Ahad, 26 Maret 2023

Follow us:

infobrand

9th Spirit INFOBRAND

Pentingnya Reputasi bagi sebuah Perusahaan dan Brand di Era Digital

Posted by: 04-10-2021 19:20 WIB 3263 viewer

Pentingnya Reputasi bagi sebuah Perusahaan dan Brand di Era Digital
Dr. Emilia Bassar, M.Si, Founder and CEO CPROCOM, dalam Webinar Top Digital PR Award 2021 dan Brand Choice Award 2021 yang digelar infobrand.id.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Apple saat ini dikenal sebagai brand perangkat komputer dan smartphone paling unggul. Jika menyebut brand ini, yang terbayang di benak konsumen adala, dapat diandalkan, efisien, sangat mewah, bahkan dapat menjadi simbol status seseorang.

Dr. Emilia Bassar, M.Si, Founder and CEO CPROCOM, dalam Webinar Top Digital PR Award 2021 dan Brand Choice Award 2021 yang digelar infobrand.id, Kamis (30/9/2021), mengatakan positioning tersebut dapat terbangun berkat reputasi yang berhasil dibangun oleh sebuah brand. Namun menurutnya, raputasi tersebut bisa naik ataupun turun, tergantung bagaimana perusahaan mempertahankan reputasi yang dimiliki.

Mengutip laporan Rangked: The Reputation of 100 Major Brands in the U.S. 2021, beberapa brand yang mengalami kenaikan peringkat, antara lain Tesla sebagai brand produsen mobil listrik dari peringkat 18 menjadi peringkat 8, Pfizer yang dikenal dengan produk vaksin untuk Covid-19, melejit dari peringkat 61 menjadi menjadi peringkat 7. Peningkatan tersebut juga didorong oleh perubahan tren gaya hidup, seperti mobil listrik dan vaksin.

IKLAN INFOBRAND.ID

Lebih lanjut Emillia mengungkapkan, hasil survei yang dilakukan University of Technologu Sydney, mengungkapkan bahwa konsumen bersedia membayar lebih untuk suatu produk jika perusahaan yang menjualnya memiliki reputasi yang baik.

Sementara itu, temuan menarik lainnya, dari statuslabs.com mengungkapkan, 83% pembeli tidak lagi mempercayai iklan, tetapi sebagian besar mempercayai rekomendasi dari pengguna online. Dan 58% eksekutif percaya bahwa manajemen reputasi online harus ditangani, tetapi hanya 15% yang benar-benar melakukan apa-apa.

Sementara, Corporate Responsibility Magazine mengungkapkan, 92% orang yang saat ini bekerja akan meninggalkan pekerjaan mereka saat ini untuk mengambil pekerjaan dengan perusahaan dengan reputasi bintang. Temuan menarik lainnya, dari glassdoor.com, 95% pencari kerja yang disurvei mengatakan bahwa reputasi pemberi kerja memengaruhi keputusan mereka.

Karena itu, lanjut Emillia, reputasi sangat penting bagi kelangsungan binsis. Karena reputasi dapat membantu perusahaan dalam membangun kepercayaan karyawan, pelanggan, investor, dan stakeholders utama lainnya. Menjaga tim kerja yang kuat: antusiasme, loyalitas, produktivitas. Menarik minat publik yang ingin bekerja di perusahaan Anda.

Reputasi juga dapat memengaruhi hasil penjualan dan pemasaran. Meningkatkan kepercayaan publik pada produk dan layanan perusahaan. Membuat pelanggan menjadi brand ambassador dengan berbagi pengalaman dan memberikan rekomendasi pada orang lain. Dan ekspansi bisnis, memasuki pasar baru, dan/atau memperluas operasi perusahaan.