Selasa, 07 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Mengenal Lebih Jauh Pengertian Brand Preference & Brand Equality

Posted by: 1403 viewer

Mengenal Lebih Jauh Pengertian Brand Preference &  Brand Equality
Preference Brand ilustrasi

INFOBRAND.ID- Parameter yang menunjukkan seberapa kuat merek di pasar berdasarkan tingkat kesukaan pelanggan terhadap merek.

Ketika pelanggan memilih suatu merek di atas merek lain secara konsisten, sekalipun merek kita punya banyak kompetitor. Oleh karena pelanggan sendiri sudah mencoba berbagai produk dari merek-merek lain. Tahu betul lebih-kurangnya seperti apa. Hingga akhirnya memutuskan untuk memilih merek kita.

Jadi istilahnya, setiap dihadapkan pada suatu keputusan, pelanggan dengan brand preference yang baik akan setia memilih merek kita. Oleh karena itu di satu sisi, brand preference dianggap sejalan dengan brand loyalty. Karena memang brand loyalty menjadi penentu kenapa pelanggan lebih memilih merek kita ketimbang kompetitor.

IKLAN INFOBRAND.ID

Di satu sisi juga, preferensi pelanggan dalam memilih merek kita, lama-kelamaan akan berbuah pada brand loyalty. Jikalau terjadi secara konsisten, bisnis niscaya akan sukses dan berkelanjutan.

Sementara brand equity membicarakan tentang nilai dari suatu merek, sehingga dikatakan bernilai positif bilamana menjual produk-produk berkualitas. Brand preference adalah soal kecenderungan pelanggan dalam memilih suatu merek di atas merek lainnya dalam membeli suatu produk.

Brand equity bisa terus ter-develop sepanjang waktu, tergantung pada bagaimana progres dari hubungan antara pelanggan dan merek. Jadi, brand equity akan terus berubah (tapi tidak jauh dari nilai-nilai dasarnya), mengikuti tahapan merek dalam melalui brand awareness, brand association, hingga brand loyalty.

Sedangkan brand preference mencerminkan brand equity yang positif (meski besarannya juga bisa berubah-ubah sepanjang waktu, asal tetap positif).

Sementara brand equity membicarakan tentang nilai dari suatu merek, sehingga dikatakan bernilai positif bilamana menjual produk-produk berkualitas. Brand preference adalah soal kecenderungan pelanggan dalam memilih suatu merek di atas merek lainnya dalam membeli suatu produk.

IKLAN INFOBRAND.ID

Brand equity bisa terus ter-develop sepanjang waktu, tergantung pada bagaimana progres dari hubungan antara pelanggan dan merek. Jadi, brand equity akan terus berubah (tapi tidak jauh dari nilai-nilai dasarnya), mengikuti tahapan merek dalam melalui brand awareness, brand association, hingga brand loyalty.

Sedangkan brand preference mencerminkan brand equity yang positif (meski besarannya juga bisa berubah-ubah sepanjang waktu, asal tetap positif).

  • Faktor-faktor dari brand preference yakni:
  1. Brand awareness, sejauh mana kesadaran pelanggan mengenai suatu merek.
  2. Brand advocacy, seberapa jauh pelanggan mau mempromosikan produk atau merek kita secara cuma-cuma.
  3. Brand loyalty, seberapa setia pelanggan terhadap merek kita.
  4. Brand equity, seberapa positif merek dipandang oleh pelanggan.
  5. Brand engagement, seberapa jauh pelanggan mau terlibat dalam hubungan dengan merek.
  6. Brand identity, seberapa kuat brand identity merek di mata pelanggan.
  7. Brand image, seberapa kuat citra merek tertanam dalam alam bawah sadar pelanggan.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Melalui ONEX BSS, KYMCO Buka Peluang Kerja Sama Penyediaan Layanan Penukaran Baterai

Melalui ONEX BSS, KYMCO Buka Peluang Kerja Sama Penyediaan Layanan Penukaran Baterai
INFOBRAND.ID, JAKARTA - KYMCO membuka peluang kerja sama dalam penyediaan layanan penukaran maupun penyewaan baterai untuk kendaraan listrik bagi pela...


Pantang Menyerah, BNI Apresiasi Semangat Tim Thomas dan Uber Indonesia

Pantang Menyerah, BNI Apresiasi Semangat Tim Thomas dan Uber Indonesia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI selaku sponsor resmi mengapresiasi semangat pantang menyerah yang telah ditunj...


Perkenalkan LISSA, Solusi AI Berkelanjutan dari Lenovo

Perkenalkan LISSA, Solusi AI Berkelanjutan dari Lenovo
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Lenovo membuka awal Mei 2024 dengan mengenalkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) bernama LISSA sebagai solu...


Sunra Mulai Pembangunan Pabrik Sepeda Motor Listrik Terbesar di Jateng

Sunra Mulai Pembangunan Pabrik Sepeda Motor Listrik Terbesar di Jateng
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Sunra Asia Pasific Hi-Tech (Sunra Indonesia) membangun pabrik sepeda motor listrik terbesar di Kawasan Industri Kendal, Jaw...