Sabtu, 04 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Pengaplikasian Business Case 3M dalam Investasi Pengembangan Generasi Muda & Bidang STEM

Posted by: 1263 viewer

Pengaplikasian Business Case 3M dalam Investasi Pengembangan Generasi Muda & Bidang STEM
Pengaplikasian Business Case 3M

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Pandemi COVID-19 semakin menyadarkan kita akan pentingnya STEM, Sains, Teknologi, Teknik, Seni dan Matematika lebih dari sebelumnya. Mulai dari cepatnya pengembangan vaksin COVID-19 hingga teknologi terbaru, STEM telah membantu kita mengatasi berbagai tantangan yang muncul sebagai akibat dari pandemi global.

Berdasarkan hasil survei persepsi sains global yang dilakukan 3M atau State of Science Index (SOSI) 2021, sebanyak 91% responden yang tinggal di wilayah Asia-Pasifik (APAC) setuju bahwa dunia membutuhkan lebih banyak orang yang berkarir di bidang STEM, angka ini berbanding tipis dengan presentase dunia yakni 90%.

Untuk menjawab hal ini, LSM di seluruh dunia telah mendistribusikan materi edukasi gratis serta melakukan pengajaran daring untuk para pelajar yang terkena dampak pandemi. Salah satunya United Nations Environment Program (UNEP) dan TED-Ed yang meluncurkan program edukasi selama 30 hari dengan berfokus pada lingkungan. Program Pendidikan ini disebut sebagai “Earth School” dimana para pelajar, orang tua, serta guru diberikan sumber daya berupa materi dalam bentuk video, bahan bacaan, hingga berbagai kegiatan edukasi lainnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Selain untuk meningkatkan kualitas hidup, business case juga memberdayakan generasi berikutnya untuk menjadi generasi pemikir, pemimpin, dan kreatif. Banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh bisnis, mulai dari investasi rasio R&D yang lebih baik, hingga produk-produk yang disruptif.

Meski begitu, beberapa waktu belakangan banyak negara mengalami kekurangan talenta di bidang STEM. Hal ini dapat menimbulkan tantangan bagi bisnis terutama bisnis di bidang STEM.

Kementerian Riset dan Teknologi Indonesia baru-baru ini melaporkan kurangnya peneliti dan insinyur di dalam negeri. Dengan 2.500 insinyur dan 7.400 peneliti per satu juta orang, Indonesia menjadi salah satu negara dengan rasio peneliti per satu juta penduduk terendah di kawasan ASEAN.

Untungnya, tren ini berubah. Dalam sebuah studi 3M sebelumnya, ditemukan bahwa 2/3 masyarakat di Kawasan Asia-Pasifik (APAC) atau sekitar 66% responden terinspirasi untuk meniti karir di bidang STEM. Angka ini lebih tinggi ketimbang rata-rata global dengan yaitu sebesar 60%. Selain itu, 63% masyarakat di Asia-Pasifik juga percaya bahwa selama pandemi, ilmuwan dan tenaga kesehatan menginspirasi generasi baru untuk mengejar karir di sektor STEM di masa depan. Angka ini berbanding tipis dengan rata-rata responden global yakni 62%.

Oleh karena itu, pelaku bisnis perlu memanfaatkan popularitas STEM ini dan mulai mengambil langkah untuk mendorong lebih banyak generasi muda mengejar pendidikan serta berkarier di bidang ini.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G

Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Infinix kembali memanjakan penggemarnya dengan merilis dua ponsel anyarnya yaitu Infinix Note 40 Pro 5G dan Note 40 Pro+ 5G se...


Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia

Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen otomotif asal Prancis, Peugeot, secara resmi menghentikan penjualan mobil barunya di Indonesia sejak Kamis 2 Mei 2024...


Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 

Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Xiaomi Indonesia menawarkan tablet anyar Xiaomi Pad 6S Pro, yang memiliki layar 12,4 inci dan menggunakan sistem operasi Hyper...


Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 

Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand ponsel asal China, vivo, meluncurkan ponsel pintar baru berdesain ramping vivo V30e dengan harga mulai dari Rp4,6 jutaan...