Kamis, 02 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Tahun Ini Transaksi E-Commerce Indonesia Diprediksi Bisa Tembus Rp700 Triliun

Posted by: 1097 viewer

Tahun Ini Transaksi E-Commerce Indonesia Diprediksi Bisa Tembus Rp700 Triliun
E-commerce.

INFOBRAND.ID - E-commerce masih jadi penopang ekonomi Indonesia pada 2023, di saat ekonomi global masih dibayangi ancaman resesi. Transaksi e-commerce Indonesia diprediksi bisa tembus Rp700 triliun.

Demikian diungkapkan Rudiantara, Ketua Dewan Pembina Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA), menyusul masih besarnya dominasi sektor tersebut terhadap pertumbuhan ekonomi digital nasional. Dikatakan, lebih dari setengah ekonomi digital kita ini berasal dari e-commerce sebetulnya.

Bahkan tahun 2023 ini diperkirakan [transaksi] e-commerce bisa mencapai Rp600 triliun-Rp700 triliun, itu untuk semua jenis e-commerce. Data tersebut berdasarkan proyeksi transaksi e-commerce yang diungkap Bank Indonesia (BI) pada November 2022 di mana transaksi e-commerce diperkirakan bisa mencapai Rp572 triliun.

IKLAN INFOBRAND.ID

Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika itu juga mengungkapkan meski kondisi ekonomi global tengah diselimuti awan resesi, situasi di Indonesia justru sebaliknya. Hal itu lantaran ekonomi Indonesia ditopang oleh konsumsi domestik yang diyakini masih akan tetap tumbuh di tengah situasi global yang gelap.

Aktivitas ekonomi yang masih tetap tumbuh itu, juga jadi peluang emas bagi e-commerce. Sebab e-commerce saat ini menjadi cara orang beli sesuatu dengan cara yang lebih efisien. Artinya nilai produknya sama saja, tapi lebih efisien karena tidak perlu ke toko, tidak sewa toko, bahkan produsen bisa kirim langsung ke pembeli sehingga harganya jadi lebih murah.

Rudiantara menilai keberadaan e-commerce tidak hanya memberi opsi efisiensi tetapi juga variasi yang lebih luas atas produk yang ditawarkan. Dia juga menyebut saat ini banyak orang yang menggunakan e-commerce untuk membeli kebutuhan pokok seperti bahan makanan, tidak lagi barang-barang yang sifatnya konsumtif semata.

"Jadi memang secara makro ekonomi Indonesia tetap akan tumbuh dan ini akan berdampak positif kepada e-commerce karena ekonomi Indonesia di-drive (didukung) oleh konsumsi domestik," katanya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group

Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Danone Indonesia meraih tiga penghargaan pada ajang The 16th Annual Global CSR & ESG Summit & Awards yang diselenggara...


Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID

Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Seiring gaya hidup sehat saat ini, mengonsumsi multivitamin atau suplemen makanan diperlukan guna mencukupi kebutuhan vi...


OCTO Clicks CIMB Niaga Syariah Peroleh Top Innovation Choice Award 2024

OCTO Clicks CIMB Niaga Syariah Peroleh Top Innovation Choice Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Tingginya minat masyarakat Indonesia untuk menunaikan rukun Islam yang kelima yakni beribadah haji ke Mekkah begitu tinggi, me...


Inovasi Layar Lengkung, ITEL S23 Sabet Penghargaan Top Innovation Choice Award 2024

Inovasi Layar Lengkung, ITEL S23 Sabet Penghargaan Top Innovation Choice Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di tengah persaingan smartphone yang semakin sengit, produsen dituntut untuk terus menghadirkan produk inovatif agar dapat mer...