Sabtu, 27 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Melirik Brand Gucci yang Terjun ke Dunia Metaverse

Posted by: 880 viewer

Melirik Brand Gucci yang Terjun ke Dunia Metaverse
Gucci store china

INFOBRAND.ID-Metaverse” kini menjadi salah satu istilah yang makin luas dibicarakan di dunia bisnis internasional. Cobalah ketikkan di fitur search situs pekerjaan LinkedIn kata jabatan “chief metaverse officer”.

Niscaya Anda akan mendapatkan sejumlah nama dari kalangan perusahaan internasional, baik dari kalangan startup maupun perusahaan konvensional yang sudah mapan. StockApps.com juga mengungkapkan fakta lain, yakni minat terhadap jenis pekerjaan yang terkait dengan metaverse meningkat lebih dari 100% dalam beberapa bulan terakhir.

Hal tersebut menunjukkan makin kuatnya perkembangan teknologi Web3 dan dampaknya pada dunia bisnis. Teknologi metaverse, sebagai bagian dari Web3, menurut sejumlah pakar dan praktisi sebetulnya masih berada dalam tahapan “infancy” (bayi), tapi ada minat cukup besar dari kalangan bisnis untuk memanfaatkannya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Beragam sinyal menunjukkan minat yang besar terhadap kehadiran metaverse. Menurut sebuah artikel dari McKinsey (24 Mei 2022), pembicaraan tentang metaverse menjadi sangat banyak dalam beberapa bulan terakhir. Pada 2021, pencarian di internet terhadap kata “metaverse” meningkat 7.200 persen.

Bahkan, pada Desember 2021, Facebook mem-branding ulang namanya menjadi “Meta”. Kala itu, CEO-nya, Mark Zuckerberg, pun mendeklarasikan ambisinya dengan melukiskan peran perusahaannya “to help bring the metaverse to life”. Sebulan berselang, giliran Microsoft yang memberikan sinyal memperkuat, yakni dengan mengakuisisi salah satu raksasa bisnis game Activision, untuk menyediakan apa yang disebut “building blocks for the metaverse”.

Dunia private equity juga tak mau ketinggalan. Menurut artikel McKinsey itu, pada 2021 perusahaan terkait dengan metaverse dilaporkan telah menghimpun dana hingga US$ 10 miliar, lebih dari dua kali dari yang mereka capai pada tahun sebelumnya. Dalam 12 bulan sebelumnya, satu perusahaan saja, yakni Epic Games (pembuat Fortnite), tidak hanya menghimpun dana senilai US$ 3 miliar buat mendanai visi jangka panjangnya untuk metaverse, tapi juga berkolaborasi dengan LEGO untuk membangun dunia metaverse buat anak-anak.

Ada beragam pendapat tentang definisi metaverse. Namun, secara umum kita bisa bersepakat bahwa metaverse merupakan sebuah evolusi dari dunia internet yang sudah kita arungi selama ini. Ketika kita menggunakannya, maka metaverse merupakan dunia yang cenderung kita berada di dalamnya (we are immersed in) ketimbang dunia yang hanya kita saksikan (we look at). Metaverse juga merupakan semacam dunia digital besar yang menjadi paralel dunia fisik kita sehari-hari.

Bila perusahaan teknologi, perusahaan games, ataupun private equity tertarik dengan metaverse, rasanya bukan hal mengherankan. Namun, menjadi hal yang menarik bagi publik jika yang menerjuninya itu dari kalangan luxury brand.

IKLAN INFOBRAND.ID

Pada Oktober 2022, Gucci, merek produk dan barang-barang berbahan kulit asal Italia, merupakan luxury brand besar pertama yang meluncurkan wahana digital di sebuah platform metaverse. Gucci Vault Land, wahana metaverse yang diluncurkan Gucci, merupakan ruang eksperimental; di sana pengguna dapat mengikuti perjalanan sejarah merek fashion ini dan mengenali produk-produk dari fashion house terkemuka ini.

“Gucci tidak takut menjadi penggerak pertama di banyak area dan akan terus mengadopsi pola pikir ini, serta menantang status quo,” kata Marco Bizzarri, CEO Gucci. Ia mengakui banyak pemain lain yang memilih menunggu, mengikuti tahap selanjutnya, dan mengadopsi pendekatan yang lebih konservatif, yang menurutnya juga bisa dimaklumi. “Tapi, itu bukan kami,” ujarnya menegaskan.

Gucci selama ini sudah dikenal sebagai salah satu merek besar di industri barang mewah (a major brand of luxury goods) di dunia. Namun, ada satu fakta yang mungkin belum begitu diketahui banyak orang, yakni entitas bisnis ini punya perjalanan bisnis yang cukup akrab dengan teknologi terkini.

Sebagai contoh, pada Mei 2021, Gucci menjadi luxury brand pertama yang meluncurkan NFT (non-fungible token), aset digital yang dapat dikoleksi dan dapat diperjualbelikan. Pada bulan yang sama, perusahaan ini meluncurkan wahana pengalaman the Gucci Garden. Wahana digital Gucci Garden yang memberikan pengalaman imersif ini dirancang untuk merayakan visi kreatif rumah fashion ini. Hingga akhir November 2022, Gucci Garden sudah dikunjungi lebih dari 20 juta pengguna.

