Jum'at, 03 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Optimisme Bisnis Jasa Kurir di Masa Pandemi

Posted by: 13507 viewer

Optimisme Bisnis Jasa Kurir di Masa Pandemi
Beberapa bisnis jasa kurir yang ada di Indonesia

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Bisnis jasa kurir masih tetap bertahan di tengah merebaknya wabah COVID-19 di Indonesia. Terlebih sejak pemerintah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sebagian besar wilayah Indonesia beberapa waktu lalu, tentunya hal ini turut mempengaruhi permintaan jasa kurir untuk mengantarkan barang sampai ke pelanggan tepat waktu.

Pasalnya selama pandemi, kegiatan belanja online boleh dibilang meningkat cukup drastis. Imbasnya, bisnis jasa kurir atau kirim barang pun ikut terkerek. Hal ini yang dirasakan oleh beberapa perusahaan jasa kurir di Indonesia.

Berdasarkan hasil penelusuran Redaksi melalui digital, JNE masih menjadi primadona di bisnis jasa kurir. Dimana setiap bulannya lebih dari 1,2 juta orang (47,8%) telah mencari merek ini secara langsung di internet. Kemudian disusul SiCepat dengan 550 ribu pencarian (21,5%), lalu J&T 368 ribu (14,4%), Pos Indonesia 246 ribu (9,6%) dan TIKI 165 ribu (6,4%).

IKLAN INFOBRAND.ID

Sementara jika dilihat berdasarkan wilayahnya (periode Maret hingga Juni 2020-red), jasa kurir JNE sangat mendominasi di wilayah Papua Barat dengan persentase mencapai 72%. Sementara J&T di wilayah Kalimantan Tengah 35%, SiCepat di wilayah DKI Jakarta 13%, serta TIKI dan Pos Indonesia di wilayah Maluku dengan masing-masing persentase 8% dan 6%.

Volume pengiriman paket sebagian besar masih sangat dipengaruhi oleh penjualan e-commerce. Kontribusi e-commerce seperti yang dilansir dari Katadata.co.id sebesar 60% sampai 70%. Rata-rata mereka beralih ke media e-commerce untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari demi mematuhi anjuran pemerintah untuk melakukan physical distancing dan social distancing.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital

GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital
INFOBRAND. ID, JAKARTA – Retail Media Network (RMN) dipercaya akan menjadi cara baru bagi para pengiklan untuk menjangkau konsumen. Ekosistem in...


Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner

Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner
INFOBRAND.ID-Spartan Race, penyelenggara Pertandingan Halang Rintang yang didukung PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk, akan menyelenggarakan a...


Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group

Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Danone Indonesia meraih tiga penghargaan pada ajang The 16th Annual Global CSR & ESG Summit & Awards yang diselenggara...


Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID

Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Seiring gaya hidup sehat saat ini, mengonsumsi multivitamin atau suplemen makanan diperlukan guna mencukupi kebutuhan vi...