Jum'at, 26 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Green Nitrogen, Tetap Eksis dalam Hempasan Covid

Posted by: 1610 viewer

Bahwa, banyak bisnis terpuruk  tutup lantaran tak tahan gelombang panas pandemi Covid-19, adalah fakta tak terbantahkan. Namun Green Nitrogen memilih bertahan dengan menerapkan sejumlah strategi terobosan agar brand tetap eksis.

Green Nitrogen, Tetap Eksis dalam Hempasan Covid
Adang Wijaya, CEO PT Global Insight Utama Adang Wijaya (dua kiri) bersama bersama karyawan di salah satu outlet Enduro Express/Green Nitrogen. (Foto: Green Nitrogen)

JAKARTA - Untuk menjadi brand champion di tengah hempasan pandemi covid-19, Green Nitrogen berupaya menjaga eksistensinya, terutama di titik-titik potensial. Yup, Green Nitrogen (GN) memilih bertahan kendati kondisi demikian sulit di tengah badai pandemi covid-19 ini. Padahal, dua bulan pertama di masa pandemi 50% dari 700 outlet yang mereka miliki tutup. Sementara separuh sisanya yang buka, hanya mendapatkan pendapatan senilai 30% dari kondisi biasa.

Namun hal itu hanya berjalan dua bulan pertama. Setelah itu, mereka memutuskan untuk membuka sejumlah outlet yang mereka miliki secara bertahap, hingga sekarang semuanya sudah beroperasi secara nornal. Seluruh outlet yang ada, berhasil mengembalikan pemasukan 70-80% dari kondisi sebelum krisis. Sangat lumayan di tengah konisi sulit saat ini.

Kunci agar brand GN tetap eksis, menurut Adang Wijaya, CEO PT Global Insight Utama, ada beberapa langkah. Pertama, tetap memberi layanan yang memiliki added value atau benefit bagi konsumen. Kedua, memberikan layanan yang lebih inovatif. Dalam hal ini GN menawarkan layanan tambal ban panggilan, dan layanan lain yang dibutuhkan konsumen selama masa pandemi. Dan ketiga, layanan tersebut harus terus didorong agar dapat dirasakan terus oleh pelanggan sehingga mereka merasa Green Nitrogen selalu hadir d sekitar mereka.

IKLAN INFOBRAND.ID

Beberapa inovasi layanan GN yang lahir semasa pandemi ini antara lain pembersihan AC Kondensor, dan layanan cuci uap panas. Layanan ini telah dihadirkan sejak 5 tahun yang lalu, dan di masa pandemi covid, permintaannya meningkat drastis karena mampu membasmi virus bakteri dan bau tidak sedap, terutama di bagian interior. Selain itu, banyak juga pelanggan yang menginginkan mobilnya dipoles agar mengkilat, baik bodi maupun ban luarnya.

Layanan diversifikasi produk lain yang diluncurkan selama masa pandemi itu sadalah “Auto Medical Check up” yang sudah ada di 8 titik wilayah Jakarta dan Bekasi. Layanan tersebut meliputi check up kondisi mobil, tata udara, pelumas, mesin, radiator dan jamur kaca.

Bisnis baru ini sebenarnya sudah direncanakan bukasejak 2020 di perkantoran dan mal. Namun karena kedua venue tersebut banyak yang tutup, rencana tersebut akhirnya tertunda. Dengan layanan baru tersebut, saat ini GN memiliki layanan pengisian angin, tambal ban, layanan panggilan ban darurat, layanan pelumas, auto medical check up.

Berdiri sejak 2011, saat ini, Green Nitrogen memiliki outlet sekitar 700 yang tersebar di Sumatera, Makasar, Jawa, Bali, dan Lombok. Mei 2020 lalu, bertepatan dengan ulangtahun GN ke 9, mereka telah melakukan ekspansi bisnis di tengah suasana new normal dampak pandemi Covid-19.

Pertama adalah peluncuran aplikasi Sahabat Nitrogen, dan kedua Kartu Sahabat Nitrogen. Aplikasi Sahabat Nitrogen merupakan terobosan agar masyarakt tetap bisa mendapatkan layanan Green Nitrogen dari rumah. Aplikasi dilengkapi dengan fitur transaksi pembelian pulsa, listrik, tiker dan pembayaran tagihan. Sementara Kartu Sahabat Nittogen adalah kartu e-Money dari Bank Mandiri dan TapCash dari BNI Syariah.(***)

Nurur R Bintari

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Tahun Ini, CSR CIMB Niaga Fokus pada Perbaikan Gizi

Tahun Ini, CSR CIMB Niaga Fokus pada Perbaikan Gizi
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kegiatan corporate social responsibility (CSR) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) tahun ini akan fokus pada pengentasan gizi...


PT Timah Serahkan 3.000 Kakap ke Warga Sawang Laut

PT Timah Serahkan 3.000 Kakap ke Warga Sawang Laut
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Timah Tbk menyerahkan 3.000 ekor bibit kakap putih kepada warga Desa Sawang Laut Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau,...


Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus Buat Tenagai Laptop dengan AI

Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus Buat Tenagai Laptop dengan AI
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi Qualcomm secara resmi merilis dan mengumumkan chip terbaru mereka bernama Snapdrgon X Plus untuk berperfo...


Triwulan I 2024, BRI Salurkan Kredit UMKM Rp1.089,41 Triliun

Triwulan I 2024, BRI Salurkan Kredit UMKM Rp1.089,41 Triliun
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Wakil Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) Catur Budi Harto menyampaikan bahwa pembiayaan kredit untuk...