Ahad, 01 Agustus 2021

Follow us:

infobrand

infobrand

Jadi Aplikasi Keuangan Favorit, Fintech Bawa Indonesia Peringkat Ketiga!

Posted by: 22-06-2021 11:44 WIB 113 viewer

Jadi Aplikasi Keuangan Favorit, Fintech Bawa Indonesia Peringkat Ketiga!
Fintech Bawa Indonesia Peringkat Ketiga dari Seluruh Dunia

JAKARTA, INFOBRAND.ID - AppsFlyer, perusahaan atribusi global terkemuka, merilis Laporan State of Finance App Marketing edisi 2021 yang menempatkan Indonesia sebagai negara peringkat ketiga di dunia dari 15 negara lain dalam hal instalasi aplikasi kategori Keuangan. Indonesia unggul dari negara besar lain seperti Amerika Serikat (peringkat 4) dan Rusia (peringkat 5), namun masih kalah dari India dan Brazil yang menempati posisi pertama dan kedua.

AppsFlyer merupakan perusahaan attribution terdepan di dunia, membantu para marketer untuk mengembangkan bisnis mereka dan berinovasi dengan rangkaian perhitungan komprehensif dan solusi analitik. Dibangun dengan mengutamakan privasi, AppsFlyer mengambil pendekatan yang terpusat kepada pelanggan untuk membantu lebih dari 12.000 merek dan 8.000 mitra teknologi dalam mengambil keputusan bisnis yang lebih baik setiap hari.

Menurut laporan State of Finance App Marketing AppsFlyer 2021 meneliti 2,7 miliar instalasi aplikasi di Asia Pasifik di periode Q1 2019 dan Q1 2021, dari seluruh 4,7 instalasi aplikasi di seluruh dunia.

Laporan ini juga memantau 600 juta instalasi non-organik dan 1.230 aplikasi yang terdaftar di pasar aplikasi Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Filipina, Thailand dan Vietnam. Aplikasi yang masuk dalam kategori keuangan tersebut meliputi sub-kategori seperti bank digital, bank tradisional, layanan keuangan, pinjaman dan investasi online.

Senior Customer Success Manager, APAC AppsFlyer, Luthfi Anshari menyatakan ““Tahun 2020 adalah suatu momen game changer yang berdampak pada bagaimana bisnis dan konsumen berinteraksi dan beroperasi. Sektor fintech telah beradaptasi secara drastis pada berbagai perubahan lingkungan dan mengakselerasi transformasi digital, terutama di negara-negara berkembang dimana sangat banyak masyarakat yang belum punya rekening bank dan tidak memiliki akses ke perbankan,”.

Pada kuartal kedua 2020, anggaran marketing berkurang hingga hampir 50 persen akibat pandemi global dan lockdown, namun disertai dengan pemulihan kondisi yang berjalan dengan cepat. Karena tingginya tingkat permintaan terhadap solusi pembayaran touchless (nirsentuh), permintaan pada aplikasi fintech pun bertambah hingga 75%.

Marketer di Indonesia pun melanjutkan pengeluaran iklan demi melakukan kembali akuisisi user baru. Terlihat dari peningkatan biaya yang drastis hingga 180%, dari Q2 2020 sampai Q1 2021, yang kemudian menyebabkan instalasi non-organik, dengan tingkat pemulihan sebesar 26% di periode waktu yang sama.

Lebih lanjut Luthfi menyebutkan bahwa banyaknya pengguna yang bergeser ke perangkat seluler mereka mendorong institusi/lembaga keuangan untuk beradaptasi dengan tren. Di Indonesia, para pengguna umumnya men-download aplikasi Layanan Keuangan - termasuk aplikasi mobile payment dan kartu kredit - dan juga aplikasi Pinjaman. Dua kategori besar ini berkontribusi besar terhadap jumlah total download di Indonesia.

Meskipun tingkat fraud instalasi aplikasi cukup tinggi di Asia Tenggara, terutama pada sejumlah level fraud pada jenis Keuangan - negara-negara di wilayah ini alami penurunan tingkat fraud antara Q1 2020 dan Q1 2021 di seluruh kategori. Fraud pada aplikasi Layanan Keuangan - sebagai jenis aplikasi paling popular digunakan di Indonesia - mengalami tingkat penurunan yang drastis sebesar 48%.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Akhir Juli Ini, Vaksinasi dan PPKM Jadi Tren Penelusuran Google

Akhir Juli Ini, Vaksinasi dan PPKM Jadi Tren Penelusuran Google
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Mesin pencari Google melalui laporan Google Trends pada bulan Juli 2021, mengatakan penelusuran terkait proses vaksinasi bagi...


Pengguna BSI Mobile Banking Tembus 2,5 Juta

Pengguna BSI Mobile Banking Tembus 2,5 Juta
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Bank Syariah Indonesia (BSI), yang merupakan hasil penggabungan tiga bank syariah BUMN, melaporkan pengguna mobile banking met...


5 Tips Rayakan Hari Persahabatan di Tengah Pandemi Ala Tokopedia

5 Tips Rayakan Hari Persahabatan di Tengah Pandemi Ala Tokopedia
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Selama masa pandemi, tentunya kanal digital semakin menjadi andalan masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari,...


Perluas Jaringan Distribusi, KIOS Ajak Perusahaan FMCG dan Online Seller

Perluas Jaringan Distribusi, KIOS Ajak Perusahaan FMCG dan Online Seller
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Emiten teknologi satu ini kembali berfokus pada pengembangan UMKM dan toko kelontong terus memperkuat pengembangan bisnis Peru...