Senin, 06 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Dorong Ekspor Produk Konsumsi, Kemendag Jalin Kerja Sama dengan Retail Negara Mitra Dagang

Posted by: 2746 viewer

Dorong Ekspor Produk Konsumsi, Kemendag Jalin Kerja Sama dengan Retail Negara Mitra Dagang
Kementerian Perdagangan jalin kerja sama dengan perusahaan retail dan distributor besar di luar negeri

Dalam upaya meningkatkan ekspor khususnya produk konsumsi, Kementerian Perdagangan terus menjalin kerja sama dengan perusahaan retail dan distributor besar di luar negeri. Salah satunya, diwujudkan dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara perwakilan dagang Indonesia di luar negeri dengan beberapa perusahaan retail dan distributor besar negara mitra dagang. Penandatanganan ini dilaksanakan di sela penyelenggaraan Trade Expo Indonesia (TEI) 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai, Tangerang, Banten pada hari ini, Kamis (25/10).

Perwakilan dagang RI yang menjalin kerja sama dengan retail dan distributor besar yaitu Atase Perdagangan RI di Kuala Lumpur, Malaysia dengan Mydin Mohamed Holdings Berhad; Atase Perdagangan RI di Canberrra, Australia dengan Sony Trading Trading Pty. Ltd; Indonesian Trade Promotion Centre (ITPC) Dubai dengan Lulu Hypermart, Uni Emirat Arab; dan ITPC Johannesburg, Afrika Selatan dengan Advance Cash and Carry.

“Keempat negara ini merupakan mitra dagang potensial Indonesia. Ke depan, hubungan perdagangan Indonesia dengan negara-negara tersebut harus lebih ditingkatkan karena masih banyak peluang kerja sama yang dapat dimanfaatkan,” ungkap Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag, Arlinda.

IKLAN INFOBRAND.ID

Arlinda menyampaikan, penandatanganan MoU ini, merupakan momen penting untuk meletakkan aras baru kemitraan pelaku usaha Indonesia dengan pelaku usaha dari negara mitra seperti peretail dan distributor. Hal tersebut dimungkinkan karena peretail dan distributor memiliki jaringan relatif besar yang dapat menjual produk kita sampai ke tangan konsumen akhir lebih cepat dan pada akhirnya akan meningkatkan nilai ekspor nasional.

“Melalui kemitraan ini Pemerintah Indonesia dapat memberikan fasilitas yang lebih baik kepada para pelaku usaha kita dalam inovasi bisnis, pengembangan bisnis, memperkuat daya saing, dan menangkap peluang global,” terang Arlinda.

Menurut Arlinda, penandatanganan MoU merupakan salah satu langkah strategis Indonesia untuk menggenjot nilai ekspor nasional. Hal ini sejalan dengan target pertumbuhan ekspor nonmigas yang telah ditetapkan tahun 2018 yaitu sebesar 11 persen atau sebesar USD 169,819 milliar.

Arlinda berharap melalui kerja sama ini produk Indonesia khususnya barang konsumsi dapat dinikmati masyarakat luas dan dijual di pasar serta, dapat lebih dikenal oleh konsumen global. “Selama ini beberapa produk Indonesia telah dikenal oleh konsumen rumah tangga di luar negeri seperti mi instan, sabun dan deterjen, ikan tuna, ban kendaraan bermotor, kopi, dan teh,” pungkasnya.

Perdagangan Indonesia dengan Negara Mitra

IKLAN INFOBRAND.ID

Total perdagangan nonmigas Indonesia-Malaysia pada tahun 2017 sebesar USD 12,35 miliar dengan rincian ekspor sebesar USD 7,073 miliar dan impor USD 5,28 miliar. Pada periode tahun 2013—2017 perdagangan kedua negara menunjukkan angka yang positif sebesar 71,44 persen.

Untuk total perdagangan nonmigas Indonesia-Afrika Selatan pada tahun 2017 tercatat sebesar USD 1,120 miliar dengan rincian ekspor sebesar USD 686,6 juta dan impor sebesar USD 433,8 juta. Pada periode tahun 2013—2017 perdagangan kedua negara menunjukan tren positif sebesar 93,69 persen.

Sedangkan total perdagangan nonmigas Indonesia-Uni Arab Emirat pada tahun 2017 sebesar USD 2,09 miliar dengan nilai ekspor sebesar USD 1,59 miliar dan impor USD 502,5 juta. Pada periode tahun 2013—2017 perdagangan kedua negara menunjukkan tren positif sebesar 56,48 persen.

Sementara total perdagangan nonmigas Indonesia-Australia pada tahun 2017 tercatat sebesar USD 6,98 miliar dengan rincian ekspor sebesar USD 1,94 miliar dan impor sebesar USD 5,043 miliar.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Ini Lensa Terbaru dari SOny, FE 24-50mm F2.8 G dan FE 16-25mm F2.8 G

Ini Lensa Terbaru dari SOny, FE 24-50mm F2.8 G dan FE 16-25mm F2.8 G
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sony mengumumkan peluncuran dua produk lensa terbarunya di Indonesia yakni lensa ringkas 35mm full-frame yang kompatibel denga...


Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G

Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Infinix kembali memanjakan penggemarnya dengan merilis dua ponsel anyarnya yaitu Infinix Note 40 Pro 5G dan Note 40 Pro+ 5G se...


Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia

Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen otomotif asal Prancis, Peugeot, secara resmi menghentikan penjualan mobil barunya di Indonesia sejak Kamis 2 Mei 2024...


Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 

Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Xiaomi Indonesia menawarkan tablet anyar Xiaomi Pad 6S Pro, yang memiliki layar 12,4 inci dan menggunakan sistem operasi Hyper...