JAKARTA, INFOBRAND.ID - Peluang UMKM lokal untuk bersinar di pasar global adalah sebuah keniscayaan, setidaknya itu yang dikatakan Presiden RI, Joko Widodo yaknin dengan melakukan tiga hal di bawah ini produk UMKM bisa menembus pasar internasional.
Lantas, apa saja tiga hal yang harus dilakukan UMKM agar produknya diterima pasar internasional, berikut ulasannya seperti dikutip Liputan6.com, Selasa (21/9/2021).
1. Jeli Melihat Peluang
Hal pertama yang harus dilakukan UMKM adalah memiliki kejelian dalam melihat serta memanfaatkan peluang yang ada, denganb egitu Jokowi optimistis karya anak bangsa dapat menguasai pasar global.
2. Go Digital
Agar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bisa tembus pasar dunia mereka harus melakukan digitalisasi bisnis atau go digital.
Dengan melakukan go digital, Jokowi yakin produk UMKM lokal dapat menembus pasar internasional meski ekonomi global tengah bergejolak.
"Sebetulnya kan pasar-pasar tertentu itu masih banyak peluang," kata dia.
3. Jangan Masuk Mass-Product
Agar mampu berbicara di dunia internasional, Jokowi menekankan agar UMKM tidak masuk ke pasar produk atau barang yang diproduksi secara massal atau besar-besaran. Sebab daya saing UMKM lokal belum sampai ke arah sana.
"Jangan masuk yang mass product, itu bersaing kita kalah dengan negara-negara yang sudah memproduksi secara massal," tegasnya.
4. Produk Berciri Khas
Tips terakhir dari Jokowi adalah produksilah barang-barang kerajinan atau buatan tangan yang memiliki kekuatan dan ciri khas.
"Ya yang benar ya seperti ini produk-produk handicraft, yang penuh dengan ketrampilan tangan. Hand made. Kekuatan kita ada di situ. Coba dilihat produk-produk yang ada di sini. Semuanya kelihatan kelasnya. Masuknya di situ," tegasnya.