Selasa, 31 Januari 2023

Follow us:

infobrand

infobrand

IFaSFest 2018 Ajang Kompetisi Ide untuk Peningkatan Layanan Publik

Posted by: 26-07-2018 16:25 WIB 1873 viewer

IFaSFest 2018 Ajang Kompetisi Ide untuk Peningkatan Layanan Publik
IFaSFest 2018

Kebaruan pemikiran dan ide untuk peningkatan layanan publik menjadi perhatian besar Menteri Komunikasi dan Informatika.  Peningkatan kinerja birokrasi menjadi perhatian Kementerian Komunikasi dan Informatika selaras dengan Reformasi Birokrasi yang menjadi salah satu program prioritas pemerintah sesuai dengan Nawacita Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Menteri Kominfo Rudiantara menilai hal yang penting dalam birokrasi pemerintah dan layanan publik adalah kebaruan dan perubahan. "Tetaplah memikirkan sesuatu yang baru, karena yang abadi adalah perubahan," katanya dalam Acara Puncak Innovations of Frequency and Standardization Festival (IFaS-Fest) 2018 di Hotel Aston Bogor, Kamis (27/7/2018) malam.

Menurut Menteri Rudiantara penyelenggaraan IFaS-Fest 2018 merupakan terobosan untuk mengumpulkan pemikiran baru dalam meningkatkan layanan kepada publik.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Selama saya jadi menteri, rasanya baru sekali ikut acara seperti ini. Acara IFaS-Fest ini sesuatu yang tidak pernah kita lakukan sebelumnya," katanya sebelum memberikan penghargaan kepada sejumlah pemenang kompetisi inovasi layanan publik di lingkungan Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI). 

IFaS-Fest 2018 merupakan bentuk apresiasi kepada pegawai berprestasi di lingkungan Ditjen SDPPI dan sebagai branding issue dengan sosialisasi serta edukasi kepada masyarakat atas penggunaan frekuensi dan standarisasi perangkat telekomunikasi.

"Saya ucapkan selamat kepada yang ditetapkan kepada yang ditetapkan sebagai pemenang IFaS-Fest 2018, tapi semuanya juga merupakan pemenang,” ungkap Menteri Kominfo seraya menyebutkan bahwa semua yang ikut kompetisi adalah pemenang untuk memberikan ide terbaik kepada masyarakat.

Dirjen SDPPI Ismail menyebut IFaS-Fest  2018 sebagai salah satu terobosan yang dilakukan oleh jajarannya untuk mewadahi ide, inovasi dan kreatifitas dalam layanan publik. 

“Ini suatu proses lompatan melalui IFaS-Fest, sebelumnya kegiatan ini berbentuk lokakarya yang seringkali bikin ngantuk, tapi sekarang kami yang mendengarkan ide-ide dari anak-anak muda," katanya. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Dirjen Ismail mengakui beragam inovasi yang disajikan selama IFaS-Fest 2018 merupakan cermin keragaman inovasi serta cara untuk memberikan solusi.

"IFaS-Fest merepresentasikan wajah kita yang berwarna, artinya ini menunjukan bahwa kita punya keberagaman. Tiap direktorat berbeda-beda namun tetap memiliki irisan. Saatnya kita mendengarkan ide dan inovasi yang lahir melalui IFaS-Fest ini, dan bersama-sama mencari jalan keluar dan solusi terbaik," jelasnya.

Ajang IFaS-Fest 2018 ini terbagi ke dalam tiga kelompok kompetisi. Pertama SDPPIdea untuk kompetisi inovasi berupa ide-ide sederhana dalam peningkatan kualitas atau output pekerjaan dalam pelaksanaan tata kelola dan program prioritas kementerian. 

Kedua, SDPPI’s Choice Award sebagai kompetisi antar Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Ditjen SDPPI dalam memberikan layanan kepada publik. Kelompok ini terbagi dalam tiga kategori yakni UPT Beradministrasi Terbaik, Penanganan Gangguan Terbaik, dan Monitoring Terbaik. 

Ketiga, SDPPI Mobile Project yang wajib diikuti oleh setiap UPT dan unit kerja di kantor pusat untuk meningkatkan kreativitas pegawai dalam branding issue  Ditjen SDPPI di media sosial dan website.

IKLAN INFOBRAND.ID

Ini Pemenang IFaS-Fest 2018 

Dalam Kompetisi SDPPIdea untuk kriteria program prioritas, ditetapkan sebagai pemenang proposal mengenai Paradigma Baru Dalam Pengelolaan Data ISR Untuk Publik yang diajukan oleh Direktorat Operasi Sumber Daya. 

