Jum'at, 03 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

KKP Inovasikan Olahan Lele Jadi Lebih Menarik dengan Teknik Fotografi

Posted by: 1358 viewer

KKP Inovasikan Olahan Lele Jadi Lebih Menarik dengan Teknik Fotografi
Foto dari KKP (screenshoot zoom)

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang akrab dan digemari masyarakat. Harganya yang lebih murah dibandingkan protein hewani lain seperti ayam atau sapi, namun tetap bergizi membuat komoditas ini menjadi ikan favorit masyarakat. Sebagai gambaran, dalam 100 gram daging ikan lele, mengandung protein sebesar 18,7 gram.  Tak hanya itu ikan lele mudah dibudidayakan dan gampang didapat di semua daerah.

"Ikan lele biasanya dikonsumsi dalam bentuk aneka masakan seperti digoreng, dibakar atau digeprek," kata Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Artati Widiarti saat membuka Webinar Ke-13 Quality Time With BBP3KP, Rabu (25/8/2021).

Mengusung tema "Praktek Pengolahan Mantao Ikan dan Seni Fotografi Makanan", Balai Besar Pengujian Penerapan Produk Kelautan dan Perikanan (BBP3KP) bekerja sama dengan Himpunan Alumni FPIK-IPB (HA-C IPB) mencoba mengenalkan cara lain menikmati ikan lele. Artati menilai, inovasi sangatlah penting untuk mendekatkan ikan tersebut kepada anak-anak dan remaja.

IKLAN INFOBRAND.ID

"Ini biar mereka semakin bangga dan tidak malu makan lele. Karenanya penganekaragaman produk olahan lele yang mudah dan enak menjadi sangat penting," sambungnya.

Artati menambahkan, kreasi yang inovatif juga menjadi bagian dari gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) yang dicanangkan oleh KKP untuk menggalakkan konsumsi ikan di masyarakat, serta upaya pemerintah dalam pencegahan stunting. Terlebih ikan menjadi salah satu solusi utama bagi permasalahan gizi masyarakat, terutama ikan lokal karena harganya terjangkau.

"Stunting adalah kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Umumnya disebabkan asupan makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi terutama protein," terangnya.

Senada, Kepala BBP3KP, Widya Rustanto menyebut lele bisa diolah menjadi mantao atau sejenis roti, jajanan khas Tiongkok yang bertekstur lembut dengan cita rasa mirip bakpao. Menurutnya, mantao sangat cocok dikonsumsi anak-anak dan remaja sebagai makanan pembuka, pengganti sarapan maupun makanan malam.

“Mantao ini merupakan hasil inovasi dari perekayasa BBP3KP pada tahun 2015 lalu dan bisa digunakan untuk alternatif usaha di bidang pengolahan ikan,” ujar Widya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Proses pembuatan mantao yang mudah, sederhana dan bahan bahannya dapat dikreasikan dengan ikan lele membuat produk ini dapat dikembangkan menjadi varian baru produk bergizi dan dapat menambah pendapatan masyarakat," terang Widya.

Dipadukan dengan pelatihan fotografi makanan, dia berharap para peserta pelatihan tak hanya bisa memproduksi hasil inovasinya, melainkan juga bisa memasarkan produknya secara daring. Merujuk pada riset Indonesian E-commerce Association (IdEA), penjualan e-commerce meningkat 25% selama pandemi Covid-19.

Foto atau gambar yang menarik pun menjadi penting bagi branding atau iklan di toko daring. Semakin menarik suatu foto produk, maka semakin banyak pembeli dan pengunjung yang tertarik membeli produk yang ditawarkan.

"Pada dasarnya manusia termasuk makhluk visual yang cenderung melihat tampilan fisik sesuatu terlebih dahulu. Karenanya foto untuk branding memiliki peranan yang cukup besar dalam memasarkan suatu produk terutama di toko online, sehingga teknik fotografi produk sangat diperlukan dalam hal ini," tutupnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G

Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Infinix kembali memanjakan penggemarnya dengan merilis dua ponsel anyarnya yaitu Infinix Note 40 Pro 5G dan Note 40 Pro+ 5G se...


Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia

Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen otomotif asal Prancis, Peugeot, secara resmi menghentikan penjualan mobil barunya di Indonesia sejak Kamis 2 Mei 2024...


Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 

Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Xiaomi Indonesia menawarkan tablet anyar Xiaomi Pad 6S Pro, yang memiliki layar 12,4 inci dan menggunakan sistem operasi Hyper...


Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 

Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand ponsel asal China, vivo, meluncurkan ponsel pintar baru berdesain ramping vivo V30e dengan harga mulai dari Rp4,6 jutaan...