Jum'at, 17 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Periode Januari-Juli 2023, AP I Bukukan Laba Bersih Rp448 Miliar

Posted by: 541 viewer

Periode Januari-Juli 2023, AP I Bukukan Laba Bersih Rp448 Miliar
Angkasa Pura I/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Angkasa Pura I Persero (AP I) berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp448 miliar pada periode Januari hingga Juli 2023.

Menurut Direktur Utama AP I Faik Fahmi, peningkatan kinerja operasional dan keuangan AP I tidak terlepas dari semangat optimisme perusahaan untuk melakukan pemulihan kinerja setelah pandemi COVID-19. 

"Berbagai langkah inovasi dan kebijakan yang dirangkum dalam transformasi bisnis AP I menjadi upaya yang optimal bagi perusahaan untuk terus mencapai target-target yang telah dicanangkan ke depan," kata dia di Jakarta, kemarin.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dia menambahkan, tren positif tersebut dilakukan lewat transformasi perusahaan yang secara konsisten dilakukan sejak 2022 melalui empat pilar, yakni business turnaround, organization and culture, financial restructuring, dan digitalization.

Menurut Faik lagi, melalui empat pilar transformasi tersebut berbagai inisiatif yang dilakukan perusahaan untuk mencapai kinerja yang positif.

Pada pilar business turnaround, AP I proaktif berkomunikasi dengan berbagai maskapai penerbangan, baik nasional maupun internasional untuk dapat segera melakukan reaktivasi rute-rute penerbangan yang selama masa pandemi berhenti beroperasi.

Hal itu dengan mempertimbangkan demand pengguna angkutan transportasi udara yang semakin tinggi. AP I mencontohkan salah satu inisiatif strategis terealisasi di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali yang telah melayani penerbangan pesawat terbesar di dunia, Airbus A380-800 milik Emirates yang sebelumnya mengoperasikan pesawat tipe Boeing 777-300ER.

Kemudian pada pilar financial restructuring yang dilakukan sepanjang semester-I 2023 berdampak positif terhadap peningkatan arus kas dan likuiditas.

IKLAN INFOBRAND.ID

Rasio kemampuan membayar utang jangka pendek atau current ratio perusahaan meningkat dari 0,70x di semester-I 2022 menjadi 1,53x di semester-I 2023.

AP I menganggap peningkatan performa keuangan di tengah tahun ini membawa hasil positif terhadap peringkat kredit perusahaan. Pefindo, lembaga pemeringkat obligasi nasional telah menaikkan peringkat kredit AP1 I dari idAA+ outlook negatif menjadi idAA+ outlook stabil.

Pada 2023, Fitch Ratings yang merupakan lembaga pemeringkat kredit internasional juga menaikkan peringkat kredit perusahaan dari AA-(idn) outlook stabil menjadi AA(idn) outlook positif.

AP I juga menyatakan peningkatan performa tengah tahun ini juga didukung dari sisi organization and culture melalui restrukturisasi organisasi untuk penguatan, optimalisasi, dan efektivitas proses bisnis organisasi di lingkungan perusahaan.

Lalu, dari digitalization, AP I menjalankan inisiatif Cargo Integrated System 2.0 Development, yakni sistem integrator end to end proses bisnis dan cargo & logistics secara real time. Ada juga inisiatif untuk integrasi sistem pelaporan tenant di seluruh bandara AP I.

IKLAN INFOBRAND.ID

Faik mengatakan segala upaya telah dikerahkan agar AP I rebound to win dan mencapai seluruh target yang telah ditetapkan ke depannya.

Perusahaan, kata dia, juga telah memetakan sejumlah tantangan dan kesempatan kemungkinan terjadi di masa depan serta menawarkan solusi dengan tujuan meningkatkan kinerja operasional dan finansial yang dapat menjaga keberlangsungan bisnis perusahaan.

"Tren pertumbuhan pada tahun ini menjadi sinyal bahwa upaya transformasi secara keseluruhan bisnis perusahaan telah membuahkan hasil. Meski begitu, sinyal positif ini mesti terus digaungkan sehingga AP I benar-benar kembali ke posisi semula sebelum pandemi melanda atau bahkan lebih dari itu," kata Faik.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award

Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award
INFOBRAND.ID - Mie Sedaap raih Youth Choice Award sebagai Mie Instan Pilihan Gen Z di Jakarta Marketing Week 2024. Penghargaan ini diberikan kepada Mi...


BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth

BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth
INFOBRAND.ID, JAKARTA  – Yayasan Lions Indonesia (YLI) bersama dengan PT Bussan Auto Finance (BAF) kembali menggelar BAF Lions Run. Tahun i...


Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 

Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand produk perawatan kulit dan kecantikan Skintific meluncurkan produk dengan formula terbarunya yang dikhususkan untuk pemi...


Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan

Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Endress+Hauser Indonesia mendorong inovasi teknologi industri proses kontrol melalui forum sustainability recognition berta...