INFOBRAND.ID- Produk pelumas kendaraan yang beredar di pasar lokal, Evalube Lubricants termasuk salah satu yang populer. Produk oli lokal ini pun tak kalah dibandingkan produk impor.
Merek oli yang diproduksi oleh PT Wiraswasta Gemilang Indonesia (WGI) ini memiliki cakupan produk yang sangat lengkap, yang terbagi ke dalam dua segmen besar, yaitu retail automotive dan commercial industry. Segmen retail automotive terbagi lagi menjadi dua, yaitu pasar roda dua dan pasar roda empat. Dapat dikatakan, Evalube saat ini memiliki pangsa pasar terbesar di segmen roda dua.
Yomie Harlin, Direktur Komersial WGI, menjelaskan bahwa perusahaan berupaya membesarkan pasar yang saat ini dominan, yakni motor matik, juga backbone pada motor 2-tak. “Saat ini yang lebih dominan masih di 2-tak, tetapi yang menggembirakan, bisnis di 4-tak pertumbuhannya signifikan dari tahun ke tahun,” kata Yomie.
WGI memproyeksikan pertumbuhan pasar pelumas untuk motor 4-tak jauh di atas rata-rata pertumbuhan 2-tak untuk saat ini. “Kami melihat kebutuhan pelumas untuk motor 4-tak masih akan terus meningkat,” ujarnya.
Pihaknya telah mengidentifikasi konsumen potensial di seluruh wilayah distribusinya, yang tersebar dari Aceh hingga Ambon. Selain itu, Evalube juga terus mengembangkan area-area distribusi baru yang ditargetkan hingga Papua.
Yomie menyampaikan, strategi fundamental yang saat ini dilakukan ialah mendorong konsumen untuk mau mencoba menggunakan Evalube. “Setelah menggunakan produk Evalube, mereka dapat membuktikan bahwa pelumas Evalube cocok untuk digunakan di wilayah Indonesia dengan kondisi geografis dan temperaturnya,” katanya.
Untuk menjaga kepuasan dan loyalitas pelanggan, Evalube memiliki tiga pendekatan. Pertama, menjaga brand awareness ke konsumen ataupun toko/bengkel yang menjadi mitranya.
Kedua, memberikan solusi untuk pola konsumsi konsumen yang menghadapi pelemahan ekonomi yang terpaksa harus menunda penggantian pelumas. Ketiga, memahami mobilitas yang tinggi, terutama di daerah perkotaan.
“Tiga aspek ini yang penting bagi Evalube, yakni bagaimana bisa menjawab seluruh kebutuhan tersebut dengan produk berkualitas, harga yang terjangkau, dan tersedia di banyak lokasi,” kata Yomie.
Dalam hal strategi pemasaran, Evalube selalu menggunakan kanal media yang terintegrasi secara efektif, baik untuk membangun awareness maupun engagement. Yomie menyebutkan, pihaknya melakukan kombinasi aktivitas online dan offline dalam menyampaikan pesan dan berinteraksi dengan konsumen. Selain itu, juga melakukan berbagai kegiatan co-creation dengan berkolaborasi, baik dengan komunitas, bengkel, maupun pihak lain.
Menurut Yomie, WGI secara agresif terus berkampanye melalui platform digital, menggunakan aset digital Evalube dan platform komunitas dalam menjalankan community marketing yang telah menjadi bagian penting dari pengembangan merek Evalube.
“Kami confident akan tetap mendapatkan loyalitas dari konsumen,” ujar Yomie. “WGI juga berupaya terus menggaet konsumen-konsumen baru dengan value yang ditanamkan pada produk-produk Evalube,” ia menambahkan.