Jum'at, 03 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Pandemi Covid-19 : Perbanyak Rewards, Biar Pelanggan Balik Lagi

Posted by: 1313 viewer

Pandemi Covid-19 : Perbanyak Rewards, Biar Pelanggan Balik Lagi
Ilustrasi Aplikasi OttoPoint

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Berdasarkan survei Nielsen sebanyak 30% responden memilih untuk lebih sering berbelanja online saat pandemi. Mereka mengikuti kebijakan pemerintah untuk mengurangi mobilitas di luar rumah. Hal ini secara tidak langsung membuat para konsumen menjadi lebih selektif untuk mencari penawaran terbaik dari barang-barang yang dijual di beragam toko online.

Persaingan harga di marketplace saat ini bisa dibilang cukup tinggi. Pembeli tidak lagi harus bersusah payah membandingkan dari toko fisik satu ke yang lain dengan datang langsung. Mereka bisa memasukkan keyword barang yang ingin mereka beli dan muncul beragam opsi barang dari beragam toko online.

“Pas belanja online, aku pastinya bakal cek dulu harga-harganya sih. Soalnya makin gampang, bahkan sampe pusing milihnya,” ujar Annisa Andarini, pembeli online yang saat ini bekerja penuh dari rumah.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dampak pandemic tentunya juga berdampak bagi pelaku bisnis online, tak sedikit juga yang akhirnya gulung tikar karena rugi akan pelanggan yang semakin sedikit. Mau tidak mau untuk terus bertahan di dunia bisnis online, mereka harus memberikan rewards kepada pembelinya. Bisa dalam bentuk poin, cashback, voucher, stamp, potongan harga, dan lain-lain. Rewards ini selain membuat pembeli lebih hemat dalam berbelanja, mereka juga akan lebih senang dan ‘setia’. Data terkait dari Mckinsey&Co menyebutkan bahwa pembeli online yang loyal cenderung bertransaksi dua kali lebih banyak.

Yang lebih menarik, ternyata rewards ini bukan hanya diberikan oleh pengelola toko online, tetapi juga dari penyedia e-wallet. Hal ini tidak lepas dari kemudahan penggunaan yang ditawarkan e-wallet saat berbelanja online, sehingga penggunanya naik sejalan dengan konsumen dari online shopping.

“Saat ini kami juga memiliki salah satu mitra yang bergerak di industri dompet digital. Setelah mereka menjalankan sistem reward OttoPoint di aplikasi mereka, transaksi pengguna semakin meningkat. Rata-rata mitra kami telah berhasil menaikkan frekuensi transaksi sebanyak 25 persen dan volume transaksi 35 persen dalam waktu kurang lebih tiga bulan,” ucap James Hamdani selaku CEO OttoPoint, perusahaan penyedia program loyalitas.

Program rewards apapun sebaiknya berorientasi jangka panjang. Jadi tidak terlihat ‘manis’ di depan dengan menghasilkan transaksi tinggi, tetapi ternyata berbiaya tinggi dan tidak bisa berkelanjutan. Coalition loyalty program bisa jadi cara untuk memenangkan persaingan.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 

Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Xiaomi Indonesia menawarkan tablet anyar Xiaomi Pad 6S Pro, yang memiliki layar 12,4 inci dan menggunakan sistem operasi Hyper...


Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 

Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand ponsel asal China, vivo, meluncurkan ponsel pintar baru berdesain ramping vivo V30e dengan harga mulai dari Rp4,6 jutaan...


Begini Alasan HEV Toyota Lebih Diminati Ketimbang EV 

Begini Alasan HEV Toyota Lebih Diminati Ketimbang EV 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto mengatakan masyarakat masih memilih mobil hybrid karena irit...


Chery Luncurkan Aplikasi agar Pengguna Selalu Terhubung dengan OMODA E5

Chery Luncurkan Aplikasi agar Pengguna Selalu Terhubung dengan OMODA E5
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Chery meluncurkan aplikasi yang dapat terhubung dengan mobil listriknya OMODA E5, yakni Car Link O, pada gelaran otomotif Peri...