Sabtu, 27 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Mengukur Kekuatan Marketing di Media sosial

Posted by: 4389 viewer

Mengukur Kekuatan Marketing di Media sosial
Ilustrasi marketing melalui media sosial

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Harus diakui kalau pengguna media sosial saat ini cukup tinggi, tak terkecuali di Indonesia. Dalam laporan digital yang dirilis We Are Social dan Hootsuite pada Januari 2020 tercatat bahwa lebih dari 4,5 miliar orang telah menggunakan internet pada awal 2020. Dimana pengguna media sosial sendiri telah melampaui angka 3,8 miliar dari total populasi di dunia ini yang mencapai 7,75 miliar. Artinya, hampir 60 persen dari populasi dunia sudah online.

Sementara di Indonesia sendiri, berdasarkan data statistik telekomunikasi yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan tujuan penggunaan internet didominasi penggunaan sosial media dan mendapat informasi atau berita dengan persentase masing-masing sekitar 79,13 persen dan 65,97 persen.

Data tersebut sekaligus membuktikan bahwa media sosial kini tak dapat dipandang sebelah mata, terutama untuk aktivitas marketing. Tentunya ini juga memberikan sinyal yang baik bahwa media sosial telah bertransformasi menjadi media marketing yang potensial dan menguntungkan.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dalam hal ini, pasar akan menjadikan media sosial tersebut sebagai salah satu sumber informasi dan rujukan bisnis terpercaya. Ketika mereka sudah menjadikan media sosial tersebut sebagai salah satu panutan dalam bisnis, maka tinggal selangkah lagi menggerakkan mereka untuk menjadi pelanggan atau pengguna produk/layanan yang ditawarkan.

Adapun media sosial yang saat ini boleh dibilang cukup ampuh untuk membantu aktivitas marketing yakni Facebook, Instagram dan juga Youtube. Dimana seluruh media sosial tersebut telah berhasil mengubah cara pandang masyarakat dalam berkomunikasi dan berinteraksi di dalam kehidupan sehari-hari. Melalui media ini, perusahaan atau brand tentunya bisa melakukan promosi yang terstruktur dan tepat sasaran.

Berpromosi dengan menggunakan media sosial tentu saja memiliki sejumlah keuntungan, diantaranya lebih hemat biaya dan juga efektif dalam penggunaanya. Selain itu, promosi bisa dilakukan secara viral marketing dan langsung dilihat oleh para calon konsumennya sehingga lebih mudah dalam menarik para konsumen baru. Media sosial juga dapat menjangkau beragam profil konsumen dari segmentasi yang ada.

Adapun hal yang harus diperhatikan saat melakukan aktivitas marketing melalui media sosial yaitu dimulai dari memilih platform yang tepat, menentukan strategi, fokus dan konsisten, jangan mengabaikan jumlah followers, posting secara teratur. Kalau semua langkah tersebut telah dijalankan dengan baik, yang terakhir adalah tinggal mengukur hasilnya saja, apakah sudah mencapai target atau belum.

Semoga bermanfaat.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Nokia Perbarui Jaringan 5G XL Axiata di Jawa Tengah

Nokia Perbarui Jaringan 5G XL Axiata di Jawa Tengah
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi, Nokia, mengumumkan telah menyelesaikan proyek lima tahun bersama XL Axiata dalam rangka memodernisasi ja...


Bank DKI Dukung Pelaksanaan Indonesia Mini 4WD Championship 2024

Bank DKI Dukung Pelaksanaan Indonesia Mini 4WD Championship 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Bank DKI berkolaborasi bersama komunitas Mini 4WD dalam pergelaran Indonesia Mini 4WD Championship 2024 yang diselenggarakan d...


Jangan Kelewatan, Pameran Diecast Indonesia IDEX Kembali Gelar Oktober Mendatang

Jangan Kelewatan, Pameran Diecast Indonesia IDEX Kembali Gelar Oktober Mendatang
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Indonesia Diecast Expo (IDEX) akan kembali digelar kegiatan acara untuk para pencinta diecast melalui gelaran Indonesia Diecas...


Speaker HiFi Audivo PHS 6A Hadirkan Suara Jernih dan Detail

Speaker HiFi Audivo PHS 6A Hadirkan Suara Jernih dan Detail
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Menemukan cara untuk meningkatkan mood, menikmati waktu untuk diri sendiri, dan meningkatkan produktivitas merupakan elemen pe...