JAKARTA - Tren kendaraan roda dua di pasar otomotif Indonesia saat ini bisa dibilang telah bergeser dari yang semula berjenis bebek menjadi matik. Perubahan tren tersebut kemudian ikut mendorong terjadinya inovasi dan pengembangan mesin motor agar semakin optimal.
Sebagai contoh bisa dilihat pada pemakaian busi tipe NGK LMAR8A-9 yang digunakan pada motor Yamaha XMAX dan Honda Forza, yang memiliki fitur yang cukup berbeda dari busi motor pada umumnya. Busi ini fitur yang disebut dengan Long Reach, yaitu penggunaan ulir busi sepanjang 26,5mm.
Diko Oktaviano, Technical Support PT NGK Busi Indonesia, dalam peluncuran bulan Juni 2020 lalu mengungkapkan, saat ini, busi memiliki fitur-fitur yang didesain khusus dengan spesifikasi yang berbeda untuk masing-masing kendaraan. Fitur tersebut diciptakan antara lain karena kebutuhan setiap mesin dan kendaraan terkadang berbeda-beda, tergantung dengan keinginan dari masing-masing pabrikan terlebih di masa sekarang ini di mana terjadi perubahan tren popularitas motor bebek ke motor metik.
Diko menambahkan bahwa penggunaan ulir yang cukup panjang tersebut agar dapat meningkatkan efisiensi sistem pendingin yang lebih besar dengan tujuan menaikkan kemampuan kompresi, dan ruang bakar dan sudut katup yang lebih kecil menghasilkan efisiensi yang tinggi. Selain itu, jalur pendinginan lebih lebar untuk mencegah knocking dan Lubang busi yang lebih kecil menjadikan desain mesin lebih fleksibel.
Lebih lanjut Diko mengatakan, tak hanya kedua motor metik di atas, pada motor Honda PCX dan ADV pun businya memiliki fitur khusus yang cukup berbeda dari motor matic lainnya. Busi NGK MR8K-9 yang disematkan pada kedua motor itu dibekali fitur dan material baru pada elektroda pusatnya sehingga memiliki sifat anti-spark erosion dan anti-oxidation agar busi tersebut dapat memiliki performa pengapian maksimal dengan masa pakai lebih panjang.
Berdasarkan penjabaran fitur spesifik untuk masing-masing motor itu berbeda-beda, tak heran apabila NGK Busi Indonesia mengingatkan akan pentingnya penggunaan part number busi yang sesuai dengan kendaraan agar para pemakai dapat merasakan performa dan efisiensi paling optimal.