JAKARTA, INFOBRAND.ID - Seperti Corporate Social Responsibility (CSR), Creating Shared Value (CSV) juga dapat memberikan banyak manfaat bagi perusahaan yang menerapkannya.
Menurut Porter dan Kramer (2011), ketika CSR menempatkan praktik tanggung jawab sosial sebagai tindakan untuk merespon eksternal tekanan, maka CSV hadir untuk menjadikan praktik tanggung jawab sosial sebagai alat untuk menciptakan nilai ekonomi dan sosial bersama.
Prinsip CSV pada prakteknya akan menjadikan perusahaan memasukan masalah yang dihadapi masyarakat dan kebutuhan masyarakat dalam rantai bisnis mereka.
Dengan demikian, akan memindahkan posisi perusahaan dari sekedar transaksi ekonomi bisnis, menjadi perusahaan yang berperan besar dalam membangun masyarakat.
Lantas, apa sebenarnya manfaat buat perusahaan yang menerapkan konsep CSV, berikut diantaranya seperti dikutip Senyumnegeri.id, Jumat (17/9/2021).
1. Menciptakan Keuntungan Perusahaan
Konsep CSV dapat mengintegrasikan strategi untuk memberikan kontribusi perusahaan kepada masyarakat, tetapi pada saat yang sama juga dapat menciptakan keuntungan bagi perusahaan.
2. Menciptakan Sinergi Persuahaan-Masyarakat
Melalui kegiatan CSV, kontribusi perusahaan kepada masyarakat bukan sekadar filantropi yang menambah biaya bagi pengeluaran operasional perusahaan, karena CSV juga dapat menciptakan sinergi antara kebutuhan masyarakat dengan tujuan usahanya.
3. Sebagai Peluang Bisnis
Kegiatan CSV juga mengacu pada proses strategis di mana perusahaan dapat mengubah masalah sosial menjadi peluang bisnis yang nantinya bisa dimanfaatkan baik oleh masyarakat maupun oleh perusahaan.
5. Mempertahankan Reputasi Perusahaan
CSV boleh manjadi cara perusahaan untuk mempertahankan reputasinya yang dapat dipercaya untuk mendapatkan dukungan dari para pemangku kepentingannya. Dengan memperoleh kepercayaan dari pemangku kepentingan terkait secara tidak langsung dapat mempengaruhi cara perusahaan membuat keuntungan ekonomi.