Senin, 20 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Hadapi Pandemi, INOAC Manfaatkan Medsos Perkuat Posisi Brand

Posted by: 2375 viewer

Hadapi Pandemi, INOAC Manfaatkan Medsos Perkuat Posisi Brand
INOAC masih mengandalkan offline store sebagai saluran penjualan.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Pancemi Covid0-19 telah berdampak terhadap hampir semua bisnis. Tak terkecuali bisnis produk home appliance atau perlengkapan rumah tangga. Seperti dialami oleh PT Inoac Polytechno Indonesia, produsen kasur busa terkemuka di Indonesia dengan brand INOAC, tahun 2020 ini menjadi tahun yang cukup sulit.

Fuziansyah Bachtar, President Director PT Inoac Polytechno Indonesia dalam wawancara dengan INFOBRAND.ID mengungkapkan, perkembangan bisnis perusahaan dalam tiga tahun terakhir, sejak tahun 2017 hingga 2019 tumbuh positif. Dimana di tahun 2017 terjadi kenaikan penjualan 26%, tahun berikutnya naik 18% di 2018, dan 6% di 2019.

“Tahun ini sebenarnya ancang-ancang tumbuh 10% tapi realisasinya minus 15%” ungkap Bachtar.

IKLAN INFOBRAND.ID

Untuk mencapai target pertumbuhan 10% tahun ini, lanjut Bahctar, perusahaan sudah menyiapkan sejumlah strategi, di antaranya menjalin kerja sama dengan distributor untuk memperluas penjualan dan dengan supplier bahan baku guna meningkatkan kapasitas produksi. Namun dengan situasi yang terjadi, perusahaan terpaksa harus merubah strategi, dengan lebih fokus memperkuat brand positioning produk INOAC melalui platform media sosial digital Facebook dan Instagram.

Menurut Bahtar, produk kasus busa INOAC telah dikenal dan diterima oleh masyarakat luas. Brand positioning sendiri dilakukan dengan inovasi untuk memberikan identitas yang khas agar produk INOAC susah untuk dipalsukan.

Perusahaan juga memanfaatkan media sosial untuk mengedukasi pasar agar masyarakat lebih tahu produk INOAC seperti apa. Sebelumnya kegiatan mengedukasi pasar dibarengi dengan program Corporate Social Responsibility (CSR), di mana dalam setiap kegiatan perusahaan akan menyediakan booth stand untuk show barang khusus agar masyarakat dapat mencoba produk kasu busa INOAC.

“(Dengan perkembangan teknologi digital) memang ada proyek akan menggunakan AI (Artificial Intelligence) untuk menjawab semua pertanyaan konsumen,” ungkap Bachtar.

Tidak hanya itu, perusahaan juga memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi produk INOAC. Tapi yang menjadi kendala dalam proses penjualannya, karena produk kasur busa berukuran besar dan konsumen memiliki perilaku ingin mencoba dulu sebelum membeli, penjualan secara online masih kurang maksimal.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Kebanyakan komentarnya mereka membeli di offline store, makanya kami punya flagship store di gandaria city. Tapi kendala juga mall pada tutup, tapi kalau melalui distributor tidak ada kendala dan kebanyakan datang ke official store,” beber Bachtar.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award

Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award
INFOBRAND.ID - Mie Sedaap raih Youth Choice Award sebagai Mie Instan Pilihan Gen Z di Jakarta Marketing Week 2024. Penghargaan ini diberikan kepada Mi...


BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth

BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth
INFOBRAND.ID, JAKARTA  – Yayasan Lions Indonesia (YLI) bersama dengan PT Bussan Auto Finance (BAF) kembali menggelar BAF Lions Run. Tahun i...


Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 

Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand produk perawatan kulit dan kecantikan Skintific meluncurkan produk dengan formula terbarunya yang dikhususkan untuk pemi...


Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan

Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Endress+Hauser Indonesia mendorong inovasi teknologi industri proses kontrol melalui forum sustainability recognition berta...