Kamis, 02 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Aktif Turun Gunung, Ternyata Kemenpar Ajak Mitra Lakukan Co-Branding Cration

Posted by: 1417 viewer

Aktif Turun Gunung, Ternyata Kemenpar Ajak Mitra Lakukan Co-Branding Cration
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno aktif turun gunung.

INFOBRAND.ID - Sejak menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno aktif turun gunung. Upaya tersebut rupanya merupakan strategi Kemenpar melakukan Co-Branding Cration.

Untuk diketahui, Kemenparekraf RI sangat serius dalam mempromosikan pariwisata nasional di kancah dunia. Apalagi tahun ini, Indonesia mendapatkan kesempatan terhormat sebagai tuan rumah perhelatan G-20.

Kemenparekraf RI percaya bahwa kawasan Asia Tenggara sanga potensial untuk mendatangkan banyak wisatawan mancanegara. Indonesia pun tidak berdiri sendiri untuk meraup ceruk pasar tersebut. Indonesia mesti bersaing dengan negara ASEAN lainnya. Oleh karena itu, Kemenparekraf RI mengambil langkah stand out untuk memberikan sebuah pengalaman pariwisata yang aman dan nyaman bagi wisatawan.

IKLAN INFOBRAND.ID

Kemenparekraf RI meyakini bahwa membangun sebuah brand pariwisata membutuhkan waktu, usaha dan anggaran yang sangat sedikit. Meski demikian hal itu sifatnya wajib untuk lakukan. Sebab brand adalah sebuah pintu masuk, sebuah layar utama untuk menggaet wangsa pasar. Dalam hal ini, termasuk wisatawan lokal dan mancanegara.

Untuk mempromosikan pariwisata sendiri, Kemenparekraf RI melakukan strategi dan kolaborasi dengan banyak pihak. Yang paling terpenting, mereka melakukan aksi “turun gunung” untuk mengajak kolaborasi para mitra.

Dari segi brand sendiri, Kemenparekraf RI mempunyai Wonderful Indonesia sebagai “umbrella program”. Sementara itu, program kolaborasi yang mereka lakukan adalah Wonderful Indonesia Co-Branding Creation. Apakah itu?

Program kolaborasi Wonderful Indonesia Co-Branding Creation merupakan langkah Kemenparekraf RI untuk merangkul banyak mitra, untuk bersama-sama mempromosikan pariwisata Indonesia, baik di kancah lokal maupun internasional. Tujuan dari kolaborasi ini adalah untuk meningkatkan brand awareness Wonderful Indonesia milik Kemenparekraf RI dan tentu saja pariwisata Indonesia secara umum. Kolaborasi itu pun memiliki end destination untuk mendorong penetrasi pasar dan meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia di tingkat global.

Dalam memilih mitra Wonderful Indonesia Co-Branding Creation pemerintah menekankan pentingnya kesamaan visi dan misi. Para mitra harus mempunyai komitmen yang jelas untuk memajukan pariwisata Indonesia. Goalnya tidak selalu bisnis, akan tetapi kepentingan nasional. Meski demikian, bukan berarti para mitra tidak mendapatkan benefit apa-apa, secara emosional benefit, brand para mitra Wonderful Indonesia namanya menjadi naik. Bisa dikatakan hal ini adalah sebuah kerjasama yang “win-win solution”.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dalam kemitraan Wonderful Indonesia Co-Branding Creation ada tiga aktivitas yang dilakukan. Pertama adalah promosi bersama yang dilakukan oleh Kemenparekraf RI dan mitra. Kedua adalah aktivasi program. Sebagai contohnya, pencatuman logo Wonderful di Indonesia di produk atau jasa para mitra. Ketiga adalah pemerintah melakukan pengukuran dan evaluasi secara berkala terkait keberhasilan kolaborasi.

Selain itu, Kemenparekraf juga melakukan awarding untuk para mitra. Mereka mengapresiasi kinerja para mitra yang telah bekerja sama mengembangkan pariwisata nasional. Awarding itu hadir dengan tajuk Wonderful Indonesia Co-Branding Award yang memberikan kehormatan kepada para mitra yang berhasil melakukan promosi, yang diukur melalui dua kategori: process yang baik dan results yang mencapai target.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID

Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Seiring gaya hidup sehat saat ini, mengonsumsi multivitamin atau suplemen makanan diperlukan guna mencukupi kebutuhan vi...


OCTO Clicks CIMB Niaga Syariah Peroleh Top Innovation Choice Award 2024

OCTO Clicks CIMB Niaga Syariah Peroleh Top Innovation Choice Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Tingginya minat masyarakat Indonesia untuk menunaikan rukun Islam yang kelima yakni beribadah haji ke Mekkah begitu tinggi, me...


Inovasi Layar Lengkung, ITEL S23 Sabet Penghargaan Top Innovation Choice Award 2024

Inovasi Layar Lengkung, ITEL S23 Sabet Penghargaan Top Innovation Choice Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di tengah persaingan smartphone yang semakin sengit, produsen dituntut untuk terus menghadirkan produk inovatif agar dapat mer...


Ini Jajaran Peraih Top Innovation Choice Award dan Penghargaan Pertama Di Indonesia 2024

Ini Jajaran Peraih Top Innovation Choice Award dan Penghargaan Pertama Di Indonesia 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Dunia bisnis yang berubah secara cepat, menjadikan inovasi sebagai landasan utama untuk memanjakan konsumen dan membentu...