Jum'at, 03 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

1,5 Juta Produk UMKM Diekspor Melalui Shopee

Posted by: 1266 viewer

1,5 Juta Produk UMKM Diekspor Melalui Shopee
Shopee/Istimewa

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Sebanyak 1,5 juta produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Indonesia telah diekspor ke sejumlah negara ASEAN hingga Amerika Selatan, seperti Brazil dan Meksiko melalui program ekspor Shopee.

"Sekarang sudah mencapai 1,5 juta produk (terkirim) dari Februari. Gambarannya ada sekitar 50 ribu produk UMKM yang terbang setiap harinya," kata Head of Public Affairs Shopee Radynal Nataprawira dalam acara Virtual Tour Kampus UMKM Shopee Ekspor di Jakarta, Rabu (29/9/2021).

Dia melanjutkan, ekspor produk UMKM telah menjangkau sejumlah negara yaitu Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam. Bahkan sudah ada produk yang diekspor ke Brazil dan Meksiko.

IKLAN INFOBRAND.ID

"Jadi jangan kaget kalau melihat ada orang pakai baju batik di Pantai Copa Cabana, asalnya dari Shopee," ujarnya.

Program Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor merupakan komitmen platform tersebut untuk membantu perkembangan UMKM lokal di Indonesia.

Kampus ini diharapkan dapat menjadi one stop solution bagi UMKM lokal untuk memulai digitalisasi usaha serta mengembangkan usaha ke pasar ekspor, melalui serangkai pelatihan, pendampingan dan berbagai fasilitas penunjang yang disediakan.

Radynal mengungkapkan saat ini tercatat ada peningkatan transaksi ekspor hingga enam kali lipat sejak pertengahan 2020 lalu.

"Kita telah mencatatkan peningkatan transaksi sekitar 6 kali lipat dalam setengah tahun dari Juli 2020 hingga Januari 2021," katanya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Kampus UMKM Shopee Ekspor telah hadir di Solo, dan Bandung, sementara Kampus UMKM Shopee sudah ada di Semarang. Kampus UMKM Shopee Ekspor ketiga rencananya akan segera menyusul di kota Malang.

Kampus UMKM Shopee Ekspor fokus pada empat hal yang dipersiapkan untuk UMKM lokal yakni bantuan operasional dan pendaftaran, pelatihan dan edukasi, fasilitas penunjang pemasaran dan ruang pertemuan serta pelatihan. Semua fasilitas itu dapat diakses oleh UMKM lokal secara gratis.

Dia berharap, melalui kampus ini dapat menjadi trigger bagi UMKM lokal bahwa ada kesempatan untuk bisa mengembangkan usaha melalui platform digital dengan mudah dan produknya pun bisa masuk ke pasar global. 

"Semoga dengan seluruh fasilitas yang Shopee hadirkan, target mencapai 500.000 eksportir baru dari Indonesia di tahun 2030 dapat terwujud," pungkasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Inovasi Body Mask, Iswhite Sabet Top Innovation Choice Award 2024

Inovasi Body Mask, Iswhite Sabet Top Innovation Choice Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Memiliki kulit tubuh yang cerah, kencang dan segar menjadi dambaan setiap wanita yang ingin tampil lebih menawan. Untuk mendap...


GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan RMN di Dunia Digital

GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan RMN di Dunia Digital
INFOBRAND. ID, JAKARTA – Retail Media Network (RMN) dipercaya akan menjadi cara baru bagi para pengiklan untuk menjangkau konsumen. Ekosistem in...


Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner

Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner
INFOBRAND.ID-Spartan Race, penyelenggara Pertandingan Halang Rintang yang didukung PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk, akan menyelenggarakan a...


Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group

Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Danone Indonesia meraih tiga penghargaan pada ajang The 16th Annual Global CSR & ESG Summit & Awards yang diselenggara...