Kamis, 02 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Menristek Beberkan Strategi Pengembangan Ekonomi Digital

Posted by: 2154 viewer

Menristek Beberkan Strategi Pengembangan Ekonomi Digital
Menteri Riset Teknologi dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro (Istimewa)

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Menteri Riset Teknologi dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro membeberkan strategi pengembangan ekonomi digital agar semakin berkontribusi dalam menggerakkan roda perekonomian di Tanah Air.
 
"Kita harus makin menguasai berbagai lini di dalam ekonomi digital itu sendiri, terutama di e-commerce. Kalau kita lihat dari on-demand transportation, fintech dan e-commerce, e-commerce masih jadi unggulan kita," ujar Bambang, seperti dikutip dari Antara, Rabu (20/11).

Bambang menuturkan, dari lima unicorn atau perusahaan perintis yang memiliki valuasi di atas USD1 miliar, tiga unicorn bergerak di bidang e-commerce, sedangkan dua lainnya di on-demand transportation dan sistem pembayaran. Untuk menunjang keberhsilan e-commerce tersebut, mau tidak mau topik lima tahun ke depan adalah Sumber Daya Manusia (SDM).

"Karena mau diotak atik e-commerce itu, e-commerce kalau ingin bertahan dan kompetitif, mereka harus R&D secara terus menerus, tidak boleh putus. Karena persaingan e-commerce itu datangnya bukan lagi tahunan, bulanan, mingguan, mungkin datangnya harian. Itu harus bisa diatasi kalau mereka punya R&D yang kuat," kata Bambang.
 
Intinya, untuk mengembangkan e-commerce membutuhkan SDM yang unggul. Sementara saat ini, unicorn-unicorn tersebut masih harus mengimpor ahli-ahli komputer dari luar Indonesia. Kendati demikian, selain mengembangkan ekonomi digital, lanjut Bambang, inovasi di sektor riil atau industri juga harus dikembangkan.
 
"E-commerce itu kan harus ada yang diperdagangkan baik barang ataupun jasa. Jangan sampai kita sibuk dan fokus dengan e-commerce-nya tapi barangnya malah impor. Ketika impor nanti akan berdampak ke neraca perdagangan kita dan ujungnya ke mata uang rupiah," kata Bambang.
 
Oleh karena itu, pihaknya kini justru fokus pada perusahaan perintis berbasis teknologi, namun tidak hanya digital. Bambang menginginkan produk inovasi Indonesia di sektor riil dan e-commerce dikembangkan oleh talenta dari dalam negeri. Ia mencontohkan Alibaba yang menjadi platform jual beli dari barang-barang dominan buatan Tiongkok sendiri.
 
"Ini kita yang masih ketinggalan. Kita masih asyik dengan platform-nya, ecommerce-nya, tapi kita belum menguasai apa yang diperdagangkan di dalam e-commerce itu sendiri," pungkas Bambang.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group

Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Danone Indonesia meraih tiga penghargaan pada ajang The 16th Annual Global CSR & ESG Summit & Awards yang diselenggara...


Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID

Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Seiring gaya hidup sehat saat ini, mengonsumsi multivitamin atau suplemen makanan diperlukan guna mencukupi kebutuhan vi...


OCTO Clicks CIMB Niaga Syariah Peroleh Top Innovation Choice Award 2024

OCTO Clicks CIMB Niaga Syariah Peroleh Top Innovation Choice Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Tingginya minat masyarakat Indonesia untuk menunaikan rukun Islam yang kelima yakni beribadah haji ke Mekkah begitu tinggi, me...


Inovasi Layar Lengkung, ITEL S23 Sabet Penghargaan Top Innovation Choice Award 2024

Inovasi Layar Lengkung, ITEL S23 Sabet Penghargaan Top Innovation Choice Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di tengah persaingan smartphone yang semakin sengit, produsen dituntut untuk terus menghadirkan produk inovatif agar dapat mer...