Sabtu, 04 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Madu TJ, Memadukan Loyalitas Pelanggan dan Inovasi

Posted by: 344 viewer

Madu TJ, Memadukan Loyalitas Pelanggan dan Inovasi
Madu TJ

INFOBRAND.ID-Di pentas persaingan bisnis madu, sebenarnya merek Madu TJ bukan pemain lama. Masih banyak brand lain yang lebih dulu eksis di pasar. Namun, akselerasi Madu TJ memang terbilang cepat, baik dilihat dari pertumbuhan market share maupun image building. Pada survei IOB 2023, Madu TJ juga menjadi juara di kategorinya. Kunci suksesya, membangun loyalitas pelanggan dan terus berinovasi.

Contohnya, pada aspek inovasi, selain dari varian produk, juga dari sisi channeling pemasarannya. “Inovasi terbaru kami dari segi produk, meluncurkan varian baru Madu TJ Honey Comb, di mana madu dikemas dengan sarangnya. Proses pengemasan madu dan sarangnya ini membutuhkan teknologi pengemasan yang cukup rumit karena rawan kontaminasi dan membutuhkan control point yang ketat dari segi pengolahannya,” ungkap Adji Widjaja, Senior Brand Manager PT Ultra Sakti yang mengelola Madu TJ.

Selain itu, Madu TJ juga meluncurkan beberapa varian kombinasi madu dan herbal untuk kesehatan. Antara lain, Madu TJ OBH dan Madu TJ Masuk Angin untuk mengatasi batuk dan gejala masuk angin.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dari segi pemasaran, Ultra sakti juga sudah menerapkan digitalisasi dalam pengolahan data dan laporan dari field force untuk mendapatkan input yang lebih maksimal mengenai kondisi lapangan. Pengelola Madu TJ juga menangani keluhan atau masalah pelanggan dengan bantuan teknologi, baik itu melalui surat elektronik, media sosial, dan kanal digital lainnya agar masalah pelanggan dapat diterima dan ditindaklanjuti dengan segera. “Kami mempunyai kebijakan untuk melakukan follow-up keluhan sehari selesai,” Adji menandaskan.

Selain itu, di internal PT Ultra Sakti ditanamkan pola pikir bahwa setiap karyawan adalah pemasar yang harus mempunyai jiwa melayani pelanggan. Kepada setiap karyawan sudah ditanamkan untuk peka terhadap keluhan pelanggan.

Di sisi lain, pengelola Madu TJ juga terus melakukan survei kepuasan dan loyalitas pelanggan secara berkala,, baik oleh tim internal maupun eksternal. Berbagai parameter digunakan untuk melihat umpan balik (feedback) pelanggan, seperti repeat purchase, jumlah komplain yang masuk, chat medsos yang positif ataupun negatif, dan parameter lain yang relevan. Pelanggan loyal diberi penghargaan dan insentif khusus.

Adji meyakini, meski penjualan madu pascapandemi Covid-19 sempat menurun, kini ada kecenderungan mulai rebound dan kembali meningkat. Apalagi, posisi demand-supply di industri madu Indonesia belum berimbang; permintaan lebih besar dibandingkan pasokan.

Menghadapi tahun politik, pengelola Madu TJ yakin pasar akan tetap tumbuh. Sejauh ini Madu TJ tak hanya dipasarkan di dalam negeri, tapi juga sudah diekspor ke beberapa negara, antara lain Malaysia, Taiwan, Brunei, Nigeria, dan Senegal. 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G

Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Infinix kembali memanjakan penggemarnya dengan merilis dua ponsel anyarnya yaitu Infinix Note 40 Pro 5G dan Note 40 Pro+ 5G se...


Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia

Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen otomotif asal Prancis, Peugeot, secara resmi menghentikan penjualan mobil barunya di Indonesia sejak Kamis 2 Mei 2024...


Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 

Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Xiaomi Indonesia menawarkan tablet anyar Xiaomi Pad 6S Pro, yang memiliki layar 12,4 inci dan menggunakan sistem operasi Hyper...


Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 

Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand ponsel asal China, vivo, meluncurkan ponsel pintar baru berdesain ramping vivo V30e dengan harga mulai dari Rp4,6 jutaan...