Jum'at, 03 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Inkubator Bisnis Teknologi Usakti Dorong Kreativitas UMKM

Posted by: 2608 viewer

Inkubator Bisnis Teknologi Usakti Dorong Kreativitas UMKM
H. Erie Riza Nugraha, Ketua Inkubator Bisnis Teknologi Usakti

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Pemerintah mendorong setiap kampus mendirikan Inkubator Bisnis Teknologi (IBT). Hal ini penting sebab hasil penelitian kampus idealnya bisa bermanfaat praktis bagi masyarakat dan industri. Dengan begitu inovasi bisa berkembang dan bisnis tidak hanya dilakukan secara konvensional saja, tapi juga berbasis teknologi.

Di Universitas Trisakti sendiri, IBT dinahkodai oleh H. Erie Riza Nugraha (menjabat sejak Januari 2019-red). Menurutnya, peran IBT Trisakti sangat penting untuk menjembatani atau memberikan nilai tambah agar hasil penelitian yang dilakukan civitas academica memiliki nilai komersial.

“Kalau di kampus itu banyak sekali penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen. Tapi hasil penelitian itu akhirnya sebagian besar hanya sekadar laporan saja sehingga kemanfaatan untuk masyarakat umum tidak terasa. Nah, disitulah peran inkubator bisnis yang menjembatani antara hasil penelitian, kreatifitas mahasiswa, dengan memberikan nilai komersialnya,” ungkap Erie saat berbincang dengan wartawan INFOBRAND.ID beberapa waktu lalu di Gedung Inkubator Bisnis Usakti, Jakarta Barat pekan lalu.

IKLAN INFOBRAND.ID

Pemilik bisnis Raja Motor Online (http://www.rajamotoronline.com) ini melihat banyaknya kreatifitas di dalam kampus yang bisa dikembangkan menjadi sebuah bisnis. Misalnya, mahasiswa yang membuat bantal lengkap dengan alarm dan bisa bergetar, sehingga bisa membangunkan orang yang memakainya saat tidur.

“Tapi ketika mau dijual kan harganya mahal karena banyaknya part di dalam bantal tersebut. Akhirnya tidak bisa dijual dan tidak bisa diserap oleh pasar. Nah disini juga peran inkubator hadir. Jadi bukan hanya sekedar menciptakan saja, tapi bagaimana hasil ciptaannya tersebut  mempunyai nilai komersial atau laris terjual di pasar,” kata dia.

Sejauh ini, IBT Usakti sendiri telah melakukan pelatihan kepada kurang lebih lebih dari 30 UMKM binaannya dengan dominasi dari pemain kuliner, fashion dan kerajinan. Kerjasama dengan berbagai pihak marketplace pun sudah dilakukan, mulai dari Lazada, Blibli dan lainnya.

“Jadi tantangannya bagaimana menciptakan inovasi, yaitu dengan memadukan kreatifitas kita dengan teknologi yang akhirnya punya nilai komersial. Melalui serangkaian pelatihan dan pembelajaran dalam proses inkubasi. Jadi teknologi hanya sebagai alat bantu saja,” katanya.

Lebih lanjut Erie menambahkan, peluang UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital sangatlah besar. Hanya saja tantangannya, kata dia, UMKM masih terbiasa dengan cara kerja yang konvensional.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Mereka sudah masuk ke comfort zone. Jadi tidak semua UMKM yang siap untuk go online. Itu yang jadi tantangannya,” tutupnya. [ded]

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


NETA V-II Segera Meluncur di Indonesia, Ini Banderolnya

NETA V-II Segera Meluncur di Indonesia, Ini Banderolnya
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Distributor resmi mobil listrik, PT NETA Auto Indonesia siap meluncurkan produk kendaraan terbarunya NETA V-II tahun ini, pemb...


Soal Investasi Apple di Indonesia, Menkominfo: Sinyalnya Masih Positif

Soal Investasi Apple di Indonesia, Menkominfo: Sinyalnya Masih Positif
INFOBRAND.ID - Perusahaan teknologi global Apple yang digadang-gadang bakal berinvestasi di Tanah Air, dikatakan Menteri Komunikasi dan Informatika (M...


Inovasi Body Mask, Iswhite Sabet Top Innovation Choice Award 2024

Inovasi Body Mask, Iswhite Sabet Top Innovation Choice Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Memiliki kulit tubuh yang cerah, kencang dan segar menjadi dambaan setiap wanita yang ingin tampil lebih menawan. Untuk mendap...


GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan RMN di Dunia Digital

GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan RMN di Dunia Digital
INFOBRAND. ID, JAKARTA – Retail Media Network (RMN) dipercaya akan menjadi cara baru bagi para pengiklan untuk menjangkau konsumen. Ekosistem in...