INFOBRAND.ID-PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) sebagai agen pemegang merek (APM) dan distributor resmi kendaraan Isuzu di Indonesia, meraih penghargaan bergengsi pada ajang Indonesia Digital Public Relations Award 2024 untuk kategori Truck dan Bus.
Penghargaan Indonesia Digital TOP Digital PR Award 2024 diserahkan secara simbiolis oleh CEO TRAS N CO Indonesia Tri Raharjo kepada Puti Annisa Moeloek, selaku Communication Management Department Head -PT Isuzu Astra Motor Indonesia pada Senin 26 Februari 2024 di Hotel JW Marriot Jakarta.
Indonesia Digital PR Award 2024 adalah penghargaan untuk mengukur keberhasilan sebuah brand dan perusahaan dalam membangun digital PR, pihaknya melakukan riset Indonesia Top Digital Public Relations Index pada Oktober-Desember 2023 terhadap brand dan perusahaan baik emiten maupun nonemiten yang ada di Indonesia.
Untuk riset dan penilaian brand dilakukan dengan mengelompokkan data brand berdasarkan kategori produk dengan 1.000 brand terriset di 140 kategori. Untuk riset dan penilaian bagi brand dilakukan dengan menggunakan tiga parameter penilaian, yaitu: Digital Media Aspect, Social Engagement Aspect, Digital Mention Aspect.
Sementara untuk penilaian perusahaan emiten dan nonemiten dilakukan dengan menggunakan tiga parameter penilaian, yaitu: Digital Media Aspect, Digital Sentiment Aspect, dan Digital Awareness Aspect.
Puti Annisa Mengaku bangga atas apa yang dicapai Isuzu pada kesempatan ini. Tentunya pencapaian ini sekaligus membuktikan bahwa Isuzu berhasil dipercaya sebagai partner kerja para customer dalam menjalankan bisnisnya.
"Kami sangat bangga karena Isuzu berhasil diterima dengan baik oleh konsumen di Indonesia. Harapannya semoga Isuzu selalu menjadi partner bisnis bagi para masyarakat khususnya pelanggan Isuzu di Indonesia," jelasnya.
Kepercayaan konsumen pada tahun 2023 ditunjukan oleh penjualan retail PT IAMI yang mencapai 30.085 unit kendaraan, atau setara dengan 27,7 persen total market kendaraan niaga di Indonesia. Isuzu Elf menempati urutan pertama sebagai produk terlaris dengan penjualan 14 ribu unit dan disusul oleh Isuzu Traga yang terjual lebih dari 11 ribu unit. Namun, secara persentase, kenaikan yang sangat pesat justru didapat oleh isuzu GIGA dari sektor commercial, di mana ada peningkatan sebesar 34,5 persen dan Isuzu Mu-X dari sektor light commercial yang mengalami peningkatan sebesar 94,7 persen.
Secara market share, Isuzu GIGA meningkat 4 persen mencapai 17 persen. Prestasi positif yang diraih pada tahun 2023 juga menambah deretan performa luar biasa PT IAMI selama 4 tahun berturut, di mana perusahaan bisa meningkatkan pangsa pasar sebesar 4,0 persen. Sedangkan untuk suku cadang mengalami kenaikan signifikan sebesar 19,8 persen dan ini menjadi capaian terbaru Isuzu di Indonesia. Kesuksesan PT IAMI, sebuah entitas yang menjadi bagian dari ASTRA International, yang didapatkan di tahun 2023, ini tidak terlepas dari sepak terjang perusahaan yang sudah hadir di Indonesia sejak tahun 1974.
PT IAMI senantiasa mendukung ekosistem bisnis Indonesia melalui penyediaan solusi mobilitas melalui penyediaan kendaraan bermotor dengan harga yang kompetitif, biaya yang efisien, serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen setia.