Gucci Vault Land dibangun di atas platform the Sandbox, sebuah dunia virtual di mana para pemain/pengguna dapat memiliki, membangun, dan memonetisasi aset permainan dan pengalaman mereka di dalam sebuah dunia virtual yang sangat besar. Awalnya, ranah metaverse Gucci ini disebut Gucci Vault Sandbox. Sebelum meluncurkan Gucci Vault Land, raksasa fashion ini pada September 2022 telah mengangkat seorang eksekutif senior untuk menjadi CEO Gucci Vault, yang sekaligus mengepalai pengembangan aktivitas merek ini di dunia metaverse.

IKLAN INFOBRAND.ID

 Sebelum menghadirkan wahana metaverse Gucci Vault Land, Gucci ―yang diakuisisi the Kering, perusahaan asal Prancis, pada Mei 1999― membeli “lahan” di dunia virtual the Sandbox pada Februari 2022. Ketika itu, manajemen Gucci mengatakan akan membangun “sebuah pengalaman fashion interaktif berbasis pada Gucci Vault”.

Manajemen Gucci juga mengatakan, “Aneka jenis barang fashion pilihan yang diciptakan oleh para desainer Gucci akan tersedia untuk para pemain dan kreator di mana mereka dapat membeli memiliki dan menggunakan dengan pengalaman yang mereka rancang sendiri menggunakan tools kreasi dari the Sandbox.”

Gucci Vault (“Kubah Gucci”), yang meluncur pada 2021, merupakan toko online eksperimental Gucci, yang menampilkan barang-barang Gucci’s heritage (archive sales), koleksi kolaboratif, dan hasil proyek NFT. Pada akhir Oktober, platform Gucci Vault meluncurkan tiga toko pop-up fisik (toko ritel kilat) di New York, Los Angeles, dan London, dengan mengambil alih peran tiga toko Palace Gucci, untuk merayakan kerjasama Gucci dengan merek skateboard ini. Para pengelola Gucci Vault menyebut kehadiran Gucci Vault Land di dunia metaverse sebagai perwakilannya di dunia virtual.

Guna memperkenalkan lebih kencang wahana metaversenya, Gucci Vault mengadakan sebuah ajang pop-up 2 mingguan dari 27 Oktober sampai 9 November 2022, dengan tema “Play-to-Know”. Dalam ajang online ini, pengunjung metaverse Gucci Vault akan memasuki gerbang besar dan kemudian akan menemukan sejumlah ruang yang menampilkan aneka pengalaman berbasis gamifikasi, dan menemukan suasana perpaduan masa lalu, saat ini, dan masa depan ―yang memang merupakan preposisi Gucci Vault.

Ditampilkan pula produk-produk Gucci’s heritage, yang menunjukkan bagaimana teknologi Web3 dan metaverse dapat digunakan untuk memelihara sejarah dari sebuah merek dengan membuatnya menjadi relevan bagi generasi baru konsumen. Andaikata belum mengena, wahana metaverse Gucci Vault ini juga menampilkan digital collectibles, yang bisa dibeli oleh pengunjung/pemain.

IKLAN INFOBRAND.ID

 

 

Yang tak kalah menarik, pemain yang telah menyelesaikan sejumlah tugas permainan di Gucci Vault Land ini bisa memasuki ruang undian yang diorganisasi oleh the Sandbox, untuk memenangi aneka reward, termasuk memperoleh SAND, token yang bisa dimainkan di semua wahana metaverse yang ada di the Sandbox.

Ada sejumlah hal yang bisa dilakukan pengguna pada wahana metaverse Gucci Vault Land. Di antaranya, dapat mempelajari warisan dan nilai inti (heritage and core values) melalui NFT dari produk vintage fashion yang dikeluarkan Gucci.

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Nokia Perbarui Jaringan 5G XL Axiata di Jawa Tengah

Nokia Perbarui Jaringan 5G XL Axiata di Jawa Tengah
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi, Nokia, mengumumkan telah menyelesaikan proyek lima tahun bersama XL Axiata dalam rangka memodernisasi ja...


Bank DKI Dukung Pelaksanaan Indonesia Mini 4WD Championship 2024

Bank DKI Dukung Pelaksanaan Indonesia Mini 4WD Championship 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Bank DKI berkolaborasi bersama komunitas Mini 4WD dalam pergelaran Indonesia Mini 4WD Championship 2024 yang diselenggarakan d...


Jangan Kelewatan, Pameran Diecast Indonesia IDEX Kembali Gelar Oktober Mendatang

Jangan Kelewatan, Pameran Diecast Indonesia IDEX Kembali Gelar Oktober Mendatang
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Indonesia Diecast Expo (IDEX) akan kembali digelar kegiatan acara untuk para pencinta diecast melalui gelaran Indonesia Diecas...


Speaker HiFi Audivo PHS 6A Hadirkan Suara Jernih dan Detail

Speaker HiFi Audivo PHS 6A Hadirkan Suara Jernih dan Detail
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Menemukan cara untuk meningkatkan mood, menikmati waktu untuk diri sendiri, dan meningkatkan produktivitas merupakan elemen pe...