Kamis, 02 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Arto Subiantoro : Brand Itu Seperti Makhluk Hidup, Akan Bermutasi dan Bergerak

Posted by: 3803 viewer

Arto Subiantoro : Brand Itu Seperti Makhluk Hidup, Akan Bermutasi dan Bergerak
Arto Subiantoro menjadi pemateri di gathering Perhimpunan Waralaba & Lisensi Indonesia (WALI). (Foto : Hafizh Syarif/INFOBRAND.ID)

INFOBRAND.ID – Arto Subiantoro selaku CEO Gambaran Indoensia mengatakan ke depan yang terjadi investasi datang dari sektor riil. Bayangkan saat ini di Indonesia kita punya 40 ribu brand yang baru, sehingga akan ada banyak orang yang akan bertanya kepada pembisnis berpengalaman ‘kepada siapa saya harus berinvestasi selanjutnya’.

“Pada saat itulah mereka yang memahami kondisi akan sukses. Pada saat itu juga kejujuran dan keterbukaan menjadi kunci penting bagi seorang businessman. Nilai bisnis bukan dari besar atau kecilnya bisnis, tetapi dapat dinilai dari karakter bisnis, traksi dan planning bisnis anda ke depan,” katanya dalam acara gathering perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) di Resto I-ta Suki Gandaria City, Jakarta Selatan, Kamis, (28/3/2019).

Dia menjelaskan brand itu seperti makhluk hidup, suatu hari dia akan bermutasi dan bergerak. Sehingga brand itu tentang fokus pasar tertentu, walaupun bisnisnya kecil tetapi mempunyai basis pasar maka dia akan terkenal di pasarannya tersebut. Kelemahan bisnis lokal itu terkadang terlalu terburu- buru untuk membuka cabang, padahal pasar brandnya tidak luas.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Jadi banyak kita lihat, ada bisnis di daerah dia sukses tapi ketika membuka pasar di Jakarta ternyata tidak sesukses di daerah. Yah karena memang itu brand khusus di daerah, saya katakan memang branding itu butuh proses,” tuturnya.

Semua bisnis dibikin sesuai dengan bidang marketnya dan size yang lebih kecil, karena proses branding membutuhkan watu dan uang yang banyak.  Ada dua teori membangun brand yakni melalui pondasi dan komunikasi serta ke duanya didukung oleh waktu dan peluang. “Pondasi itu dibangun melalui proses mimpi,” kata Arto.

Sebagai informasi perhimpunan WALI (Waralaba dan Lisensi Indonesia) adalah perhimpunan yang memperjuangkan dan melindungi hak-hak serta kepentingan pengusaha nasional yang bergerak dalam waralaba dan/atau lisensi.

Sehingga melalui wadah ini diperlukan untuk mendorong dan mengembangkan kemitraan usaha antara sesama pengusaha/perusahaan waralaba/lisensi asing dengan pengusaha/perusahaan nasional menengah kecil.

Ekspor waralaba dan /atau lisensi Indonesia ke pasar internasional juga perlu di dorong. Semua itu memerlukan wadah dan Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia adalah jawabannya. [hfz]

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Arumi Smart Diffuser, Hadirkan Inovasi Terbaru dalam Dunia Aroma

Arumi Smart Diffuser, Hadirkan Inovasi Terbaru dalam Dunia Aroma
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Di tengah keberagaman tren wewangian, diffuser wewangian menjadi sebuah perangkat yang tidak hanya mampu untuk menyebark...


Melalui Titanium, Emrys Sabet Penghargaan Top Innovation Choice Award 2024

Melalui Titanium, Emrys Sabet Penghargaan Top Innovation Choice Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Di tengah industri perhiasan terus berkembang, salah satu tren yang semakin mendapatkan perhatian adalah penggunaan tita...


Kuartal I 2024, Laba Bersih Astragraphia Meningkat 17 Persen

Kuartal I 2024, Laba Bersih Astragraphia Meningkat 17 Persen
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Astra Graphia Tbk (ASGR) (“Astragraphia”) membukukan laba bersih konsolidasian selama kuartal pertama 2024 sebe...


Kulkas Side by Side POLYTRON, Pilihan Terbaik untuk Keluarga Modern

Kulkas Side by Side POLYTRON, Pilihan Terbaik untuk Keluarga Modern
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Setelah kembali dari liburan panjang, kebutuhan akan penyimpanan bahan makanan yang luas menjadi sangat terasa. Seringkali set...