandeng Rawtype Riot, BFGoodrich Luncurkan Koleksi Fesyen Otomotif

Gandeng Rawtype Riot, BFGoodrich Luncurkan Koleksi Fesyen Otomotif
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen ban global untuk lini on-road dan off-road, BFGoodrich Indonesia baru-baru ini meluncurkan kolaborasi dengan brand fe...