Selasa, 04 Oktober 2022

Follow us:

infobrand

infobrand

Adira Finance Dukung Keberlanjutan Dewa Wisata, Melalui Festival Kreatif Lokal 2022

Posted by: 15-08-2022 16:49 WIB 398 viewer

Adira Finance Dukung Keberlanjutan Dewa Wisata, Melalui Festival Kreatif Lokal 2022
Festival Kreatif lokal 2022

INFOBRAND.ID-Berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI), PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) kembali menggelar Festival Kreatif Lokal (FKL) untuk yang ketiga kalinya. Mengsung tema “Desa Wisata Ramah Berkendara”, FKL 2022 akan digelar di lima Desa Wisata di wilayah Jawa dan Bali, pada Agustus hingga November 2022 mendatang.

Festival Kreatif Lokal 2022 merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) Adira Finance untuk Indonesia di bawah pilar Sahabat Lokal yang fokus terhadap pengembangan pariwisata, budaya, kearifan lokal, dan pemberdayaan UMKM di Indonesia. FKL ketiga ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang mengatur tentang Kolaborasi Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang akan terlaksana hingga lima tahun ke depan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi komitmen dan konsistensi Adira Finance yang terus mendukung pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif. “Saya menyambut baik kolaborasi antara Kemenparekraf RI dan Adira Finance dengan mengadakan kegiatan Festival Kreatif Lokal secara konsisten dan berkelanjutan,” ucapnya.

Ditambahkan Direktur Utama Adira Finance Dewa Made Susila, “Festival Kreatif Lokal merupakan konsep yang berangkat dari keinginan besar kami untuk membantu ekonomi Indonesia dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya segmen UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Hal ini sejalan dengan visi Menciptakan Nilai Bersama untuk Meningkatkan Kesejahteraan, serta menguatkan keberadaan Adira Finance sebagai perusahaan yang menyediakan solusi keuangan sesuai kebutuhan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Untuk mensukseskan tujuan tersebut, maka kami memandang perlu untuk terus menjalin kerja sama strategis dengan pemerintah melalui Kemenparekraf RI.”

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa Festival Kreatif Lokal 2022 mendukung keberlanjutan pengembangan desa wisata, yang merupakan bagian dari 50 Desa Wisata Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, yang menjadi Desa Wisata Ramah Berkendara.

Adapun ke-5 Desa Wisata di daerah Jawa dan Bali yang sudah memiliki komponen-komponen pendukung seperti infrastruktur berkendara, dan sumber daya manusia serta ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif adalah Desa Saung Ciburial, Kabupaten Garut, Jawa Barat; Desa Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah; Desa Rejowinangun, Kota Yogyakarta, D.I. Yogyakarta; Desa Sanankerto, Kabupaten Malang, Jawa Timur; dan Desa Carangsari, Kabupaten Badung, Bali.

Sementara itu, rangkaian Kegiatan Festival Kreatif Lokal 2022 akan terdiri dari sejumlah kegiatan. Pertama, Desa Wisata Kreatif, yaitu program pengembangan bagi UKM setempat untuk dapat menciptakan paket wisata Desa Wisata Ramah Berkendara yang dapat dijual dan memiliki selling value. Kegiatan mencakup pendampingan dan penguatan kapasitas pengelola destinasi pariwisata di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif di masing-masing dari kelima Desa Wisata.

Kedua, Jelajah Desa Wisata Ramah Berkendara, yakni kegiatan berkendara puluhan komunitas otomotif dalam rangka membantu mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif Desa Wisata dalam bentuk konten multimedia dan kegiatan promosi yang bersifat digital.

 

Ketiga, Festival Pasar Rakyat, yakni sebuah kampanye gerakan sosial untuk menarik simpati masyarakat untuk menjadikan pasar rakyat di daerah Desa Wisata menjadi ruang publik kreatif. Selain itu, ada juga workshop yang membantu pedagang pasar dan UMKM tentang literasi keuangan.

 

 


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Mondelez Rayakan Keberhasilan Satu Dekade Perjalanan Cocoa Life

Mondelez Rayakan Keberhasilan Satu Dekade Perjalanan Cocoa Life
INFOBRAND.ID- Satu dekade (10 tahun) sukses menggelar program Cocoa Life, Mondelez Indonesia menggelar program perayaan di Pinrang, Sulawesi Selatan....


Desa Sanankerto Destinasi ke-2 Jelajah Desa Wisata Ramah Berkendara Adira Finance

Desa Sanankerto Destinasi ke-2 Jelajah Desa Wisata Ramah Berkendara Adira Finance
INFOBRAND.ID-PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) menyelenggarakan acara peresmian landmark desa di Desa Sanankerto dan Festival Pasa...


Bodrex Cat Ratusan Musholla di Indonesia dan Perkenalkan Rossa sebagai Keluarga Baru

Bodrex Cat Ratusan Musholla di Indonesia dan Perkenalkan Rossa sebagai Keluarga Baru
INFOBRAND.ID-Memasuki tahun ketiga pandemi, kini masyarakat sudah mulai kembali beraktivitas di ruang-ruang publik termasuk tempat beribadah dimulai s...


Elnusa Petrofin Gulirkan Program CSR Budidaya Maggot BSF di Pontianak

Elnusa Petrofin Gulirkan Program CSR Budidaya Maggot BSF di Pontianak
INFOBRAND.ID- Dalam rangka mendukung upaya penanganan dan pengelolaan sampah organik di wilayah Siantan Hulu Pontianak, PT Elnusa Petrofin (EPN) anak...