Ahad, 28 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Viral BTS Meal, Pakar Sebut McD+BTS The Power of Fans Marketing

Posted by: 2474 viewer

Viral BTS Meal, Pakar Sebut McD+BTS The Power of Fans Marketing
Menu varian spesial edisi ‘BTS Meal’ McD. (Foto: IG @yuswohady)

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Hari ini 9 Juni 2021 jagat netizen di Indonesia diramaikan dengan peluncuran perdana menu varian spesial edisi ‘BTS Meal’. Yang menghebohkannya lagi, sejumlah postingan berseliweran di media sosial seperti instagram yang menggambarkan kerumunan dan kehobohan kang ojol di sejumlah outlet McDonald’s (McD).

Rupanya para penggemar K-Pop di Indonesia tidak mau melewatkan untuk mendapatkan menu baru tersebut di hari pertama. Banyaknya masyarakat yang ingin mendapatkan menu tersebut, tidak sedikit memanfaatkan jasa pesan-antar makanan, yang membuat kerumunan di sejumlah outlet McD. Saking ramainya, postingan keramaian pun viral di media sosial.

Tagar #BTSMeal pun menggema dengan berbagai penuturan pengakuan para netizen terkait order menu spesial tersebut.

IKLAN INFOBRAND.ID

Viral peluncuran perdana menu varian spesial edisi ‘BTS Meal’ itupun tak luput dari sorotan pakar marketing di Indonesia. Yuswohadi, Pakar Marketing dan Managing Partner Inventure dalam postingan di akun instagram @yuswohady menulis McD + BTS The Power of Fans Marketing.

“Ini lho yang membuat anak saya HISTERIS,” tulis Yuswohady.

Diungkapkan bahwa anaknya yang juga ngefans sama BTS mengetahui adanya menu spesial McD edisi BTS itu langsung histeris dan minta untuk memesannya.

“Baru pesen aja sudah HISTERIS,” imbuhnya.

Tidak sampai di situ, begitu petugas antaran McDelivery nyampek di rumah, anaknya kembali histeris untuk yang kedua kali. Dan begitu foto di atas diposting di IG, maka pecah HISTERIS ke-tiga kali.

IKLAN INFOBRAND.ID

Mengomentari hal tersebut, lanjut Yuswo, menurutnya itulah cerdasnya McD memahami suasana psikologis "BTS Army" untuk meroketkan penjualan dan melakukan brand building.

Menurutnya McD selalu memiliki taktik jitu yang selalu dikeluarkan di saat-saat tertentu. Taktik itu dinamakan Tormenting The Customer, yaitu menyiksa konsumen dengan cara membatasi availibility atau ketersediannya.

“Yaitu hanya utk tiga channels: drive-thru, order delivery, dan online delivery,” katanya.

Tujuannya jelas, yaitu untuk menciptakan exclusivity akibatnya gampang ditebak semua org penasaran dan merasa istimewa. Tak heran jika begitu dibuka pemesanan jam 11 siang, jagat sosial media langsung gempar oleh aneka ragam postingan foto McD BTS Meal. Antrean drive-thru McD mengular di berbagai kota, menjadi sasaran empuk viral media sosial.

“The most powerful salesman is your customers di era HOR (horizontal marketing),” tutup Yuswohady.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


1700 Peserta Meriahkan Fun Walk 30 Tahun Dekkson

1700 Peserta Meriahkan Fun Walk 30 Tahun Dekkson
INFOBRAND.ID - Memperingati ulang tahun ke-30, Dekkson, merek terkemuka dan produsen kunci pintu berkualitas di Indonesia, menggelar Fun Walk dalam ke...


Nokia Perbarui Jaringan 5G XL Axiata di Jawa Tengah

Nokia Perbarui Jaringan 5G XL Axiata di Jawa Tengah
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi, Nokia, mengumumkan telah menyelesaikan proyek lima tahun bersama XL Axiata dalam rangka memodernisasi ja...


Bank DKI Dukung Pelaksanaan Indonesia Mini 4WD Championship 2024

Bank DKI Dukung Pelaksanaan Indonesia Mini 4WD Championship 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Bank DKI berkolaborasi bersama komunitas Mini 4WD dalam pergelaran Indonesia Mini 4WD Championship 2024 yang diselenggarakan d...


Jangan Kelewatan, Pameran Diecast Indonesia IDEX Kembali Gelar Oktober Mendatang

Jangan Kelewatan, Pameran Diecast Indonesia IDEX Kembali Gelar Oktober Mendatang
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Indonesia Diecast Expo (IDEX) akan kembali digelar kegiatan acara untuk para pencinta diecast melalui gelaran Indonesia Diecas...