Jum'at, 03 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Lakukan Inovasi, Maybank Indonesia Hadirkan Shariah Wealth Management End-to-End

Posted by: 654 viewer

Lakukan Inovasi, Maybank Indonesia Hadirkan Shariah Wealth Management End-to-End
Maybank Shariah Wealth Management/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Presiden Direktur PT Bank Maybank Indonesia Tbk Taswin Zakaria menyatakan pihaknya melalui Unit Usaha Syariah (UUS) menghadirkan Shariah Wealth Management (SWM) sebagai solusi keuangan syariah yang menitikberatkan pada perencanaan kekayaan secara holistik.

Menurutnya, inovasi yang diperkenalkan Maybank melalui solusi Shariah Wealth Management ini menitikberatkan pada perencanaan kekayaan secara holistik, di mana mereka merancang untuk bisa mendampingi hampir setiap fase dari kehidupan nasabah.

"Sehingga solusi yang kami berikan ini diharapkan dapat memberikan manfaat lebih, tidak hanya bagi nasabah dalam jangka panjang, tapi juga bagi generasi selanjutnya,” ujar dia dalam konferensi pers peluncuran Shariah Wealth Management di Fairmont Hotel, Jakarta, Senin (25/9/2023).

IKLAN INFOBRAND.ID

Dengan pendekatan secara end-to-end (menyeluruh), lanjut dia, pihaknya percaya bahwa solusi SWM dapat membantu nasabah mencapai target finansial, menjadi layanan yang dekat dengan masyarakat, layak dipercaya, serta diharapkan dapat memberikan rasa tenang dan membawa berkah sesuai prinsip-prinsip keuangan syariah.

Penerapan SWM mengedepankan lima pilar, yaitu wealth creation yang akan menyediakan solusi secara umum bagi kebutuhan keuangan keluarga, lalu wealth accumulation yang memberikan solusi produk-produk keuangan guna bisa mengoptimalkan investasi berbasis prinsip syariah.

Dia menambahkan, pilar ketiga adalah wealth preservation sebagai solusi untuk memberikan perlindungan bagi aset nasabah dari resiko, kemudian wealth purification yang diharapkan mampu membantu nasabah membersihkan kekayaan serta berbagi dengan sesama, serta wealth distribution yang bakal membantu nasabah dalam mempersiapkan atau membagikan warisan.

“Maybank Indonesia mengambil langkah untuk memperkenalkan solusi MayBank Syariah Wealth Management sebagai wujud nyata upaya kami dalam membuat portofolio syariah dari Maybank Indonesia,” ujarnya.

Pada satu dekade terakhir, katanya lagi, Maybank Indonesia disebut telah memperkenalkan solusi keuangan syariah melalui strategi Shariah First yang sudah diterapkan lebih dari 10 tahun. Strategi ini berkembang besar dengan memanfaatkan leverage model yang sudah diterapkan Maybank Indonesia.

IKLAN INFOBRAND.ID

Selama ini, penerapan strategi Shariah First dikatakan banyak memberikan kontribusi positif bagi bisnis perbankan syariah Maybank Indonesia secara menyeluruh, dan memberikan solusi bagi nasabah yang beragama Islam maupun secara umum.

Dalam mengembangkan bisnis ke depan, Maybank Group melalui strategi besar M25+ telah memiliki misi untuk semakin memperkuat portofolio layanan Islamic Banking ke jenjang yang lebih tinggi.

Selain itu, tujuan dari peluncuran ini juga menjadi bagian dari strategi pengembangan bisnis Maybank Indonesia yang tercakup dalam salah satu pilar strategi program yang secara internal Maybank namakan SPI 7, strategi program nomor 7, khususnya di dalam pengembangan layanan solusi syariah yang dipandang masih memiliki potensi yang sangat luas dengan mempertimbangkan populasi Indonesia yang mayoritas berpenduduk muslim.

Lebih jauh dia mengungkapkan, solusi dari SWM diharapkan bisa menjadi pembeda utama bagi Maybank Indonesia di tengah kompetisi industri perbankan yang ketat, khususnya perbankan syariah.

Saat ini, Maybank Indonesia dianggap bank pertama yang mengedepankan SWM sebagai fully integrated solution kepada nasabah premier dan privilege yang dapat diakses melalui seluruh jaringan cabang Maybank Indonesia.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dia mengharapkan SWM dapat mendukung peta jalan pengembangan perbankan syariah Indonesia 2020–2025 yang diluncurkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam rangka membangun industri perbankan syariah yang resilien, berdaya saing tinggi, dan berkontribusi signifikan terhadap perekonomian serta pembangunan nasional.

Dalam kesempatan yang sama, Head of Shariah Banking Maybank Indonesia Romy Buchari turut mengharapkan SWM dapat mengiringi perjalanan hidup nasabah secara finansial, sosial, dan spiritual. Pihaknya dinyatakan telah mempersiapkan bundle produk-produk SWM untuk membantu nasabah melalui lima tahapan pilar yang ada.

Menurut dia, pilar wealth creation, wealth accumulation, dan wealth preservation bisa dilihat sebagai pilar dari sisi finansial. Adapun wealth purification dan wealth distribution disebut pilar yang unik dari SWM, dan diharapkan bisa memberikan nilai lebih dibandingkan wealth management yang sudah ada di pasar perbankan syariah saat ini.

Sementara Pilar keempat adalah pilar purifikasi. Ynag bertujuan untuk membicarakan bagaimana kita memfasilitasi nasabah-nasabah kita dalam melakukan zakatnya, sedekahnya, wakafnya. 

"(Kemudian juga) pilar kelima yang juga tidak kalah uniknya, di mana kita akan memfasilitasi nasabah-nasabah kita yang memerlukan dalam mempersiapkan wasiat untuk ahli waris dan juga beneficiary-beneficiary lainnya, tidak hanya sekedar untuk anak dan cucu misalnya, tetapi juga untuk masyarakat yang lebih luas lainnya,” tandasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital

GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital
INFOBRAND. ID, JAKARTA – Retail Media Network (RMN) dipercaya akan menjadi cara baru bagi para pengiklan untuk menjangkau konsumen. Ekosistem in...


Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner

Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner
INFOBRAND.ID-Spartan Race, penyelenggara Pertandingan Halang Rintang yang didukung PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk, akan menyelenggarakan a...


Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group

Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Danone Indonesia meraih tiga penghargaan pada ajang The 16th Annual Global CSR & ESG Summit & Awards yang diselenggara...


Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID

Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Seiring gaya hidup sehat saat ini, mengonsumsi multivitamin atau suplemen makanan diperlukan guna mencukupi kebutuhan vi...