Sabtu, 04 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Sunlight dan Tokopedia Hadirkan “Festival Foodpreneur Bersinar”

Posted by: 1441 viewer

Sunlight dan Tokopedia Hadirkan “Festival Foodpreneur Bersinar”
Sunlight Festival Foodpreneur Bersinar

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Merujuk data dari Badan Pusat Statistik, lebih dari 60 persen atau sekitar 37 juta UMKM Indonesia dimiliki dan dikelola oleh perempuan, di mana sekitar 10 juta UMKM bergerak di bisnis kuliner.

Oleh karena itu, Unilever Indonesia, melalui merek pencuci piring Sunlight, menggelar Festival Foodpreneur Bersinar. Festival yang menjangkau hampir 25.000 pengusaha UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di sektor kuliner ini digelar atas kolaborasi Sunlight bersama dengan Tokopedia.

Objektif dari program ini adalah untuk menginspirasi dan mengoptimalkan potensi perempuan Indonesia untuk menjadi pengusaha kuliner yang handal dan berdaya. Dalam program ini, para UMKM kuliner ini tidak hanya diberikan wadah untuk berjualan dan mempromosikan produknya, tetapi mereka juga dibekali serangkaian edukasi yang berguna dalam mengembangkan usaha kulinernya. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Rangkaian program Festival Foodpreneur Bersinar berlangsung sejak Juli 2021, di mana semua pelaku UMKM kuliner di Tokopedia diundang untuk mengikuti acara ini. Selanjutnya, pada Agustus dihadirkan rangkaian kelas edukasi dan pengembangan bisnis.

Puncak acara ini adalah Festival Foodpreneur Bersinar yang berlangsung selama bulan September di Tokopedia Nyam. Sebanyak 25.000 UMKM yang turut serta dalam festival ini akan dibekali serangkaian akses pengetahuan mengenai pengembangan bisnis kuliner, mulai dari kelas food photography hingga tips dan trik berjualan makanan.

Diungkapkan Anggya Kumala, Head of Dishwash Category Unilever Indonesia,  “Sunlight, sebagai brand yang telah menjadi bagian dari keseharian perempuan Indonesia sejak puluhan tahun lalu, percaya bahwa perempuan menyimpan potensi yang luar biasa. Namun, seringkali potensi tersebut belum tergali, karena banyaknya pekerjaan rumah tangga yang kerap menyita waktu mereka.” 

Oleh karena itu, diakuinya, Sunlight secara konsisten menjalankan purpose atau tujuan mulia dalam menginspirasi dan mendorong perempuan Indonesia untuk selalu bisa lebih dengan mendorong mereka mengembangkan potensi diri menjadi pengusaha kuliner.  

Tahun ini, bukan kali pertama Sunlight mendukung perempuan Indonesia untuk bisa lebih berdaya melalui usaha kuliner. “Sunlight berkomitmen untuk menjangkau 5 juta perempuan hingga tahun 2022 mendatang melalui kegiatan edukatif yang mendorong potensi mereka menjadi pengusaha kuliner. Program Festival Foodpreneur Bersinar ini merupakan wujud nyata dari komitmen Sunlight serta merupakan kelanjutan dari serangkaian upaya pemberdayaan perempuan yang telah secara konsisten dilakukan Sunlight sejak lama,” ia menjelaskan.

IKLAN INFOBRAND.ID

Bekerja sama dengan Amartha, Sunlight juga akan meningkatkan kompetensi kewirausahaan para UMKM perempuan di bidang kuliner melalui pendampingan program digitalisasi. Selain itu, hampir 4.000 UMKM kuliner dalam Tokopedia Nyam akan dipromosikan secara khusus selama Festival Foodpreneur Bersinar berlangsung, sehingga diharapkan lebih banyak lagi masyarakat yang mengenal dan menikmati produk kuliner mereka.

Ditambahkan Head of Category Development (FMCG) Tokopedia Pranidhana Mahardhika, “Kolaborasi antara Tokopedia dengan Sunlight melalui program Festival Foodpreneur Bersinar sejalan dengan komitmen kami untuk mengakselerasi adopsi platform digital bagi sebanyak-banyaknya pegiat usaha, termasuk perempuan pegiat UMKM lokal dari industri kuliner, terutama di tengah pandemi. Tokopedia selalu percaya bahwa penjual yang memiliki kanal digital dinilai lebih tangguh menghadapi pandemi, karena mereka terbukti berhasil mempertahankan kelangsungan bisnis dan memastikan lapangan pekerjaan tetap terjaga.”

Selain menghadirkan program Festival Foodpreneur Bersinar, Sunlight dan Tokopedia juga meluncurkan Sunlight edisi khusus ‘Bangga UMKM’. Desain produk yang dihadirkan terinspirasi dari berbagai kuliner nusantara, dan edisi khusus ini akan tersedia pada akhir bulan September 2021. 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G

Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Infinix kembali memanjakan penggemarnya dengan merilis dua ponsel anyarnya yaitu Infinix Note 40 Pro 5G dan Note 40 Pro+ 5G se...


Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia

Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen otomotif asal Prancis, Peugeot, secara resmi menghentikan penjualan mobil barunya di Indonesia sejak Kamis 2 Mei 2024...


Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 

Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Xiaomi Indonesia menawarkan tablet anyar Xiaomi Pad 6S Pro, yang memiliki layar 12,4 inci dan menggunakan sistem operasi Hyper...


Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 

Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand ponsel asal China, vivo, meluncurkan ponsel pintar baru berdesain ramping vivo V30e dengan harga mulai dari Rp4,6 jutaan...