Senin, 24 Juni 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Microsoft: 92 Persen Karyawan Kantoran di Indonesia Sudah Gunakan AI

Posted by: 277 viewer

Microsoft: 92 Persen Karyawan Kantoran di Indonesia Sudah Gunakan AI
Ilustrasi AI/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi global Microsoft menyampaikan bahwa menurut hasil survei sekitar 92 persen karyawan kantoran di Indonesia telah menggunakan kecerdasan artifisial (Artificial Intelligence/AI) generatif di tempat kerja.

Presiden Direktur Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir menyatakan, berdasarkan temuan Microsoft, terungkap persentase knowledge workers, yaitu karyawan kantoran, termasuk yang bekerja secara remote, yang menggunakan generative AI sangat tinggi. 

"Persentase pemimpin perusahaan di Indonesia yang merasa perlu mengadopsi AI lebih tinggi dibandingkan data Asia Pasifik dan global," kata dia.

IKLAN INFOBRAND.ID

Menurutnya lagi, berdasarkan hasil survei Microsoft bersama jaringan profesional dan pelaku industri global LinkedIn bertajuk Work Trend Index 2024, yang memuat data penggunaan AI dalam dunia kerja, para karyawan tertarik  mengadopsi AI di tempat kerja.

Sementara itu, berdasarkan laporan Work Trend Index 2024, sebanyak 92 persen pekerja kantoran yang disebut knowledge workers di Indonesia sudah menggunakan AI generatif di tempat kerja dan angka itu lebih tinggi dibandingkan angka global (75 persen) dan Asia Pasifik (83 persen).

Sebanyak 92 persen pemimpin perusahaan di Indonesia berdasarkan survei percaya akan pentingnya adopsi AI untuk menjaga keunggulan kompetitif perusahaan. Angka ini lebih tinggi dibandingkan angka global (79 persen) dan Asia Pasifik (84 persen).

Work Trend Index 2024 juga mengungkapkan, para karyawan menilai AI dapat meningkatkan standar dan membuka peluang karier. Penilaian tersebut beralasan mengingat hasil survei menunjukkan 69 persen pemimpin perusahaan menyatakan tidak akan merekrut seseorang tanpa keterampilan AI.

Bahkan, sebanyak 76 persen pemimpin perusahaan menurut hasil survei cenderung akan merekrut kandidat dengan pengalaman kerja lebih sedikit tetapi andal menggunakan AI ketimbang kandidat berpengalaman tanpa kemampuan AI.

IKLAN INFOBRAND.ID

Hasil survei Work Trend Index 2024 juga menunjukkan munculnya fenomena AI Power Users di antara pengguna AI.

Pengguna AI terdiri atas pengguna skeptis yang jarang menggunakan AI, pengguna pemula dan penjelajah yang sedikit lebih sering menggunakan AI, serta power user yang menggunakannya secara ekstensif untuk berbagai keperluan.

"Hasil survei yang melibatkan 31.000 karyawan tersebut mencerminkan kuatnya minat untuk memanfaatkan AI guna menghasilkan dampak bisnis, serta menandakan potensi munculnya budaya baru dalam sektor ketenagakerjaan," pungkasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Chicking Indonesia Tawarkan Sensasi Makanan Khas Timur Tengah

Chicking Indonesia Tawarkan Sensasi Makanan Khas Timur Tengah
INFOBRAND.ID-Chicking, restoran asal Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) yang menawarkan menu makanan khas Timur Tengah. Chicking menyajikan hidangan kh...


Ayam Goreng Fatmawati di Makassar Rebranding Jadi Lokarasa

Ayam Goreng Fatmawati di Makassar Rebranding Jadi Lokarasa
INFOBRAND.ID-Rebranding memang bukanlah menjadi hal yang asing bagi perusahaan. Langkah ini menjadi salah satu bagian dari strategi bisnis. Banyak ala...


Kisah Inspiratif Ayam Penyet Ria, Usaha Sederhana Sukses Go Global

Kisah Inspiratif Ayam Penyet Ria, Usaha Sederhana Sukses Go Global
INFOBRAND.ID-Di masa Pandemi Covid-19 berkepanjangan membawa banyak dampak dan perubahan signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat. Tak...


Ingin Ikut Kemitraan Tomoro Coffee? Segini Biaya Investasinya

Ingin Ikut Kemitraan Tomoro Coffee? Segini Biaya Investasinya
INFOBRAND.ID-Masyarakat Indonesia termasuk salah satu penikmat kopi. Bahkan, ngopi saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup, terutama m...