Sabtu, 04 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Dengan Blibli Mitra, Pedagang Kelontong Bisa Jualan Produk Digital dan Belanja Dagangan Online

Posted by: 2142 viewer

Dengan Blibli Mitra, Pedagang Kelontong Bisa Jualan Produk Digital dan Belanja Dagangan Online
Media briefing, blibli mitra dihadiri oleh anggota blibli mitra dan perusahaan FMCG pendukung. (Foto: blibli.com)

JAKARTA - Blibli, salah satu e-commerce terkemuka terus mengembangkan Blibli Mitra sebagai solusi omnichannel yang dimiliki. Melalui channel ini Blibli membantu pengusaha mikro dan toko kelontong untuk meningkatkan bisnis dengan memperluas kanal penjualan melalui adopsi teknologi digital.

Melalui Blibli Mitra, pengusaha mikro dapat menghubungkan toko offline ke ekosistem online Blibli untuk menyediakan 12 produk digital, termasuk pulsa, paket data, voucher game, token listrik, BPJS dan PDAM. Blibli Mitra pun menjadi aplikasi pertama di pasar yang menyediakan tiket kereta api loop line rute KA Joglosemarkerto.

David Michum, Vice President Offline-to-Online Blibli menjelaskan, Blibli Mitra menyediakan solusi teknologi online-to-offline, atau O2O, bagi usaha mikro di seluruh Indonesia agar mereka dapat mengatur usaha mereka secara efisien serta meningkatkan daya saing dengan go digital.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Blibli Mitra membuka akses ke produk grosir yang memudahkan toko mengisi kembali stok dagangan. Harga bersaing baik dari produk grosir dan digital memungkinkan toko mendapatkan keuntungan lebih, sehingga meningkatkan pendapatan mereka,” jelas David, dalam Media Briefing yang dihadiri Infobrand.id, Kamis (19/11/2020).

Sebagai platform e-commerce Indonesia, Blibli juga mendukung percepatan adopsi teknologi oleh usaha mikro agar memperkuat resiliensi mereka terhadap pandemi. Terlebih lagi, keberlanjutan usaha mikro dan toko kelontong krusial bagi pemulihan ekonomi Indonesia karena mereka menjaga perputaran ritel di tingkat terkecil.

“Kelancaran aktivitas ritel di tingkat mikro ini sangat penting untuk mendorong resiliensi ekonomi kerakyatan demi pemulihan perekonomian nasional,” imbuh David.

David mengungkapkan, data Kemenkop dan UKM menyatakan bahwa UMKM telah menyumbang lebih dari 60% PDB Nasional Pemerintah pun menargetkan modernisasi pada 15 ribu warung tradisional untuk masuk ke ranah ekonomi digital. Peran platform digital, termasuk e-commerce, sangat penting untuk mendorong digitalisasi warung dan toko kelontong dengan menghubungkan toko offline ke ranah digital yang mencakup teknologi pembayaran, logistik, dan produk-produk yang bisa dibeli secara online.

Genap satu tahun sejak diluncurkan pada November 2019, Blibli Mitra telah mencatat performa positif, di mana jumlah mitra sudah bertumbuh hingga 16.000 toko di 333 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. Melalui para mitra toko, Blibli Mitra telah melayani kebutuhan 1 juta pelanggan untuk produk digital dan consumer goods.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Melihat peningkatan ini, Blibli Mitra pun menargetkan pertumbuhan mitra toko sebesar 2 kali lipat pada penutupan tahun di Desember 2020, jika dibandingkan dengan posisi saat Oktober 2020,” ujar David.

Demi membantu menjaga ketersediaan barang toko dan perputaran bisnis para mitra, Blibli Mitra menawarkan pengiriman cepat yang difasilitasi oleh layanan logistik end-to-end, yaitu Fulfillment By Blibli (FBB) yang didukung oleh 20 warehouse dan 32 hub di seluruh Indonesia. Layanan pengiriman pun disediakan dengan gratis untuk menghemat biaya operasional para mitra.

Blibli Mitra juga menyediakan berbagai fitur pengaturan bisnis, antara lain cash flow management, pemantau keuangan, serta loyalty gamification dan promo dari brand, agar mitra toko bisa menjalankan usaha secara efisien. Selain itu, Blibli Mitra mendorong digital upskilling melalui pendampingan mitra secara intensif serta menyediakan akses ke seller care 24 jam.

“Kedepannya, kami ingin meningkatkan inklusi finansial pengusaha mikro dengan menjalin kemitraan bersama lembaga keuangan, selain mengembangkan opsi pembayaran, termasuk cash-on-delivery (COD). Mitra toko juga diharapkan dapat mengikuti program Affiliate yang dapat meningkatkan pendapatan mereka ke depannya,” ujar David.

Charisma Manggala Yuda, pemilik Toko Barokah, salah satu Mitra Blibli, dalam kesempatan yang sama mengungkapkan, Pandemi COVID-19 semakin mendorong bisnis toko kelontong miliknya karena para pelanggan telah membatasi kunjungan ke pusat perbelanjaan dan memilih untuk berbelanja produk sehari-hari di toko dekat rumah. Perubahan perilaku pelanggan ini memicu pertumbuhan order oleh mitra toko di Blibli Mitra hingga 4 kali lipat jika dibandingkan sebelum pandemi.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Produk digital yang terbanyak dibeli melalui mitra toko adalah pulsa dan token listrik. Sementara, produk grosir yang terbanyak dipesan oleh mitra toko  adalah kopi bubuk, mi instan, dan susu siap minum,” ungkap Charisma.

Blibli Mitra mendapatkan dukungan berbagai brand fast moving consumer goods (FMCG) besar, termasuk Unilever Indonesia sebagai salah satu pemimpin pasar. Hira Triadi, selaku Head of eCommerce Unilever Indonesia hadir dalam acara tersebut menyampaikan, semangat kolaborasi antara berbagai pihak, termasuk brand hingga e-commerce seperti Blibli, sangat penting untuk memperkuat usaha mikro demi pemulihan ekonomi. Kolaborasi tersebut juga akan membantu usaha mikro menghadapi masa depan yang penuh dengan transformasi digital dengan mempercepat adopsi teknologi omnichannel yang memang akan semakin meluas penerapannya di industri ritel.

Berbagai solusi dan fitur dari Blibli Mitra ini sejalan dengan strategi bisnis Blibli, yaitu Customer Satisfaction First, yang mencakup gratis ongkir, pembayaran aman, 100% produk dengan kualitas terdepan, 15 hari retur, pengiriman cepat, dan dukungan layanan 24/7 Customer Care, #KarenaKamuNo.1. Khusus untuk Blibli Mitra, Blibli memberlakukan layanan 3 hari retur.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G

Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Infinix kembali memanjakan penggemarnya dengan merilis dua ponsel anyarnya yaitu Infinix Note 40 Pro 5G dan Note 40 Pro+ 5G se...


Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia

Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen otomotif asal Prancis, Peugeot, secara resmi menghentikan penjualan mobil barunya di Indonesia sejak Kamis 2 Mei 2024...


Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 

Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Xiaomi Indonesia menawarkan tablet anyar Xiaomi Pad 6S Pro, yang memiliki layar 12,4 inci dan menggunakan sistem operasi Hyper...


Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 

Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand ponsel asal China, vivo, meluncurkan ponsel pintar baru berdesain ramping vivo V30e dengan harga mulai dari Rp4,6 jutaan...