Ide yang dikemas dalam ISR Map itu merupakan inisitif membangun pengelolaan data Izin Stasiun Radio (ISR) menjadi lebih terbuka dan melibatkan partisipasi publik. Hasil akhir yang diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi internal SDPPI maupun publik. Kedepan, produk pengelolaan data ISR melalui ISR Map tersebut dapat dikolaborasikan dengan instansi lain yang membutuhkan.

ISR Map dirancang dengan tiga fitur utama, yaitu: mapping koordinat lokasi stasiun radio, dummy coverage, dan overlay dengan tematik map serta dilengkapi fitur search dan query untuk pengelolaan data ISR yang lebih fleksibel sesuai kebutuhan.

Untuk kriteria tata kelola, terpilij proposal dari Hendro Mulyo Widiyanto mengenai  Handheld Wireless AP Scanner. Idenya dilatari oleh adanya peningkatan gangguan radar cuaca BMKG akibat penggunaan Wireless Access Point di Band 5GHz.  Sementara perangkat di UPT seperti Spectrum Analyzer dan Wideband Receiver tidak mampu mengidentifikasi  perangkat Wifi AP point.

IKLAN INFOBRAND.ID

Perangkat test bed itu dirancang mampu mengumpulkan data informasi dan pemetaan pengguna Wireless AP band 5 GHz secara otomatis dan lengkap termasuk legalitasnya.

Dalam kelompok SDPPI Choice Award ditetapkan Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Batam, Kepulauan Riau sebagai UPT Administrasi Terbaik. Kemudian untuk kategori UPT dengan Penanganan Gangguan SFR Terbaik terpilih Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Makassar, Sulawesi Selatan.

Adapun Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Palangkaraya, Kalimantan Tengah terpilih sebagai UPT dengan Monitoring Terbaik, dan untuk kategori  UPT Penegakan Hukum Terbaik terpilih Balai Monitoring Kelas I Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah.

Dalam kelompok SDPPI Mobile Project untuk kategori Video Profil Terbaik terpilih Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Denpasar sebagai pemenang pertama, dan untuk pemenang kedua dan ketiga masing-masing Loka Monitor Spektrum Frekuensi Radio Gorontalo dan Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Palangkaraya.

Kategori Video Terfavorit dimenangkan oleh Balmon Kelas II Batam dan Balmon Kelas II Mataram. Untuk kategori Foto Kegiatan Terbaik sebagai pemenang pertama Feby Rosadi (Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Pekanbaru) dengan foto  "Penanganan Gangguan Komunikasi Penerbangan di Helipad CPI Rumbai Pekanbaru". 

Adapun pemenang kedua Risdan (Loka Monitor Spektrum Frekuesi Radio Manokwari) dengan foto Prepare dan pemenang ketiga Medi S. Kom (Loka Monitor Spektrum Frekuesi Radio Ternate) dengan foto Monitoring Pasir Timbul RJ4. Dalam kategori Foto Instagram dengan Like Terbanyak terpilih Herlin Kurna Wulandari dan Henrian Robby Fakhriannur.

Dirjen SDPPI Ismail menjanjikan pemenang akan mendapatkan prioritas untuk mendapatkan pelatihan ke luar negeri. "Para pemenang  IFaS-Fest 2018 selain ada apresiasi juga akan mendapat pelatihan (training) ke luar negeri," katanya.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Mr Muscle dari SCJohnson Bikin Nyaman Ibu Saat si Kecil Belajar Merangkak

Mr Muscle dari SCJohnson Bikin Nyaman Ibu Saat si Kecil Belajar Merangkak
INFOB RAND.ID, JAKARTA - Rentang usia 7 – 10 bulan, bayi mulai merangkak. Tahapan ini amat penting karena melatih bayi menggerakkan lengan dan k...


Mau Gaya Feminim Makin Stylish, Lakukan Tips dari Isabel Adelia Ini

Mau Gaya Feminim Makin Stylish, Lakukan Tips dari Isabel Adelia Ini
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Memilih sepatu yang pas dan sesuai dengan ukuran kaki memang gampang-gampang susah. Bahkan jika Kamu kurang tepat ketika memak...


Bekerja Lebih Nyaman, Lakukan Tips dari Logitech Ini

Bekerja Lebih Nyaman, Lakukan Tips dari Logitech Ini
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sebagian besar dari kita menghabiskan waktu maksimal 8 jam sehari di depan meja atau menatap monitor komputer saat  beker...


Punya Masalah Gula Darah? Begini Tips dari Nutrimart

Punya Masalah Gula Darah? Begini Tips dari Nutrimart
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Banyak pekerja kantoran yang menghabiskan mayoritas waktu dengan duduk di depan komputer. Padahal, pola hidup sedenter atau ti...


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR






Index

BRANDING & CSR




Index Index Konsultan Internet Marketing - IMFocus