Senin, 20 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Coldplay Konser di Indonesia, Pemerintah Sosialisasikan Music and Art Visa

Posted by: 421 viewer

Coldplay Konser di Indonesia, Pemerintah Sosialisasikan Music and Art Visa
Ilustrasi: Coldplay_Live_Singapore

INFOBRAND.ID-Kedatangan Coldplay dengan menggelar konser di Indonesia dimanfaatkan pemerintah Indonesia untuk menyosialisasikan jenis visa baru di Indonesia. Grup musik asal Inggris itu dapat merasakan kemudahan music and art visa pasca diluncurkan pada September 2023 lalu.

Dituturkan Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim, “Pemerintah berupaya menjadikan Indonesia sebagai negara destinasi kegiatan atau event internasional yang diperhitungkan. Untuk itu, Direktorat Jenderal Imigrasi mengeluarkan kebijakan music and art visa, dengan persyaratan yang ringkas dan pengajuannya juga sangat mudah, yakni dilakukan secara online.”

Kini, artis internasional yang akan menggelar konser musik di Indonesia tidak perlu lagi melampirkan izin tenaga kerja, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), hingga surat keterangan berpengalaman kerja minimal lima tahun. Silmy menjelaskan, penyederhanaan persyaratan untuk artis mancanegara dilakukan karena mereka hanya beraktivitas dalam waktu singkat di Indonesia.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Pekerjaan yang dilakukan oleh grup band atau penyanyi mancanegara di Indonesia juga tidak memberikan efek persaingan kepada tenaga kerja lokal. Selain itu, SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) tidak ada di luar negeri, sehingga jika dipersyaratkan akan menjadi hal yang tidak lazim. Permohonan music and art visa dapat dilakukan langsung oleh pihak penyelenggara acara atau promotor melalui website evisa.imigrasi.go.id,” paparnya.

Secara rinci, music and art visa yang diterbitkan untuk Coldplay dan krunya terdiri dari empat music performer visa (indeks C7A) serta 158 music performer’s crew visa (indeks C7B). “Kita dukung Indonesia agar menjadi negara destinasi wisata musik dan seni. Indonesia punya banyak spot wisata yang alamnya indah dan budayanya sangat unik. Jika semakin banyak orang (Warga Negara Asing) datang ke sini untuk nonton konser musik, kita membuka peluang bagi mereka untuk mengeksplorasi sisi-sisi menarik Indonesia yang lain, sehingga mendatangkan devisa. Selain itu, dari sisi WNI (Warga Negara Indonesia) juga tak perlu ke luar negeri untuk nonton konser,” tutup Silmy.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Wuling Air EV, Mobil Listrik Favorit Gen Z

Wuling Air EV, Mobil Listrik Favorit Gen Z
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Salah satu mobil listri andalan Wuling, yakni Air EV menjadi mobil listrik favorit generasi Z dan berhasil meraih penghargaan...


Gandeng Rawtype Riot, BFGoodrich Luncurkan Koleksi Fesyen Otomotif

Gandeng Rawtype Riot, BFGoodrich Luncurkan Koleksi Fesyen Otomotif
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen ban global untuk lini on-road dan off-road, BFGoodrich Indonesia baru-baru ini meluncurkan kolaborasi dengan brand fe...


Kolaborasi, Pelindo-Askrindo Jalankan Program TJSL di Raja Ampat

Kolaborasi, Pelindo-Askrindo Jalankan Program TJSL di Raja Ampat
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo berkolaborasi dengan PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo mengimplementasi...


Ini Keunggulan Headset Arctis Nova 5 dari Steelseriese

Ini Keunggulan Headset Arctis Nova 5 dari Steelseriese
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Steelseriese meluncurkan seri headset Arctis Nova 5 dan aplikasi pendamping Nova 5, headset ini menawarkan fitur 100 preset au...