Sabtu, 18 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Hingga Kuartal III, SMF Telah Salurkan Dana KPR Hingga 68 Triliun Lebih

Posted by: 1790 viewer

PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) pada konferensi pers virtual (Kamis, 26/11) memaparkan pencapaian kinerja triwulan III tahun 2020. Hingga kuartal III tahun ini, tercatat SMF telah mengalirkan dana ke penyalur kredit pemilikan rumah (KPR) secara kumulatif mencapai Rp68,09 triliun.

Hingga Kuartal III, SMF Telah Salurkan Dana KPR Hingga 68 Triliun Lebih
Konferensi pers kinerja PT SMF pada Kamis (26/11/2020).

Jakarta, INFOBRAND.ID – PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) pada konferensi pers virtual (Kamis, 26/11) memaparkan pencapaian kinerja triwulan III tahun 2020. Hingga kuartal III tahun ini, tercatat SMF telah mengalirkan dana ke penyalur kredit pemilikan rumah (KPR) secara kumulatif mencapai Rp68,09 triliun.

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo mengatakan dana KPR yang telah disalurkan sebesar Rp68,09 triliun tersebut terdiri atas sekuritisasi Rp12,15 triliun, penyaluran pinjaman sebesar Rp55,83 triliun, dan pembelian KPR sebesar Rp106 miliar.

Sejak 2009 sampai dengan September 2020, SMF menginisiasi 13 kali penerbitan transaksi sekuritisasi baik dengan skema Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset (KIK EBA) dan EBA Surat Partisipasi (EBA-SP) dengan total nilai Rp12,155 triliun. Adapun 12 transaksi dilakukan bekerja sama dengan BTN dan satu transaksi dengan Bank Mandiri.

IKLAN INFOBRAND.ID

SMF juga aktif menerbitkan surat utang sejak 2009. Hingga 30 September 2020, SMF menerbitkan 44 kali surat utang termasuk surat berharga komersial dengan total nilai penerbitan Rp41,21 triliun yang terdiri dari 32 kali penerbitan obligasi dan sukuk dengan nilai Rp37,23 triliun, 11 penerbitan medium term note (MTN) dengan nilai Rp3,85 triliun dan satu kali penerbitan surat berharga komersial Rp120 miliar.

"Tahun 2020 ini SMF fokus mendukung pemerintah pada Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sektor perumahan," ungkap Ananta.

Adapun upaya tersebut yakni tetap konsisten menyalurkan dukungan pendanaan jangka panjang pada program Fasilitas Liukuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), relaksasi untuk pembiayaan bagi pemilik homestay melalui program kemitraan perseroan, sinergi dengan lembaga/institusi di bawah kementerian keuangan pada kegiatan sosial terhadap masyarakat yang terkena dampak Covid-19 serta melaksanakan penugasan-penugasan khusus dari Kementerian Keuangan.

Ananta juga menuturkan bahwa SMF telah mendapatkan perluasan mandat dari pemerintah dengan diterbitkannya Peraturan Pemerintah (PP) No. 57/2020 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah No. 5/2005 tentang Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia untuk Pendirian Perusahaan Perseroan (Persero) di Bidang Pembiayaan Sekunder Perumahan, dan Perpres No.100/2020 tentang Perubahan Ketiga Atas Perpres No. 19/2005 tentang Pembiayaan Sekunder Perumahan.

Melalui amanah baru tersebut, SMF dapat semakin mengoptimalkan perannya yang diimplementasikan melalui pemberian dukungan pembiayaan tidak hanya KPR siap huni tetapi juga dapat untuk kredit mikro perumahan dan KPR sewa beli sehingga semakin banyak masyarakat yang dapat terfasilitasi.

IKLAN INFOBRAND.ID

"Perluasan mandat juga dimaksudkan membuka peluang perseroan untuk mendukung pembiayaan pasokan perumahan melalui kredit konstruksi bekerjasama dengan lembaga penyalur pembiayaan perumahan," ujarnya.

Menurutnya, mandat baru tersebut dapat semakin memperkuat fungsi dan peran SMF dalam mendukung peningkatan kapasitas penyaluran pembiayaan perumahan yang berkesinambungan baik dari sisi supply dan demand. Hal itu sehingga akses masyarakat untuk mendapatkan hunian yang layak dan terjangkau dapat semakin terbuka lebar.

“Kami optimistis dengan adanya mandat baru tersebut, SMF dapat semakin mengoptimalkan perannya untuk mendukung bergeraknya industri perumahan nasional dalam rangka mendukung PEN di sektor perumahan. Industri perumahan dapat memberikan multiplier effect ke berbagai sektor lainnya,” ucapnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award

Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award
INFOBRAND.ID - Mie Sedaap raih Youth Choice Award sebagai Mie Instan Pilihan Gen Z di Jakarta Marketing Week 2024. Penghargaan ini diberikan kepada Mi...


BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth

BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth
INFOBRAND.ID, JAKARTA  – Yayasan Lions Indonesia (YLI) bersama dengan PT Bussan Auto Finance (BAF) kembali menggelar BAF Lions Run. Tahun i...


Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 

Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand produk perawatan kulit dan kecantikan Skintific meluncurkan produk dengan formula terbarunya yang dikhususkan untuk pemi...


Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan

Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Endress+Hauser Indonesia mendorong inovasi teknologi industri proses kontrol melalui forum sustainability recognition berta...