Jum'at, 26 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Perbedaan Omnichannel dan Multichannel Ini Penjelasannya

Posted by: 2668 viewer

Perbedaan Omnichannel dan Multichannel Ini Penjelasannya
Power Commerce Asia, pelopor teknologi omnichannel di Indonesia.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Meningkatnya adopsi teknologi digital di sektor bisnis mendorong hadirnya teknologi omnichannel yang mampu mengintegrasikan seluruh proses mulai dari aktivitas offline dan online. Melalui teknologi ini juga menghadirkan pengalaman yang seamless bagi customer baik itu secara offline maupun online.

Di Indonesia sendiri, saat ini telah mulai banyak perusahaan yang mengklaim dirinya telah menerapkan teknologi omnichannel. Namun jika dilihat lebih lanjut, konsep omnichannel yang dijalankan masih belum mengintegrasikan seluruh proses yang dimiliki.

Perusahaan memiliki saluran penjualan secara offline, reseller, dan marketplace, serta metode pembayaran seperti tunai, bank transfer, maupun dompet digital, namun satu sama lain belum terintegrasi. Kondisi seperti itu sejatinya bukan omnichannel, namun baru sebatas multichannel.

IKLAN INFOBRAND.ID

Demikian diungkapkan oleh Hadi Kuncoro, CEO Power Commerce Asia, dalam virtual press conference pengumuman pendanaan dari Interport dan SAP Express dan penggunaan logo baru, Kamis (6/1/2022). Dijelaskan oleh Hadi, dasar dari omnichannel adalah goalsnya adalah bagaimana membangun sebuah ekosistem bisnis dan menciptakan pengalaman belanja di manapun menghadirkan pengalaman yang sama.

“Mulai dari kecepatan, komplain, harga, layanan, sama. Misal orang Papua berbelanja di toko online, pengalamannya sama seperti orang Jakarta berbelanja, kapan barang akan sampai sampai akan sama,” jelas Hadi Kuncoro.

Dan hal itu dapat diciptakan ketika sistem yang dimiliki oleh sebuah perusahaan telah terintegrasi, mulai dari toko offline, toko online, gudang, reselller dan pembayaran sama. Jadi ketika seseorang membeli secara online, dapat langsung dikimim dari toko atau reseller terdekat.

Sementara, multichannel itu adalah fase. Dimana sebelum itu dulu ada singlechannel seperti offline saja, reseller saja. Selanjutnya saat mulai ada ecommerce, bisa berjualan di ecommerce juga. Sosial media juga, dan channel mulai banyak akhirnya menjadi multi channel.

“Dan bagaimana mengintegrasikan semuanya itu adalah omnichannel,” imbuh Hadi Kuncoro.

IKLAN INFOBRAND.ID

Diakui saat ini banyak perusahaan dan brand saat ini baru menerapkan multichannel. Untuk menjadi omnichannel, kata kuncinya adalah kontrol tower dashboard yang membantu seluruh proses dapat terintegrasi, yang ketika direfresh per detik pada saat itu juga seluruh proses dapat dikontrol, penjualan berapa di semua channel, secara real time terupdate.

“ Semuanya terkontrol, dan diketahui terintegrasi realtime. Dashboard realtime apa tidak, kalau belum nyambung dan belum realtime, itu belum omnichannel,” jelas Hadi Kuncoro.

Sementara,  Andik Duana Putra, Co-Founder dan CCO Power Commerce Asia menambahkan, customer experience yang diharapkan dari omnichannel adalah bagaimana memberikan seamless customer experience sama. Customer antara offline dan online, ada dalam satu ekosistem.

“Selain dalam proses penjualan, mmnichannel juga dapat diterapkan dalam marketing, kalau sendiri-sendiri jadi banyak cost, kalau omnichannel, bisa lebih murah,” tutup Andik.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Catat, 11-12 Mei Mendatang SPEKIX 2024 akan Digelar di JCC

Catat, 11-12 Mei Mendatang SPEKIX 2024 akan Digelar di JCC
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Special Kids Expo (SPEKIX) 2024 akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal 11-12 Mei 2024 dengan tuj...


Tingkatkan Bisnis UMKM, Kadin Dorong Pemanfaatan Digital

Tingkatkan Bisnis UMKM, Kadin Dorong Pemanfaatan Digital
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendorong digitalisasi bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) un...


Bluebird Hadirkan Lifecare Taxi Baru dengan Kursi Otomatis Khusus

Bluebird Hadirkan Lifecare Taxi Baru dengan Kursi Otomatis Khusus
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Blue Bird Tbk (Bluebird) layanan terbaru Lifecare Taxi yang dilengkapi kursi khusus untuk mendukung mobilitas lansia, orang...


Tahun Lalu, PlayStation 5 Terjual 54,8 Juta Secara Global

Tahun Lalu, PlayStation 5 Terjual 54,8 Juta Secara Global
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sony Indonesia memaparkan sejumlah pencapaian yang diraih PlayStation selama tahun 2023, di antaranya konsol PlayStation 5 yan...