JAKARTA, INFOBRAND.ID - Bulan Ramadhan memang sudah dilewati, namun berkahnya tak hanya selesai begitu saja sampai lebaran. Hal itu terbukti dengan kontribusi nyata warga Jakarta dan sekitarnya dalam membantu Ninja Xpress sebagai salah satu jasa pengiriman barang memperbaiki roda perekonomian Indonesia dengan melakukan belanja produk dalam negeri sebagai wujud dukungan kepada UKM lokal.
Berdasarkan data yang dicatatkan oleh Ninja Xpress selama bulan Ramadan 2021, Kota Jakarta dan sekitarnya menyumbang 26 persen atau lebih dari 7 juta paket dari total penerima barang dalam skala nasional. Selain itu, sampai dengan Juni 2021, Ninja Point yang tersebar di seluruh Indonesia juga didominasi pada wilayah Jakarta dan sekitarnya dengan persentase lebih dari 50 persen.
“Kami sangat mengapresiasi kontribusi nyata warga Jakarta dan sekitarnya yang dinilai memiliki andil yang cukup besar dalam mendorong kebangkitan UKM lokal di masa pandemi. Hal ini dapat menjadi contoh yang sangat baik untuk mengajak masyarakat di berbagai wilayah Indonesia untuk sama-sama mendukung kebangkitan UKM lokal”. ungkap Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress.
Pengiriman barang tujuan Jakarta dan sekitarnya pada saat periode Ramadan dan Lebaran didominasi oleh kategori paket kecil, dengan jumlah 93% dari total paket. Adapun barang yang dikategorikan sebagai paket kecil meliputi kosmetik, pakaian, aksesoris, kacamata, makanan ringan atau makanan siap saji, dan lain-lain.
Saat ini, nilai belanja masyarakat berada 4,6% lebih tinggi dibandingkan dengan periode Januari 2020 dan frekuensi belanja masyarakat juga meningkat 16,7% lebih tinggi. Hari Raya Idul Fitri tahun ini juga menjadi momentum dalam mengerek laju inflas. Tak hanya sejumlah harga barang, konsumsi masyarakat pun ikut meningkat. Badan Pusat Statistik mencatat kenaikan indeks harga konsumen atau inflasi pada April 2021. Inflasi bulanan tercatat 0,13 persen, lebih tinggi dibandingkan dua bulan sebelumnya, yakni 0,1 persen dan 0,08 persen.
Peningkatan laju inflasi dan daya beli masyarakat ini tentunya menjadi kabar baik untuk kebangkitan UKM di masa pandemi. Sebagai Mitra UKM, Ninja Xpress semakin gencar melakukan upaya-upaya dalam menghadirkan ekosistem digital untuk mendukung para pelaku UKM membangun dan mengembangkan bisnisnya. Salah satu program terbaru yang dilakukan yaitu dengan menyediakan platform digital yang dijadikan sumber informasi dan berbagi wawasan bisnis dan tips bersama para pengusaha lokal di Indonesia.
“Peningkatan pengiriman yang terjadi pada masa Ramadan 2021 menjadikan Ninja Xpress memperkuat komitmen mengantarkan sukses ke seluruh UKM di Indonesia, dengan memberikan layanan yang terbaik untuk UKM lokal. Salah satunya dengan inisiatif terbaru Ninja Xpress di Kuartal kedua 2021 dengan menghadirkan edukasi dan berbagi tips melalui situs Blog Ninja Xpress blog.ninjaxpress.co/ sebagai salah satu dukungan Ninja Xpress terhadap UKM lokal”. tutup Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress.