Ahad, 19 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Begini Cara Efektif Mengelola Komunikasi Internal Perusahaan

Posted by: 1694 viewer

Begini Cara Efektif Mengelola Komunikasi Internal Perusahaan
Ilustrasi mengelola komunikasi internal perusahaan/Istimewa

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Tujuan komunikasi internal tidak hanya untuk membuat karyawan tetap terhubung satu sama lain, tetapi mampu menciptakan pemahaman bersama tentang tujuan, nilai-nilai, serta pedoman suatu perusahaan.  

Dengan kata lain, komunikasi internal sangat penting untuk menjaga agar karyawan tetap mengetahui informasi terkini mengenai inisiatif terbaru perusahaan, membangun suara otoritas, dan kepercayaan dalam memerangi rumor. 

"Komunikasi internal juga sebagai fasilitator komunikasi yang efisien dan jelas di antara departemen yang berbeda," kata Head of Corporate Public Relations Indofood Sukses Makmur Nurulita Novi Arlaida beberapa waktu yang lalu.

IKLAN INFOBRAND.ID

Komunikasi internal juga berfungsi untuk menjaga karyawan agar tetap fokus dan berkolaborasi untuk mencapai tujuan yang telah dicanangkan perusahaan. 

Selain itu, komunikasi internal juga mampu membuat karyawan merasa diakui atau dihargai, sehingga mendorong mereka untuk lebih termotivasi dan tertarik dengan pekerjaan yang mereka lakoni sekarang ini. 

Beberapa ahli bahkan menyebutkan, terdapat hubungan positif antara komunikasi internal dengan efektivitas sebuah organisasi karena melalui komunikasi internal budaya kerja sebuah perusahaan dapat terbangun. 

Nah, lantas bagaimana membuat komunikasi internal yang efektif, berikut caranya.

1. Menetapkan Tujuan
Saat menentukan tujuan, sebaiknya menggunakan metode SMART (specific, measurable, achievable, relevant, and timely). Pastikan tujuannya spesifik, bisa diukur, dan seterusnya. 

IKLAN INFOBRAND.ID

2. Melakukan Asesmen Target Audiens
Target audiens diinginkan harus jelas, misalkan ditujukan khusus kepada manajemen, karyawan di daerah atau level tertentu, dengan begitu maka proses asesmen dapat berjalan dengan baik. 

3. Uji Rencana Komunikasi
Sebelum melangkah jauh, baiknya lakukan uji rencana komunikasi internal yang akan dibangun, mulai dari inisiatif program, pesan kunci yang akan disampaikan, materi komunikasi, tim yang bergerak, kanal komunikasi yang tepat, hingga biaya yang dibutuhkan. 

4. Buat Pengukuran Rencana
Dalam hal ini seorang PR perlu menetapkan key performance indicator untuk mengevaluasi program yang diusungnya, termasuk mengenai komunikasi internal.

5. Pastikan Kejelasan Informasi
Untuk membuat komunikasi internal yang efektif pastikan informasi yang ingin kita sampaikan menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami, dikomunikasikan secara terbuka dan objektif, serta adanya komunikasi dua arah.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award

Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award
INFOBRAND.ID - Mie Sedaap raih Youth Choice Award sebagai Mie Instan Pilihan Gen Z di Jakarta Marketing Week 2024. Penghargaan ini diberikan kepada Mi...


BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth

BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth
INFOBRAND.ID, JAKARTA  – Yayasan Lions Indonesia (YLI) bersama dengan PT Bussan Auto Finance (BAF) kembali menggelar BAF Lions Run. Tahun i...


Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 

Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand produk perawatan kulit dan kecantikan Skintific meluncurkan produk dengan formula terbarunya yang dikhususkan untuk pemi...


Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan

Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Endress+Hauser Indonesia mendorong inovasi teknologi industri proses kontrol melalui forum sustainability recognition berta...