Jum'at, 03 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Memanfaatkan Kecerdasan Buatan untuk Merevitalisasi Marketing

Posted by: 820 viewer

Memanfaatkan Kecerdasan Buatan untuk Merevitalisasi Marketing
Elvira Jakub, Head of Industry Google Indonesia/INFOBRAND.ID

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di era digital yang terus berkembang, perubahan perilaku konsumen dan kompleksitas pasar menjadi tantangan utama bagi para pemasar. 

Perubahan signifikan dalam perilaku konsumen yang dipicu oleh masuknya digitalisasi. Dalam konteks ini, pandemi COVID-19 mempercepat pergeseran konsumen menuju platform digital. 

"Fenomena ini menciptakan dampak mendalam pada pemasaran, dengan konsumen sekarang memiliki kecenderungan untuk mempertimbangkan lebih dari satu merek sebelum membuat keputusan pembelian," kata Elvira Jakub, Head of Industry Google Indonesia dalam paparannya di Infobrand Summit 2024 belum lama ini.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dengan perkembangan ini, perjalanan keputusan konsumen menjadi semakin kompleks. Awalnya, kesadaran tentang produk biasanya diikuti oleh keputusan pembelian. 

"Namun, sekarang, terdapat kebingungan dan kekurangan kepercayaan yang menciptakan perjalanan yang lebih panjang dan rumit. AI, menjadi solusi yang efektif untuk menavigasi kerumitan ini," ujarnya.

Elvira menambahkan, dirinya mencatat bahwa penggunaan AI oleh pemasar telah meningkat secara signifikan sejak 2017, dengan sektor seperti otomotif dan telekomunikasi memimpin dalam mengadopsi teknologi ini. 

"Keberhasilan AI terlihat dalam pengurangan biaya dan peningkatan efisiensi operasional," jelasnya.

Selain itu, pertumbuhan AI di Indonesia menurut Elvira, telah mencatatkan pertumbuhan signifikan dalam adopsi AI di bidang pemasaran. Dengan pertumbuhan sebesar 70 persen, Indonesia menjadi negara pertama dengan tingkat konsumsi digital yang tinggi. 

IKLAN INFOBRAND.ID

"Dengan prospek adopsi digital yang masif hingga 2030, AI dipandang sebagai kunci untuk mencapai keberhasilan dalam kampanye pemasaran," paparnya lagi.

Meskipun AI telah membuka peluang baru, Elvira menegaskan bahwa kesuksesan teknologi ini bergantung pada sumber daya manusia yang mumpuni. Pelatihan dan pengembangan profesional yang fokus pada keahlian AI menjadi kunci untuk memastikan bahwa teknologi ini digunakan dengan maksimal.

"Secanggih apapun pesawat tempur kalau pilotnya biasa saja ya hasilnya biasa saja," tandasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital

GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital
INFOBRAND. ID, JAKARTA – Retail Media Network (RMN) dipercaya akan menjadi cara baru bagi para pengiklan untuk menjangkau konsumen. Ekosistem in...


Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner

Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner
INFOBRAND.ID-Spartan Race, penyelenggara Pertandingan Halang Rintang yang didukung PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk, akan menyelenggarakan a...


Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group

Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Danone Indonesia meraih tiga penghargaan pada ajang The 16th Annual Global CSR & ESG Summit & Awards yang diselenggara...


Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID

Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Seiring gaya hidup sehat saat ini, mengonsumsi multivitamin atau suplemen makanan diperlukan guna mencukupi kebutuhan vi...