Jum'at, 03 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

18 Ton Kopi Produk UKM Subang Tembus Pasar Arab Saudi

Posted by: 1340 viewer

18 Ton Kopi Produk UKM Subang Tembus Pasar Arab Saudi
Desa Devisa Kopi Subang, Jawa Barat, berhasil ekspor perdana sebanyak 18 ton kopi arabika ke Arab Saudi.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Sebanyak 18 ton kopi produk pelaku usaha kecil menengah (UKM) Koperasi Gunung Luhur Berkah (GLB) dilepas ke pasar Arab Saudi pada Jumat (17/9) di Subang, Jawa Barat. Pelepasan dipimpin Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki didampingi Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Didi Sumedi, Kepala Bank Indonesia Jawa Barat Herawanto, dan Bupati Subang Ruhimat.

Potensi transaksi ekspor kopi produk Koperasi GLB ke Arab Saudi mencapai USD 1 juta dengan volume 150 ton untuk satu tahun ke depan. Adapun kopi yang diekspor ke Arab Saudi tersebut merupakan kopi arabika java preanger yang tumbuh di wilayah Jawa Barat dengan spesifikasi di antaranya proses alami, proses pencucian madu, dan proses pencucian penuh. Kopi-kopi tersebut memiliki cita rasa unik yang dipengaruhi oleh cara pengolahannya.

“Kemendag berkomitmen untuk mendorong UKM agar bisa ‘Go Global’ sesuai arahan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. Kami mengapresiasi eksportir Indonesia yang tetap mempertahankan ekspornya meskipun di masa pandemi. Diharapkan komoditas lain akan mengikuti keberhasilan komoditas kopi java preanger dan berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia," ungkap Didi.

IKLAN INFOBRAND.ID

Koperasi Produsen GLB merupakan koperasi berskala nasional dengan slogan “Milenial Bertani dan Berkebun” dengan usaha utama berupa pertanian dan perkebunan. Koperasi ini fokus pada
usaha budidaya komoditas kopi jenis arabika dan robusta dengan bekerja sama dengan Perum Perhutani, PTPN VIII, Kopi Hofland Subang, kelompok tani kopi, serta pelaku usaha kopi.

Didi menambahkan, kinerja ekspor Indonesia pada Agustus 2021 mencatatkan rekor tertinggi yaitu mencapai USD21,42 miliar mematahkan rekor yang sebelumnya dicatatkan pada Agustus 2011.
Kemendag mengapresiasi langkah progresif yang diambil pelaku usaha nasional, termasuk Koperasi GLB. Keberhasilan tersebut tidak lepas dari dukungan berbagai pihak terkait, termasuk Pemerintah Kabupaten Subang dan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) melalui program Desa Devisa Kopi di Subang.

“Diharapkan sinergitas yang terjalin antara petani, eksportir, dan pemerintah terus dijaga dan ditingkatkan untuk mendorong ekspor nonmigas nasional, terutama sektor pertanian dan
perkebunan.

Faktor kunci lainnya adalah dengan mengelola hubungan dengan buyer untuk memperoleh informasi yang aktual yang dapat menjadi keunggulan komparatif memenangkan pasar ekspor global. Untuk itu, Kemendag terus memberikan dukungan dan perhatian bagi para buyer produk Indonesia melalui berbagai program,” jelas Didi.

Sementara Direktur Eksekutif LPEI D James Rompas menyampaikan bahwa pihaknya optimis dan yakin dengan potensi Subang akan komoditas kopinya. “Diharapkan melalui program pelatihan yang telah dijalankan dapat meningkatkan kapasitas petani sehingga kualitas biji kopinya semakin memenuhi kebutuhan pasar global,” tutupnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Pada periode Januari–Juli 2021, ekspor kopi Indonesia tercatat mencapai USD 400,96 juta. Tujuan ekspor Indonesia di antaranya Amerika Serikat dengan pangsa pasar 24 persen, Mesir (11 persen), Jepang (9 persen), Malaysia (7 persen), dan Italia (6 persen). Sementara pada 2020, Indonesia tercatat sebagai negara pengekspor kopi ke-9 dunia, di bawah Brasil, Swiss, Jerman, Kolombia, Vietnam, Italia, Prancis, dan Honduras.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital

GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital
INFOBRAND. ID, JAKARTA – Retail Media Network (RMN) dipercaya akan menjadi cara baru bagi para pengiklan untuk menjangkau konsumen. Ekosistem in...


Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner

Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner
INFOBRAND.ID-Spartan Race, penyelenggara Pertandingan Halang Rintang yang didukung PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk, akan menyelenggarakan a...


Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group

Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Danone Indonesia meraih tiga penghargaan pada ajang The 16th Annual Global CSR & ESG Summit & Awards yang diselenggara...


Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID

Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Seiring gaya hidup sehat saat ini, mengonsumsi multivitamin atau suplemen makanan diperlukan guna mencukupi kebutuhan vi...