Sabtu, 18 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Rayakan HUT DKI Jakarta ke-494, Dua UMKM Ini Lestarikan Budaya Betawi di Tokopedia

Posted by: 1196 viewer

Rayakan HUT DKI Jakarta ke-494, Dua UMKM Ini Lestarikan Budaya Betawi di Tokopedia
Dua UMKM Ini Ikut Ramaikan HUT DKI Jakarta ke-494

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Tepat tanggal 22 Juni 2021 kemarin, DKI Jakarta merayakan hari ulang tahun ke-494. Tema yang diusung kali ini adalah “Jakarta Bangkit”. Lonjakan Covid-19 yang melanda Ibu Kota ini terus meningkat sehingga kita sebagai masyarakat harus bangkit dari masa pandemi ini. Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk berpartisipasi dalam perayaan HUT DKI Jakarta tahun ini, salah satunya yang dilakukan E-commerce satu ini,

Tokopedia misalnya, melalui kampanye Bangga Buatan Indonesia pada awal Mei 2021 lalu berlangsung, transaksi makanan dan minuman meningkat lebih dari 2x lipat, sedangkan fashion lebih dari 6x lipat.

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya menjelaskan “Dalam memperingati HUT ke-494 DKI Jakarta, Tokopedia mencatat asinan sayur Betawi, bumbu soto Betawi dan celana batik harian Betawi menjadi produk khas Betawi yang paling dicari masyarakat selama 2020,”

IKLAN INFOBRAND.ID

Tokopedia pun membagikan dua kisah inspiratif UMKM asal Jakarta yang mempertahankan budaya Betawi lewat bisnis daring dan produknya.

Caramia-Tioria by Caramia contohnya, Bangga Angkat Motif Khas Betawi Sebagai Produk Andalan. Caramia menciptakan produk sesuai dengan tren fashion saat ini, seperti baju tidur, scarf, tote bag hingga masker. “Semua produk kami desain sendiri dengan mengangkat tema budaya yang unik, mulai dari moda transportasi, tempat wisata hingga ondel-ondel sebagai ikon Jakarta. Warna-warna cerah pun selalu kami gunakan sebagai ciri khas produk kami,” jelasnya.

“Kini sekitar 60% penjualan berasal dari Tokopedia dan penjualan kami pun meningkat 3x lipat dalam masa pandemi,” ujarnya.

Selain Caramia, ada juga produk Ukrumah-CariSouvenir, Jaga Budaya Betawi dengan Ciptakan Kerajinan Tangan Ondel-Ondel. Ukrumah sudah percaya bahwa kerajinan tangan khas Indonesia bisa menjadi penghasilan dan menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat. Ini menjadi inspirasi di balik berdirinya CariSouvenir pada 2014 yang menggandeng pengrajin lokal dari berbagai wilayah di Jawa, termasuk dari Yogyakarta, Pekalongan, Jepara hingga Bali.

“Melalui Cari Souvenir, kami memproduksi sendiri berbagai produk suvenir termasuk ondel-ondel, mulai dalam varian boneka kayu, magnet kulkas, gantungan kunci hingga alat musik Karimba. Bahan kayu dan cat yang kami gunakan pun legal dan ramah lingkungan,” tutupnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award

Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award
INFOBRAND.ID - Mie Sedaap raih Youth Choice Award sebagai Mie Instan Pilihan Gen Z di Jakarta Marketing Week 2024. Penghargaan ini diberikan kepada Mi...


BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth

BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth
INFOBRAND.ID, JAKARTA  – Yayasan Lions Indonesia (YLI) bersama dengan PT Bussan Auto Finance (BAF) kembali menggelar BAF Lions Run. Tahun i...


Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 

Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand produk perawatan kulit dan kecantikan Skintific meluncurkan produk dengan formula terbarunya yang dikhususkan untuk pemi...


Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan

Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Endress+Hauser Indonesia mendorong inovasi teknologi industri proses kontrol melalui forum sustainability recognition berta...