Sabtu, 04 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Begini Cerita Dibalik Harbolnas, Penggila Diskon Wajib Tahu!

Posted by: 2209 viewer

Begini Cerita Dibalik Harbolnas, Penggila Diskon Wajib Tahu!
Ilustrasi belanja online (Istimewa)

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Bagi penggila diskon, tentunya Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang jatuh pada hari ini, Senin (11/11) menjadi hari yang paling dinanti-nantikan. Kenapa? Karena banyak promo menarik yang ditawarkan oleh sejumlah pelaku bisnis online. Mereka berlomba-lomba memberikan promo demi bisa menggaet hati calon konsumennya.

Tapi tahukah anda cerita di balik Harbolnas yang sesungguhnya? Berikut ulasan yang INFOBRAND.ID rangkum dari berbagai sumber. Cekidot..

Diperingati di China

Harbolnas disebut juga sebagai Hari Single Day. Awalnya diperingati di China oleh perusahaan belanja online Alibaba, hingga akhirnya kini menjalar ke sejumlah negara Asia lainnya, termasuk Indonesia yang hari ini sedang ramai.

IKLAN INFOBRAND.ID

Single Day yang dicetuskan oleh Chief Executive Alibaba, Daniel Zhang ini menjadi salah satu strategi jitu yang diluncurkan para pemilik bisnis online. Karena antusias masyarakat cukup tinggi, akhirnya banyak pelaku bisnis online lainnya menerapkan hal demikian sebagai bagian dari strategi penjualan mereka. Tak heran kalau banyak penjual menjajakan barang dagangannya di media sosial bahkan hingga setengah harga agar bisa menggaet banyak pembeli.

Baca juga: 6 E-Commerce Ini Ikut Meriahkan Harbolnas 11.11, Mana Lebih Menarik?

11.11 Hari anti-Valentine

Tanggal 11.11 boleh dibilang sebagai Hari anti-Valentine atau Hari Jomblo yang jadi kesempatan bagi para bujangan di China untuk berbelanja sendiri. Promosi ini berkontribusi untuk menjadikan perusahaan Alibaba paling bernilai dengan sekitar dua pertiga pasar e-commerce negara tersebut.

Di tahun 2018, penjualan Single Day mencapai 30 miliar dolar AS atau naik 27 persen dari tahun 2017 dan melebihi dari hari belanja online di AS yakni Black Friday dan Cyber Monday bila digabungkan.

Berebut Turunkan Diskon

Menurut orang yang akrab dengan masalah ini, tahun ini Alibaba menargetkan bisa meraup hingga 15 miliar dolar AS dalam daftar sekunder di Hongkong. Begitu juga dengan pengecer lain yang tak ingin ketinggalan. Mereka memangkas harga hingga 50 persen atau bahkan lebih.

IKLAN INFOBRAND.ID

Direktur pelaksana Asia untuk Edge by Ascential, perusahaan data dan analitik e-commerce, Declan Kearney merekomendasikan bahwa perusahaan terkenal membatasi diskon sebesar 15 persen sampai 20 persen.

“Jika anda memiliki merek seperti Nike, anda terpaksa menawarkan diskon, tetapi kuncinya adalah tidak terlibat dalam perang harga dan tidak merendahkan citra premium anda,” katanya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G

Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Infinix kembali memanjakan penggemarnya dengan merilis dua ponsel anyarnya yaitu Infinix Note 40 Pro 5G dan Note 40 Pro+ 5G se...


Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia

Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen otomotif asal Prancis, Peugeot, secara resmi menghentikan penjualan mobil barunya di Indonesia sejak Kamis 2 Mei 2024...


Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 

Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Xiaomi Indonesia menawarkan tablet anyar Xiaomi Pad 6S Pro, yang memiliki layar 12,4 inci dan menggunakan sistem operasi Hyper...


Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 

Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand ponsel asal China, vivo, meluncurkan ponsel pintar baru berdesain ramping vivo V30e dengan harga mulai dari Rp4,6 jutaan...