Senin, 20 September 2021

Follow us:

infobrand

infobrand

Mie Instan Jadi Makanan Paling Dicari di Kala Pandemi

Posted by: 17-06-2021 18:21 WIB 1207 viewer

Mie Instan Jadi Makanan Paling Dicari di Kala Pandemi
Brand Footprint Indonesia.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Mie instan, biskuit, kopi instan, deterjen dan penyedap rasa menjadi produk paling dicari oleh konsumen Indonesia selama masa pandemi covid-19. Terlihat dari persentase jumlah konsumen yang membeli kategori tersebut, setidaknya mencapai 95% atau dalam kata lain 95 dari 100 rumah tangga pernah membeli produk tersebut.

Demikian terungkap dalam Brand Footprint Indonesia 2021, studi tahunan Kantar yang mengukur merek mana yang paling dipilih oleh konsumen. Brand Footprint meliputi lima sektor FMCG, yakni makanan, minuman, produk susu, perawatan rumah, dan perawatan tubuh. Peringkat Brand Footprint Indonesia tahun ini mencakup 97% dari total rumah tangga baik di kota besar, kota kecil, dan daerah lainnya yang merepresentasikan 68 juta rumah tangga.

Merek Terpilih di Indonesia

 

Peringkat tahun

 

 

Merek

 

 

Consumer Reach Point

 

 

 

 

 

 

 

 

2020

 

 

 

 

(dalam juta)

 

 

 

 

 

 

 

 

1

 

 

Indomie

2.190

 

2

 

 

So Klin

1.867

 

3

 

 

Mie Sedaap

1.799

 

4

 

 

Royco

1.243

 

5

 

 

Roma

1.209

 

6

 

 

Kapal Api

1.101

 

7

 

 

Masako

955

 

8

 

 

Lifebuoy

925

 

9

 

 

Frisian Flag

897

 

10

 

 

Sunlight

826

 

11

 

 

Pepsodent

817

 

12

 

 

Indofood

772

 

13

 

 

Downy

718

 

14

 

 

Daia

712

 

15

 

 

Energen

700

 

16

 

 

Molto

656

 

17

 

 

Bango

613

 

18

 

 

Rinso

613

 

19

 

 

Sasa

610

 

20

 

 

Ekonomi

601

 


Sektor makanan mendominasi 10 peringkat teratas dan juga mendominasi peringkat 10 besar merek-merek yang bertumbuh pesat pada tahun 2020. Hal ini dipengaruhi oleh keadaan pandemi yang membuat konsumen lebih banyak beraktivitas di rumah, termasuk memasak dan makan di rumah.

Indomie terus menjadi merek pilihan nomor satu bagi konsumen di Indonesia dan juga memegang posisi yang kuat di tingkat global, yakni di posisi ke-7 Global Brand Footprint 2021. Indomie menjadi pilihan bagi rumah tangga sebagai asupan makanan yang cepat dan rasa yang sesuai dengan lidah orang Indonesia dan juga negara lain.

Merek-merek bumbu masak seperti Sasa, Masako, Royco, dan Bango menjadi pilihan teratas bagi konsumen Indonesia sepanjang tahun 2020 sebagai penunjang kegiatan memasak dari rumah yang semakin populer di masa pandemi ini.

Terkait dengan hadirnya pandemi di tahun 2020, preferensi masyarakat di sektor perawatan rumah dan sektor perawatan tubuh menunjukkan tren yang positif bagi produk-produk yang menawarkan perlindungan dari sisi kesehatan dan kebersihan.

Ekonomi merupakan salah satu merek perawatan rumah tangga yang tumbuh paling pesat di antara merek-merek yang berhasil menempati peringkat 20 besar. Ekonomi menawarkan perlindungan extra bagi keluarga dalam hal kebersihan dan juga mewarkan harga yang terjangkau.

Bermain di beberapa kategori juga merupakan salah satu strategi merek untuk memiliki kesadaran merek dan basis konsumen yang kuat. Beberapa merek seperti Lifebuoy (di posisi ke-8), Frisian Flag (di posisi ke-9), and Indofood (di posisi ke-12) mengamankan posisi mereka dalam peringkat 20 besar dengan bermain di beberapa kategori di sektor masing-masing.

Adisti Bramanti, Commercial Director Kantar Indonesia, Worldpanel Division menjelaskan lebih jauh bahwa, brand-brand tersebut diurutkan berdasarkan Consumer Reach Point (CRP). CRP merupakan matriks yang mengkalkulasikan jumlah rumah tangga yang membeli merek tertentu (penetrasi) dengan berapa kali merek tersebut dibeli (pilihan konsumen).

Untuk meningkatkan CRP dalam keadaan yang fluktuatif di masa pandemi tentunya dibutuhkan strategi yang adaptif terhadap konsumennya, baik dari segi preferensi kegunaan dan manfaat produk, ketersediaan produk di tempat perbelanjaan, kesesuaian harga dan ukuran kemasan, ekspansi produk ke kategori lainnya, dan faktor lainnya yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli merek Anda,” tutup Adisti.

Sementara, Venu Madhav, General Manager Kantar Indonesia, Worldpanel Division mengungkapkan, tahun 2020 merupakan tahun yang sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Banyak industri yang harus melewati jalan yang terjal untuk bertahan dan bertumbuh terlepas dari adanya tantangan pandemi. Industri FMCG mampu melewati berbagai tantangan dengan cara menerapkan strategi-strategi yang berfokus pada kebutuhan konsumen yang dinamis dan juga terus berkembang.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Selama di Rumah Aja, Begini Cara Merawat Mobil yang Baik Ala Mercedes-Benz

Selama di Rumah Aja, Begini Cara Merawat Mobil yang Baik Ala Mercedes-Benz
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Di masa pandemi seperti sekarang ini sangat penting bagi pemilik mobil untuk menjaga kondisi dan kebersihan mobil untuk menghi...


Mie Instan Jadi Makanan Paling Dicari di Kala Pandemi

Mie Instan Jadi Makanan Paling Dicari di Kala Pandemi
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Mie instan, biskuit, kopi instan, deterjen dan penyedap rasa menjadi produk paling dicari oleh konsumen Indonesia selama masa...


Ikuti Google Trends Pengrajin Perak Temukan Desain Baru yang Disukai Konsumen

Ikuti Google Trends Pengrajin Perak Temukan Desain Baru yang Disukai Konsumen
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Pandemi COVID-19 telah berlangsung di Indonesia selama lebih dari satu tahun. Tidak hanya menjadi tantangan dalam kesehatan, p...


Kisah Rumah Anggrek Vita Orchids, Sukses Manfaatkan YouTube untuk Dekat dengan Pelanggan

Kisah Rumah Anggrek Vita Orchids, Sukses Manfaatkan YouTube untuk Dekat dengan Pelanggan
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Pandemi COVID-19 telah berlangsung di Indonesia selama lebih dari satu tahun. Tidak hanya menjadi tantangan dalam kesehatan, p...


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR






Index

BRANDING & CSR






Index